Tanggal:30 May 2024

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Sedia payung sebelum hujan merupakan peribahasa yang cocok untuk menggambarkan pentingnya asuransi. Di zaman yang yang serba mahal seperti saat ini. Tentu memiliki asuransi yang merupakan sebuah solusi. Anda tidak perlu lagi khawatir bila suatu saat terjadi sesuatu di luar kendali. Asuransi siap mengcover hal-hal tidak terduga yang mungkin saja terjadi pada anda. Setelah pandemi covid-19, masalah kesehatan tentu tidak bisa dianggap hanya hal yang sepele. Semua harta dan pencapaian akan tidak berguna bila tidak diiringi dengan kesehatan tubuh. Maka penting sekali untuk menjaga kesehatan. Dalam perjalanannya kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Seperti saat pandemi covid 19. Tidak ada yang menyangka bila tiba-tiba saja semua kegiatan seperti terhenti dan terhambat begitu saja. Tidak hanya kegiatan yang terhambat namun juga ekonomi yang ikut melemah. Kesehatan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Selain memperhatikan pola hidup dan pola makanan. Penting juga untuk menyiapkan asuransi kesehatan. Ada tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan terhadap kesehatan anda.

Aku sangat bermanfaat sekali apabila memiliki asuransi kesehatan sejak dini. Menggunakan asuransi merupakan langkah cerdas yang bisa dilakukan. Apalagi bila melihat hal-hal yang terjadi saat ini. Banyak hal yang di luar dugaan bisa terjadi kapan saja. Makanan instan, pola bekerja 9 to 5. Tentu bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Maka dianjurkan sekali bagi anda untuk segera mendaftarkan diri pada program asuransi kesehatan. Tidak hanya diri Anda namun juga dengan keluarga anda. Lebih baik bersiap daripada menyesal nanti. Asuransi dapat meringankan beban anda bila suatu saat terjadi hal yang di luar dugaan anda. Kondisi kesehatan manusia siapa yang akan tahu. Asuransi kesehatan membantu anda untuk mempersiapkannya. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan asuransi Anda siap membantu anda.

Kebahagiaan dan kesehatan merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Bila anda memiliki tubuh yang sehat tentu anda lebih bahagia daripada ketika anda tidak memiliki atau sedang tidak dalam keadaan sehat. Badan yang sehat akan mempengaruhi mental anda. Mental anda akan cenderung senang, nyaman serta menikmati hal-hal di kehidupan anda. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya risiko kesehatan tentu bisa datang kapan saja. Masalah kesehatan bisa datang tanpa aba-aba dan tiba-tiba saja. Perlu sekali untuk Anda menyiapkan asuransi kesehatan. Berikut merupakan manfaat memiliki asuransi kesehatan.

1) Tidak perlu khawatir terhadap pembiayaan rawat inap maupun obat-obatan

Saat Anda tiba-tiba sakit dan memerlukan pengobatan asuransi akan siap menjamin biaya rawat inap bahkan biaya obat-obatan. Apalagi di Indonesia saat ini biaya pengobatan diperkirakan naik sejak 2021. Anda tidak perlu khawatir sebagai tertanggung karena asuransi akan menanggung jaminan Pada saat Anda memasuki rumah sakit. Jadi anda tidak perlu khawatir apabila Anda pada waktu itu belum memiliki uang.

2) Mendapatkan pelayanan lebih cepat

Bila anda dalam kondisi darurat tentu waktu bisa menjadi hal yang sangat berharga. Bila tidak segera ditangani akan berakibat fatal di kemudian hari. Jika Anda menggunakan asuransi tentu hal itu tidak akan terjadi. Bahkan ada beberapa asuransi yang juga memberikan biaya transportasi ketika anda menuju ke rumah sakit. Mendaftar asuransi kesehatan bukan merupakan sesuatu yang merugikan. Bayangkan saja ketika anda dalam keadaan darurat atau butuh cepat untuk segera ditangani. Kemudian Anda harus melewati beberapa proses yang tentu akan sedikit menghambat. Memiliki asuransi merupakan suatu solusi untuk mempermudah mengakses perawatan agar bisa lebih cepat.

3) Memperkecil resiko berhutang

Selain manfaat perawatan yang akan anda dapatkan ketika anda memiliki asuransi kesehatan. Contoh mengenai biaya juga bisa menjadi pertimbangan anda untuk segera mendaftarkan diri menjadi tertanggung di asuransi kesehatan. Bila anda sudah mempersiapkan jauh-jauh hari ketika kesehatan anda tiba-tiba saja jatuh ataupun kesehatan keluarga anda tiba-tiba saja kolaps. Anda bisa dengan cepat mendapatkan layanan perawatan di rumah sakit tanpa perlu mengkhawatirkan biaya yang akan anda keluarkan. Karena sebelumnya Anda sudah mendaftarkan diri Anda atau anggota keluarga anda menjadi tertanggung di asuransi kesehatan. Benar-benar definisi dari sedia payung sebelum hujan.

4) Ketenangan

Tidak hanya dari segi materi saja anda bisa diuntungkan. Namun juga dari segi psikologi. Ketenangan batin ketika anda sudah mempersiapkan segala sesuatu yang bisa terjadi di masa depan. Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari. Sehingga ketika anda sudah menyiapkannya dengan benar dan presisi menggunakan asuransi kesehatan. Anda bisa jauh lebih tenang dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan tanpa beban. Perlu diperhatikan juga bilas anda memiliki polis asuransi anda akan bisa berpikir lebih tenang dan hal tersebut bisa sangat mempengaruhi bagaimana kesehatan anda. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan kesehatan akan berdampak juga pada kebahagiaan.

Bayangkan saja hanya dengan memiliki asuransi anda bisa mendapatkan berbagai manfaat baik secara materi maupun secara batin. Tidak ada yang perlu dirasakan untuk mendaftar menjadi tertanggung asuransi kesehatan. Ketika anda sadar bahwa asuransi kesehatan merupakan hal yang perlu anda perhatikan. Maka selamat anda merupakan orang-orang yang sedikit lebih maju daripada yang lain.

Penulis Asli: Rose Diantika Rini – [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *