Tanggal:17 June 2024
onedrive adalah

OneDrive: Pengertian, Fitur, dan Plus Minus

Di tengah perkembangan digital yang semakin pesat, OneDrive menghadirkan layanan penyimpanan cloud untuk kebutuhan banyak orang. Apabila kamu cukup familiar dengan layanan Google Drive, OneDrive ini adalah produk ciptaan Microsoft yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan Google Drive.

source: freepik

Lalu, apa saja fitur-fitur menarik di dalamnya? Apa saja keunggulan dan kekurangannya? Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui jawabannya!

Apa itu OneDrive?

onedrive adalah

source: betanews

OneDrive adalah platform penyimpanan berbasis internet yang menyediakan pilihan akses gratis untuk pengguna Microsoft. Itu pun tentu dengan jumlah penyimpanan yang terbatas, ya.

Hanya modal internet saja, layanan ini akan memudahkanmu untuk menyimpan dokumen secara aman dari satu tempat, lalu mengaksesnya dari mana pun dan kapan pun. Katakanlah kamu menyimpan softcopy ijazah di OneDrive. Ketika kamu melakukan interview dan tiba-tiba di menit terakhir diminta untuk membawanya, tak perlu panik. Kamu hanya perlu membuka dan log in ke OneDrive dari gawai mana pun itu, lalu akses dokumen tersebut.

Selain itu, Windows Central menyebutkan bahwa layanan ini juga menjadi solusi sebagai backup apabila laptop atau komputer kamu rusak dan dokumen di dalamnya tak bisa diselamatkan. Sangat praktis, bukan?

Kalau kamu ingin menggunakan layanan ini, terdapat beberapa penawaran mulai dari yang gratis sampai berbayar, dari yang memberikan layanan OneDrive saja sampai yang mencakup semua fitur Microsoft 365.

Fitur-fitur yang tersedia di OneDrive

onedrive adalah

source: freepik

Ada tiga fitur utama dalam OneDrive, yaitu:

1. Files on demand

Fitur pertama adalah files on demand. Fitur ini mampu membantumu dalam mengakses seluruh dokumen OneDrive dari Windows 10. Dengan adanya fitur ini, kamu tak perlu khawatir lagi kapasitas penyimpanan PC kamu menipis. Selain itu, OneDrive juga bisa melakukan sinkronisasi pada seluruh dokumen yang kamu perlukan bila kamu memberikan aksesnya.

Tak hanya itu, menurut Business Insider, kamu juga bisa langsung membagikan dokumen menggunakan tautan OneDrive dari perangkat Windows kamu. Intinya, seluruh hal tersebut sudah terhimpun ke dalam OneDrive dan mempermudah kamu dalam melakukan pekerjaan.

2. Document scanning

Fitur yang kedua dari OneDrive adalah document scanning. Fitur ini dapat memudahkanmu dalam memindai dokumen penting, catatan, kwitansi, atau dokumen lainnya. Hasilnya juga akan tersimpan secara otomatis dengan tingkat kualitas yang baik.

3. Personal vault

Fitur ini hampir sama dengan perlindungan ekstra. Jadi, kamu bisa menyimpan foto, video, dan berbagai jenis dokumen lainnya.

4. Kolaborasi secara real-time

Sebelum fitur ini muncul, sebuah file dalam OneDrive dapat dibagikan sekaligus disunting dengan pengguna lainnya. Minusnya, tidak dapat dilakukan secara bersamaan dan juga pengguna tidak bisa melihat secara langsung saat proses penyuntingan yang dilakukan oleh pengguna lainnya. Namun, saat ini OneDrive hadir dengan menawarkan fitur kolaborasi yang dapat dilakukan bersamaan secara real-time.

Kelebihan OneDrive

onedrive adalah

source: unsplash

1. Didukung banyak sistem operasi

OneDrive didukung banyak perangkat dan sistem operasi. Meski dikembangkan oleh Microsoft, tapi ia bisa diakses oleh perangkat dengan sistem Operasi Mac, Android, iOS, dan bisa juga diakses via web.

2. User-interface yang nyaman

Untuk tampilannya memang bisa dikatakan sederhana. Justru hal tersebut yang membuatnya mudah dipahami oleh pengguna baru. Pengguna akan merasa nyaman dan tidak akan merasa kesulitan saat pertama kali menggunakannya.

3. Terintegrasi office online

Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menggunakan komputer lain. Dengan OneDrive, kamu dapat mengedit dan mengakses data-data yang tersimpan di OneDrive menggunakan berbagai macam perangkat.

4. Fitur keamanan

Dengan adanya fitur personal vault, datamu akan terjaga dengan aman. Hal itu karena datamu hanya bisa diakses dengan metode keamanan autentifikasi dua langkah. Adapun fitur keamanan lain yang disediakan versi For Business seperti scanning virus, fitur unlimited, hingga enkripsi data.

5. Sharing dokumen secara cepat

Selain bisa digunakan untuk membagikan dokumen dengan karyawan kantor, kamu juga bisa melakukan hal yang sama untuk mereka yang berada di luar lingkup perusahaan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pembatasan akses kepada para partner dari luar tersebut. Batasan tersebut bisa dalam bentuk read only atau bisa juga memberikan akses untuk para partner yang memerlukan pengeditan.

Kekurangan OneDrive

Di samping adanya kelebihan yang dirasakan, tentu saja terdapat kekurangan yang dimiliki. Kekurangannya ini terletak pada kapasitas penyimpanan yang relatif kecil.

Memang Microsoft telah menyediakan OneDrive versi gratis. Meski demikian, kapasitas yang disediakan hanya 5 GB saja. Jika menginginkan kapasitas yang lebih besar, kamu disarankan untuk beralih ke akun premium. Hal ini bisa menjadi salah satu kekurangan Microsoft OneDrive. Mengingat penyimpanan yang ditawarkan versi gratis lebih sedikit dibandingkan dengan layanan cloud online lainnya.

Lebih baik mana, OneDrive atau Google Drive?

Kalau seluruh pekerjaanmu mewajibkan kamu untuk menggunakan aplikasi Microsoft Word, PowerPoint, ataupun Excel, menggunakan OneDrive adalah pilihan yang tepat. Tapi, kalau kamu lebih sering menggunakan Google Docs, Google Sheet, atau layanan lainnya, Google Drive adalah pilihan yang tepat.

Ada baiknya kamu mencoba kedua platform tersebut terlebih dahulu untuk memahami alur dari setiap layanannya. Kemudian, kamu bisa mempertimbangkan tentang kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Itu dia pembahasan seputar OneDrive, sebuah layanan penyimpanan ciptaan Microsoft. Tertarik untuk menggunakannya? Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Cara Backup Data di Laptop

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *