Tanggal:05 May 2024

9 Manfaat Hidup Sederhana dan Cara Melakukannya, Yuk Terapkan!

Cara hidup yang dianut setiap orang tentu berbeda-beda. Satu individu dengan individu lain memiliki caranya masing-masing. Namun, setiap orang termasuk kamu wajib mengikuti gaya hidup secara sederhana. Hidup sederhana memiliki beragam manfaat, loh. Manfaatnya akan terasa langsung pada diri kamu sendiri. Kamu tak perlu lagi bersusah payah mengikuti ego dan keinginan secara berlebihan. Manfaat hidup sederhana dapat menciptakan hidup lebih bersahaja dan terkesan apa adanya. Kamu bisa dengan mudah mengikuti alur hidup layaknya air yang mengalir. Bukan berarti kamu menutup peluang dalam hal keuangan, ya. Hanya diubah dalam segi menyikapi dan cara hidupnya saja.

Hidup sederhana mampu membuat kamu tampak lebih menikmati alur kehidupan. Kamu bisa bekerja secara leluasa tanpa pusing memikirkan tren yang harus diikuti. Makna hidup tentu bergantung dari masing-masing individu. Saat kamu bisa lebih bersyukur atas karunia Sang Pencipta, itulah yang disebut sederhana. Kamu mampu menerima dengan baik dan lapang tanpa keluhan apa pun. Lalu, bagaimana cara melakukan hidup sederhana dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Manfaat dan Cara Melakukan Hidup Sederhana

1. Belajar Menerima Diri Sendiri

Ilustrasi Menerima Diri Sendiri (pexels)

Setiap makhluk Tuhan memiliki porsi kelebihannya masing-masing. Begitu pula dengan porsi kekurangan yang ada di dalam diri. Kamu seharusnya belajar lebih menerima apa adanya diri kamu. Tak perlu risau dengan perkataan dan gunjingan dari orang lain. Bukankah manusia diciptakan lengkap dengan kelebihan dan kekurangan? Kamu dapat lebih menghargai arti hidup dengan belajar menerima diri sendiri. Menerima keadaan diri sendiri adalah salah satu langkah awal untuk bersyukur dengan apa yang ada. Hal ini juga merupakan langkah awal menjalani gaya hidup sederhana. Berjalanlah dengan apa adanya tanpa perlu memaksakan sesuatu yang seharusnya tidak perlu kamu paksakan, yakni gengsi semata.

2. Jadilah Kreatif

Ilustrasi Mengembangkan Kreativitas (pexels)

Menjadi seseorang yang kreatif lebih unggul dibandingkan seseorang yang pintar. Pasalnya, kreatif mampu menciptakan beragam ide dan menyelesaikan masalah dengan baik. Dari ide tersebut kamu bisa menghasilkan karya atau inovasi baru. Tentu saja hasil karya tersebut bisa ditukar dengan nilai rupiah. Kamu bisa membahagiakan diri sendiri sekaligus merangsang bakat yang terselubung. Belajarlah untuk menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil dan sederhana. Kamu pun bisa menghibur diri sendiri dengan aktivitas kreatif dan mengundang keseruan. Hidup kamu pun dapat lebih bermakna tanpa mengikuti berbagai merek sebagai simbol kebahagian.

3. Tak Perlu Meniru Gaya Hidup Orang Lain

Ilustrasi Bangga Menjadi Diri Sendiri (pexels)

Menjadi diri sendiri bukankah suatu hal yang menyenangkan? Kamu diberi kebebasan untuk berkreasi sekaligus memahami diri sendiri. Kamu bisa hidup sesuai dengan apa yang kamu sukai tanpa mengganggu orang lain. Sepatutnya kamu tak perlu meniru gaya hidup orang lain. Jadilah diri sendiri dan tunjukkan siapa diri kamu sebenarnya melalui prestasi dan aksi positif. Kamu pun bisa lebih mencintai kehidupan dan berlatih hidup apa adanya. Jangan risaukan gaya hidup orang lain. Hal itu hanya akan merugikan dan membuat hidup kamu semakin rumit. Cukup berdiri tegak dan hiduplah selayaknya kamu membahagiakan diri kamu sendiri.

4. Lakukan Hal yang Disukai

Ilustrasi Melakukan Hal yang Disukai (pexels)

Hidup sederhana memberikan banyak manfaat bagi setiap orang. Kamu bisa leluasa mengeksplor berbagai hal yang disukai, termasuk menjalani hobi. Misalnya saja dengan aktif mengikuti kegiatan sosial hingga traveling ke tempat-tempat baru. Semuanya bebas kamu lakukan selagi positif dan tidak merugikan orang lain. Hidup secara sederhana akan jauh terasa nikmat saat kamu menikmatinya pula. Iringi dengan senyuman dan hal yang positif, ya. Hal positif juga akan menuntun kamu menemukan hal-hal baru yang sangat menarik. Seseorang yang melakukan apa yang disukai akan jauh lebih makmur daripada orang yang bekerja karena merasa terpaksa.

5. Menjadi Dermawan

Ilustrasi Sikap Dermawan (pexels)

Saat kamu berkecukupan, bukan berarti kamu menutup tangan. Seharusnya kamu lebih pandai mengulurkan tangan kepada sesama. Menjadi dermawan adalah salah satu cara melakukan hidup sederhana. Sederhana kepada diri sendiri, namun tetap mampu menolong orang lain. Sikap empati harus lebih tinggi dan dominan. Uluran tangan yang kamu berikan kelak akan membantu kamu di saat kesusahan pula. Jadilah dermawan dengan tidak terlalu menggenggam uang erat-erat. Hidup kamu pun akan jauh lebih berarti dan menemukan rasa kesenangan tersendiri.

6. Fokus Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang

Ilustrasi Fokus Rencana Jangka Panjang (pexels)

Hidup sederhana akan menuntun kesadaran kamu pada rencana jangka panjang. Kamu akan jauh lebih peduli dan mengerti kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. Kamu pun bisa lebih fokus menyusun rencana keuangan jangka panjang. Melalui gaya hidup sederhana, kamu mampu menata masa depan yang gemilang. Fokuslah melangkah ke depan dan jangan mudah membuang uang dengan sia-sia, ya. Jaga dan pupuklah rupiah menjadi pundi-pundi yang berlipat dan bermanfaat bagi sekitar.

7. Mengurangi Stres

Ilustrasi Terhindar dari Stres (pexels)

Menerapkan gaya hidup sederhana juga mampu mengurangi tingkat stres berlebih, loh. Kamu bisa menjaga rasa emosional dan mood secara lebih tertata. Hidup sederhana dapat mengajarkan kamu lebih menghargai dan mensyukuri apa yang ada. Kamu pun cenderung tidak banyak menuntut akan suatu situasi tertentu. Dari tidak adanya tuntutan itulah yang membuat kamu jauh dan terhindar dari stres. Buang jauh-jauh pikiran negatif dan mulailah nikmati hidup.

8. Perbanyak Membaca Buku

Ilustrasi Membaca Buku (pexels)

Tentu kamu sudah tak lagi asing dengan ujaran “buku adalah jendela dunia”. Hal itulah yang akan membuka wawasan kamu dalam mengenal arti kehidupan. Kamu bisa belajar dari banyak pihak dan mengambil sisi positifnya. Salah satunya yakni hidup secara sederhana. Kamu bisa menemukan beragam manfaat hidup sederhana dan mulai merubah gaya hidup. Lebih dari itu, banyak membaca buku bisa membuat kamu terus mempelajari hal baru setiap harinya. Hal itu berdampak positif terhadap ketenangan jiwa dan pikiran.

9. Terhindar dari Sifat Sombong

Ilustrasi Bersikap Baik Kepada Sesama (pexels)

Orang yang menganut prinsip hidup sederhana biasanya mampu mengendalikan dirinya sendiri. Pengendalian diri terkait hawa nafsu dan ego memiliki suatu hal secara berlebih. Misalnya berbelanja barang bermerek atau mengadakan pesta secara cuma-cuma. Kamu akan jauh dari sifat sombong saat mengerti manfaat hidup sederhana. Hidup secara sederhana akan mendorong kamu lebih menikmati alur kehidupan. Kamu pun bisa berjalan senyaman mungkin tanpa adanya dorongan memiliki sesuatu atas dasar keegoisan diri. Sehingga, kamu akan jauh mencintai hidup dan menghindari sifat sombong yang tiada guna.

Baca Juga : Tingkatkan Value dalam Diri, Buat Hidup Lebih Bersahaja!

Nah, itulah beberapa manfaat menerapkan gaya hidup sederhana. Kamu harus pandai mengendalikan diri sendiri dan membuang jauh-jauh ego dalam diri. Hidup sederhana akan menciptakan kenyamanan dan rasa menghargai jauh lebih besar. Kamu pun dapat mengerti diri kamu sebenarnya sekaligus mengerti apa yang jauh dibutuhkan. Semoga kamu bisa menerapkannya, ya. Semangat!

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *