Tanggal:15 May 2024

Research and Development: Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Tanggung Jawab

Dalam melakukan sebuah pengembangan tentu membutuhkan usaha. Usaha ekstra perlu dikerahkan agar perusahaan sukses. Berbagai strategi pun perlu diterapkan. Misalnya saja dengan peluncuran beragam produk baru. Dalam pembentukan inovasi terkait produk dan layanan, pastinya membutuhkan research dan development. Research and development (R&D) adalah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan ketika sedang berinovasi menciptakan produk atau layanan baru. Kamu bisa meniru cara tersebut agar produk dan layanan yang ditawarkan sukses memukau publik.

Kursus online IELTS Vocasia

Baca Juga | Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

Research and development juga sering dilakukan oleh berbagai perusahaan besar. Setiap perusahaan memiliki kacamatanya tersendiri dalam melakukan penilaian kompetitor. Namun, seluruhnya tetap berpedoman pada R&D. Para pelaku bisnis seperti kamu juga wajib menerapkan sistem ini, ya. Sejatinya sistem ini sangat ampuh memperbaharui dan mengembangkan aset yang ada menjadi lebih gemilang. Research and development mengundang beragam rasa penasaran konsumen. Konsumen akan mudah tertarik akibat adanya pengembangan dan kebaruan produk. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Baca Juga | Target Market: Pengertian, Cara Menentukan Dan Contoh

Fungsi Research and Development

1. Mendapatkan hak paten

Ilustrasi Persetujuan Hak Paten (pexels)

Keuntungan utama menjalankan research and development adalah perusahaan bisa mengajukan hak paten atas produk atau layanan baru yang dikembangkan. Hak paten tentu saja diperlukan agar produk dan layanan yang ditawarkan tidak mudah diambil oleh pihak lain. Tujuan utama dari R&D adalah bersifat inovatif sehingga hak paten akan suatu hal sangat diperlukan. Kamu sebagai pimpinan perusahaan dapat lebih semangat dalam menggerakkan roda inovasi baru. Nama perusahaan pun menjadi lebih harum dan kredibel di mata konsumen.

Baca Juga | Apa Itu Trademark? Berikut Penjelasan Dan Contohnya

Contohnya, ada dua perusahaan yang memproduksi smartphone, yaitu perusahaan A dan B. Pada smartphone perusahaan A terdapat inovasi baru yang dapat melipat layarnya menjadi dua bagian. Tambahan tersebut sudah dipatenkan. Perusahaan A terdaftar sebagai pihak yang menciptakan dan mengembangkan inovasi tersebut. Kamu sebagai konsumen tentunya lebih tertarik dengan perusahaan yang menjadi pelopor dengan menawarkan fitur baru, bukan? Ya, itulah keunggulan menciptakan sebuah hak paten bagi perusahaan.

Baca Juga | 7 Cara Membuat Brand Identity

2. Finansial perusahaan membaik

Ilustrasi Peningkatan Finansial (pexels)

Kamu bisa memperlihatkan secara langsung visi perusahaan kepada calon investor melalui perencanaan research and development yang ada. Investor tentu akan membaca prospek perusahaan tersebut secara jauh ke depan. Menjalankan R&D menandakan bahwa perusahaan kamu akan terus muncul dengan inovasi baru. Berbagai inovasi perlu ditawarkan kepada calon investor, baik itu dari segi produk maupun bisnis. Dengan begitu, investor akan tertarik dan berani mengambil langkah untuk berinvestasi. Finansial perusahaan kamu pun akan semakin berkembang dan menjadi lebih unggul. Pasalnya, pendanaan sangat penting dan dibutuhkan bagi keberlangsungan kemajuan perusahaan.

Baca Juga | Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, Dan Tips Mengelola

3. Mengurangi pengeluaran

Ilustrasi Keuangan (pexels)

Keuntungan research and development selanjutnya adalah mengurangi biaya pengeluaran. Dalam melakukan riset tentunya kamu sudah mengumpulkan beragam data dari pangsa pasar. Berbagai data tersebut akan diolah dan menghasilkan inovasi baru bagi sebuah produk atau layanan. Dengan adanya data tersebut, tentu saja kamu dapat berkaca agar bisa menekan biaya pengeluaran produksi secara efisien. Sehingga, penerapan R&D dapat dikatakan berhasil membawa kemajuan pada aspek finansial perusahaan. Menekan biaya pengeluaran juga bisa menumbuhkan pendapatan yang jauh lebih besar.

Baca Juga | Mengenal Impulsive Buying, Kebiasaan Boros Yang Semakin Menjamur Di Masa Kini

4. Dapat merekrut kandidat berkualitas

Ilustrasi Rekrutmen Kandidat Berkualitas (pexels)

Keuntungan research and development yang terakhir adalah perusahaan dapat merekrut kandidat berkualitas. Apa hubungannya riset dan pengembangan dengan perekrutan kandidat berkualitas? Umumnya, kandidat unggulan akan tertarik dengan perusahaan yang inovatif dan selalu melakukan hal baru. Kandidat tersebut bisa menjadi ladang ide bagi perusahaan kelak. Perusahaan pun dapat lebih maju dan berkembang pesat. Sistem research and development sangat cocok diimbangi dengan sumber daya manusia yang memiliki ide brilian. Ide muncul, inovasi pun bergerak dengan unggul.

Baca Juga | 10 Cara Sukses Merekrut Karyawan, Yuk Ikuti!

Tugas dan Tanggung Jawab R&D

  • Melaksanakan penelitian, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan penelitian
  • Mengembangkan produk baru di bidangnya yang berguna bagi kehidupan
  • Mengoperasikan setiap alat utama, melakukan pengujian, serta mengevaluasi hasil pengujian
  • Menyusun berbagai kebijakan teknis, rencana, dan program penelitian
  • Melakukan kerja sama dengan perusahaan berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan
  • Mendukung pelaksanaan penelitian berkualitas yang meliputi bidang kesehatan, agro, lingkungan, dan industri
  • Melakukan tes, membuat alat tes, dan mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan
  • Memastikan kualitas performa dalam perusahaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

Baca Juga | Apa Itu Market Research?

Nah, itu dia pemaparan mengenai research and development. Kamu bisa memahaminya dari pengertian yang mengarah pada pengembangan produk atau layanan. Kamu sebagai pemilik bisnis wajib menerapkan sistem ini, ya. Tujuannya agar mudah melakukan pembaharuan dan mampu bersaing dengan kompetitor luar. Pahami dan terapkan dengan baik. Semoga berhasil!

Baca Juga | Work Breakdown Structure (WBS): Pengertian, Manfaat Dan Tipsnya Dalam Menjalankan Proyek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *