Tanggal:25 May 2024

Manfaat Memiliki Email Kampus untuk Mahasiswa

Di era modern ini apapun bisa dilakukan dengan sekali klik. Seperti halnya mengirim surat, saat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus pergi ke kantor pos. Lalu, bagaimana caranya mengirim surat tanpa ke kantor pos? Yah, melalui email.

Kursus online belajar grammar vocasia

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail atau Surat Elektronik, merupakan sarana mengirim surat dalam bentuk digital yang dilakukan melalui media internet. Nggak hanya untuk mengirim surat, dengan menggunakan email kamu juga dapat bergabung dalam situs jejaring sosial, seperti instagram, twitter, facebook, dan lainnya. Selain itu, email juga berfungsi untuk mengirimkan pesan elektronik baik itu berupa foto, video ataupun lainnya. 

Selain memiliki banyak fungsi dan manfaat, ternyata membuat email tidak memerlukan biaya, lho. Hal ini menjadikan banyak orang menggunakan email terlebih pada kalangan pelajar dan mahasiswa. Berbicara mengenai mahasiswa jadi teringat sama email kampus, nih. Apa sih bedanya email biasa dengan email kampus? Mari kita bahas, yuk!

Perbedaan Email Biasa dengan Email Kampus

Sudah kita ketahui pengertian email pada penjelasan di atas. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan email kampus? Email kampus adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh perguruan tinggi Indonesia maupun luar negeri untuk mahasiswanya. Email kampus merupakan buah kerjasama antara perguruan tinggi dengan penyedia email itu sendiri, serta kerja sama dengan perusahaan penyedia fasilitas khusus pelajar, seperti google, microsoft, intel, dan lainnya.

Sebagai mahasiswa, selain urusan pribadi, email juga digunakan untuk mengirim tugas ataupun pesan kepada dosen. Oleh karena itu, penyediaan fasilitas email kampus oleh perguruan tinggi memberikan banyak benefit bagi mahasiswa. 

Bagaimana cara membedakan email kampus dengan email biasa? Email kampus biasanya menggunakan domain ac.id atau sch.id, sedangkan email biasa menggunakan domain gmail.com atau yahoo.com. 

Email kampus bukan hanya untuk mengirim pesan saja, tetapi juga bermanfaat untuk hal-hal lainnya. Apa saja sih manfaatnya? Simak, yuk!

Manfaat Email Kampus untuk Mahasiswa

Ilustrasi Microsoft Cloud (freepik)

Banyak sekali manfaat dari salah satu fasilitas yang diberikan perguruan tinggi pada mahasiswa. Berikut adalah manfaat email kampus yang belum kamu ketahui.

1. Branding Kampus 

Manfaat pertama dari email kampus yaitu branding kampus. Email dengan domain @mhs.(nama kampus).ac.id tentu lebih dipercaya dibanding menggunakan domain @gmail.com atau @yahoo.com. Biasanya hal ini berguna untuk melamar beasiswa atau program magang bagi mahasiswa tingkat akhir.

Nah, berbicara mengenai program magang sebagai mahasiswa kamu harus tahu nih bahwa sebuah perusahaan membutuhkan CV atau resume. Untuk apa sih? CV atau resume merupakan persyaratan utama agar kamu dapat menjadi bagian dari sebuah perusahaan. CV berfungsi untuk mengetahui gambaran diri dan sebagai tolok ukur perusahaan sebelum memilih seseorang untuk menjadi bagiannya. Oleh karena itu, CV atau resume harus dibuat dengan semenarik mungkin. Agar kamu dapat membuat CV / resume yang menarik dan efektif, kamu dapat mengikuti kursus Menyusun CV atau Resume yang Menarik

Baca juga | Tips Ampuh Lolos Seleksi Magang Kampus Merdeka, Wajib Kamu Coba!

2. Google Drive Unlimited

Sebagai mahasiswa tentu membutuhkan google drive untuk menjadi salah satu tempat penyimpanan berbasis online yang paling banyak digunakan. Dengan menggunakan email kampus kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, sedangkan email personal hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15gb. Kamu  bisa memanfaatkan fasilitas email kampus ini untuk menyimpan file tugas hingga skripsi. 

Baca juga | Cara Menggunakan Google Drive Untuk Pemula

3. OneDrive

OneDrive dan google drive memiliki kemiripan, yaitu tempat penyimpanan berbasis online. OneDrive merupakan layanan awan Microsoft yang menghubungkan ke semua file kamu. Hal Ini memungkinkan untuk menyimpan dan melindungi file kamu, membagikannya dengan orang lain, dan bahkan dapat masuk ke file tersebut dari mana saja di semua perangkat kamu.  Dengan menggunakan email kampus, kamu akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 2TB. 

Baca juga | OneDrive: Pengertian, Fitur, Dan Plus Minus

4. Diskon Aplikasi Premium

Siapa sih yang nggak kenal spotify? Spotify menjadi platform wajib bagi mahasiswa. Hambar rasanya apabila kamu mengerjakan tugas tidak ditemani oleh platform yang satu ini. Nah, kamu bisa login menggunakan email kampus agar bisa mendapatkan diskon berlangganan spotify premium.  Tak hanya spotify, youtube premium, serta layanan online seperti dropbox, amazon, dan lastpass juga akan mendapat diskon besar-besaran jika login menggunakan email kampus.

5. Canva Pro Gratis 1 Tahun

Canva merupakan salah satu aplikasi desain sangat populer saat ini. Mengoperasikan aplikasi ini sangat mudah, sehingga kamu dapat menggunakannya tanpa harus belajar desain grafis terlebih dahulu. Sebagai aplikasi desain, canva sangat cocok digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah hingga keperluan organisasi seperti membuat banner, poster, feed instagram, pamflet, dan masih banyak lainnya.

Oke, itu dia pembahasan mengenai beberapa manfaat email kampus. Sobat Vocasia wajib tahu dan memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal. Eits, jangan lupa gunakan email kampus untuk hal-hal yang bermanfaat. Tetap semangat!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *