Tanggal:22 June 2024

11+ Keuntungan Mahir Bahasa Inggris di Era Sekarang

Pada era globalisasi seperti saat ini, belajar bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.

Bahasa Inggris dapat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan masyarakat asing dari berbagai belahan dunia. Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Berikut merupakan keuntungan yang akan diperoleh ketika seseorang mahir berbahasa Inggris di era sekarang.

1. Meningkatkan pengetahuan

Keuntungan belajar bahasa Inggris (Sumber: freepik.com)

Memiliki kemampuan berbahasa yang apik tentunya dapat meningkatkan pengetahuan yang kita miliki. Hal ini dikarenakan bahasa memiliki peran yang sangat penting, tidak terkecuali bahasa Inggris. Bahasa Inggris biasanya juga disebut sebagai bahasa yang dapat mewakili berbagai bahasa. Seseorang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tentunya mereka akan lebih mudah ketika beradaptasi dan bersosialisasi dengan banyak orang bahkan orang yang berasal dari beda negara. Hal ini secara otomatis dapat memperbanyak relasi yang mereka miliki dan sekaligus dapat menambah pengetahuan mereka karena sumber informasi yang mereka peroleh berasal dari banyak sumber.

Baca juga:  Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris

2. Membuat seseorang terlihat lebih keren

Ketika seseorang melakukan percakapan atau ketika mereka berbicara di depan umum dengan menggunakan selingan bahasa Inggris walaupun itu hanya beberapa kata saja, ternyata hal itu dapat membuat seseorang dipandang lebih keren. Kata-kata yang digunakan misalnya, “whats up?” “anyway” “by the way”  dan kata-kata gaul lainnya.

3. Merasa lebih aman ketika sedang liburan

Tentunya, mendengar kata liburan merupakan sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika rencana liburan adalah ke luar negeri. Namun, ternyata hal tersebut juga dapat membuat seseorang merasa khawatir. Mereka khawatir apabila tidak dapat menguasai bahasa negara yang akan dikunjungi dan juga bahasa Inggris. Tetapi, untuk orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus mereka tidak akan khawatir. Maka dari itu, bahasa Inggris juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan rasa aman ketika sedang berlibur.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Setiap manusia pasti memiliki rasa minder dan juga percaya diri. Namun, mayoritas seseorang memiliki rasa minder lebih tinggi dibandingkan dengan rasa percaya diri. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan menguasai Bahasa Inggris.

Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun beda negara. Selain itu, kemampuan Bahasa Inggris yang baik juga dapat menjadikan seseorang terlihat lebih keren dan secara otomatis dapat meningkatkan rasa percaya diri.

5. Meningkatkan peluang dalam bidang akademis

Bahasa Inggris, khususnya di Indonesia telah dipelajari mulai dari jenjang pendidikan yang paling rendah hingga paling tinggi. Hal ini membuktikan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, maka secara otomatis nilai Bahasa Inggris mereka juga baik. Selain itu, seseorang yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 misalnya, mereka tetap harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Syarat tersebut misalnya adalah harus memiliki nilai TOEFL diatas 500.

6. Memudahkan untuk beradaptasi di lingkungan baru

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya selalu beradaptasi dengan orang baru, baik orang yang ada di sekitar mereka atau orang baru yang berasal dari luar lingkungan mereka. Manusia dituntut agar dapat beradaptasi di lingkungan manapun. Dalam proses adaptasi tentunya tidak terlepas dari Bahasa. Seseorang yang pandai berbahasa, khususnya berbahasa Inggris maka mereka akan lebih mudah ketika beradaptasi dengan orang baru. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang universal.

Baca juga: 7 Web Cek Grammar Bahasa Inggris, Online Dan Gratis!

7. Sebagai media untuk memperkenalkan budaya dalam negeri

Seseorang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang bagus serta memiliki jiwa nasionalis tinggi maka mereka akan dengan bangga membantu memperkenalkan budaya Indonesia yang sangat beragam ke negera lain.

8. Memudahkan seseorang untuk mempelajari bahasa lainnya

Ketika seseorang mahir dalam berbahasa Inggris maka ketika mereka ingin belajar Bahasa lain akan lebih mudah dan terkesan mengalir. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional sehingga dapat menghubungkan Bahasa-bahasa lain di seluruh dunia.

9. Berpeluang menjadi translator

Di era globalisasi seperti saat ini, tentunya Bahasa Inggris memiliki peranan penting baik di dunia pendidikan sampai dengan dunia bisnis. Misalnya bisnis, agar bisnis dapat berkembang dengan baik maka pemiliki bisnis harus memperluas jaringan bahkan sampai ke luar negeri. Hal inilah yang menyebabkan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa translator atau penerjemah. Bahkan, gaji seorang translator  cukup menggiurkan. Gaji seorang translator juga akan naik seiring dengan pengalaman yang telah mereka miliki.

10. Meningkatkan value seseorang

Mahir berbahasa Inggris ternyata juga dapat meningkatkan value yang dimiliki seseorang. Walaupun Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasionalakan tetapi tidak banyak orang yang mahir dalam berbahasa Inggris khususnya di Indonesia. Maka dari itu, Bahasa Inggris dapat digunakan untuk meningkatkan value atau sebagai pembanding ketika seseorang melamar kerja. Tentunya, seseorang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik akan lebih dipilih oleh perusahaan atau instansi tertentu dibandingkan dengan seseorang yang tidak mahir berbahasa Inggris.

11. Memperluas peluang lapangan pekerjaan

Seseorang yang memiliki kemampuan Berbahasa Inggris yang baik tentunya tidak akan khawatir ketika bekerja di luar negeri. Bahkan, terkadang gaji yang ditawarkan oleh perusahaan luar negeri lebih besar dibandingkan perusahaan yang ada di dalam negeri.

12.  Bisa dapat Beasiswa di Luar Negeri

Beasiswa di Luar Negeri adalah salah satu hal yang diinginkan banyak orang.

Maka, manfaat belajar bahasa Inggris di Era Globalisasi ini dapat mengantarkan mereka untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Jadi, untuk kalian yang benar-benar berminat ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri, lebih baik mulai pelajari bahasa Inggris secara dalam karena memang kelancaran bahasa Inggris itulah yang menjadi syarat penting untuk mencapai itu.

Baca juga: 10+ Podcast Bahasa Inggris, Ternyata Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris Loh!

Nah, itu merupakan sebelas manfaat memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini mari kita tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita agar peluang yang kita miliki juga semakin luas.

Vocasia menyediakan kursus bahasa Inggris untuk persiapan tes IELTS.  Segera datarkan diri anda melalui link berikut!

https://vocasia.id/home/course/belajar-ielts-secara-efektif/30?from=search_result

Semoga bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *