Tanggal:23 July 2024

7 Web Cek Grammar Bahasa Inggris, Online dan Gratis!

English is a must!” Pasti kamu sudah sering mendengar istilah tersebut, kan? Di zaman sekarang, bahasa Inggris sudah menjadi sesuatu yang mainstream dan sering digunakan untuk berkomunikasi, termasuk di tempat kerja. Saat ini bahasa Inggris digunakan untuk banyak tujuan, seperti penulisan CV, konten untuk blog artikel, surat menyurat, dan masih banyak lagi. Dengan penggunaan bahasa Inggris yang tinggi, kita harus beradaptasi dan belajar untuk menguasai bahasa tersebut.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Sebagai penutur bahasa Indonesia, wajar jika ada keraguan dan kekhawatiran tentang kesalahan tata bahasa atau grammar, terutama ketika menulis bahasa Inggris untuk tujuan formal. Nah, untuk membantu kamu merasa lebih percaya diri dan meminimalkan kesalahan grammar, kamu dapat mencoba rekomendasi web cek grammar gratis ini. Yuk, cek rekomendasi dari Vocasia berikut ini! 

Apa Kegunaan Tool Cek Grammar?

Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris (Sumber: Freepik.com)

Apabila kamu seorang penulis, pemeriksaan ulang atau pengecekan kembali diperlukan untuk memastikan bahwa konten kamu bebas dari kesalahan tata bahasa dan struktur kalimat. Namun, proses manual ini tidak 100% akurat. Inilah sebabnya mengapa kamu memerlukan aplikasi cek grammar. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat mengedit konten kamu lebih cepat dan lebih efisien.

Adapun beberapa kesalahan yang akan di cek dalam aplikasi cek grammar, yaitu:
  1. Typo atau Kesalahan Kepenulisan. Hal ini sering terjadi ketika kamu ingin menulis trick, tetapi yang tertulis adalah truck. Hal-hal sederhana seperti ini tidak akan luput lagi jika kamu menggunakan alat pemeriksa tata bahasa atau cek grammar.
  2. Kalimat Pasif. Penggunaan kalimat aktif lebih disukai karena diyakini dapat memperjelas ide dan pesan yang disampaikan. Namun, bukan berarti kalimat pasif itu tidak valid, seperti saat menulis jurnal atau artikel ilmiah. Aplikasi cek grammar online dapat membantu kamu mengetahui berapa banyak kalimat pasif yang digunakan dan menyesuaikannya dengan konten kamu.
  3. Tanda Baca. Menggunakan tanda baca memberi makna tersirat dalam konten. Misalnya, kamu tidak dapat menggunakan titik sebagai tanda baca di akhir pertanyaan kamu. Ini memiliki arti yang berbeda. Jika kamu ingin mengetahui kalimat mana yang harus diberi koma, tanda kutip, atau tanda baca lainnya, web cek grammar gratis ini memiliki fitur yang memudahkan tugas ini.
  4. Penggunaan Kata yang Terlalu Sering. Web cek grammar bahasa Inggris biasanya mencari kata-kata yang terlalu sering digunakan dalam konten kamu. Nantinya, alat ini akan merekomendasikan daftar kata alternatif untuk menambahkan variasi ke postingan kamu.

Rekomendasi Web Cek Grammar Gratis!

Nah, keempat kesalahan yang biasanya dilakukan oleh penulis yang sudah dijelaskan Vocasia di atas dapat diminimalisir dengan web cek grammar di bawah ini. Yuk, simak penjelasan dari masing-masing web cek grammar berikut ini.

1. Grammarly

Apliaksi Grammarly (Sumber: uk.pcmag.com)

Ada banyak alasan mengapa Vocasia memilih Grammarly sebagai web cek grammar online terbaik. Pertama, alat tersebut digunakan oleh sekitar 20 juta pengguna internet. Angka yang mencengangkan ini tidak lepas dari kompatibilitas Grammarly saat dipasang di browser utama dan Microsoft Office. Perangkat lunak ini juga menyediakan keyboard tata bahasa yang dapat kamu instal di ponsel kamu.

Kedua, Grammarly gratis dan mudah dipasang. Setelah ekstensi dipasang di browser, kamu akan melihat indikator di sudut kanan bawah editor teks. Kamu dapat melihat berapa banyak kesalahan tata bahasa yang ada. Setiap kata yang salah eja ditandai dengan garis merah. Kamu cukup mengarahkan kursor ke kata untuk memperbaikinya.

Fitur favorit Grammarly adalah kemampuannya untuk mengenali istilah teknis, termasuk singkatan dan akronim. Grammarly tidak menganggap istilah ini sebagai kesalahan tata bahasa. Jika kamu ingin Grammarly memeriksa apa pun selain tata bahasa dan tanda baca, kamu dapat menggunakan editor teks Grammarly. Alat ini memberikan saran untuk elemen format, apakah konten pendek dan ringkas, ataupun cara penyajiannya.

2. Hemingway

Aplikasi ini dinamai salah satu penulis terbesar Amerika, Ernest Hemingway. Setelah menulis berbagai karya sastra, seperti The Old Man and The Sea, ia dikenal dengan gaya penulisannya yang ringkas dan efektif. Ini kemudian mengarah pada penciptaan Hemingway, alat cek grammar.

Fungsionalitasnya mirip dengan aplikasi pemeriksa tata bahasa lainnya, tetapi Hemingway memastikan bahwa kalimatnya tidak terlalu panjang dan mudah dicerna. Rekomendasi pertama dari aplikasi ini adalah menggunakan sesedikit mungkin kata keterangan dan klausa pasif.

Kedua, alat ini menawarkan alternatif yang lebih sederhana untuk kata-kata yang kita gunakan saat ini. Bahkan jika kamu menulis kalimat yang kompleks, Hemingway menyarankan untuk memecah kalimat menjadi dua kalimat atau lebih.

Hemingway lebih dari sekadar pemeriksa tata bahasa Inggris. Aplikasi ini membantu kamu mengomunikasikan ide-ide kamu dalam struktur kalimat yang singkat dan mudah dipahami. Fitur ini dinilai sangat berguna bagi penutur asli bahasa Inggris, ataupun bukan. 

3. NounPlus

Apliaksi NounPlus (Sumber: Hosteko.com)

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Ketik dan jatuhkan teks yang disalin ke dalam kotak editor NounPlus. Kemudian klik ‘Periksa’ untuk melihat kesalahan tata bahasa yang perlu diperbaiki. Meskipun tidak bekerja secara real time, kamu dapat mengandalkannya untuk memeriksa aspek lain dari tulisan kamu.

NounPlus menandai subjek, objek, kata sifat, predikat, dan elemen lainnya dengan warna berbeda. Alat ini juga menyediakan contoh pengucapan kata sehingga kamu tahu cara membacanya. Alat ini sangat fleksibel, kamu dapat mengunduh versi seluler di perangkat Android dan Apple. 

Selain itu, kamu juga dapat memeriksa tulisan kontenmu dari mana saja. Jadi, gak perlu repot untuk membuka laptop kamu. Selain bahasa Inggris, NounPlus juga memiliki beberapa pilihan bahasa seperti Korea dan Cina (Mandarin). Jika kamu mencari web cek grammar gratis, NounPlus adalah yang tepat untuk kamu. Tampilannya juga minimalis dan bersih.

4. ProWritingAid

Seperti aplikasi cek grammar lainnya, ProWritingAid dapat diunduh atau diinstal sebagai ekstensi browser untuk perangkat macOS dan Windows. ProWritingAid juga memeriksa gaya penulisan, kata-kata yang terlalu sering digunakan, klise, transisi, ungkapan, ringkasan, dan banyak lagi. Selain memeriksa kesalahan pengucapan dan tata bahasa, alat ini juga menganalisis alur kalimat.

Baca Juga: 4 Penggunaan Bare Infinitive Tingkatkan Kemampuan Grammar Bahasa Inggris!

5. Language Tool

Aplikasi Language Tool (Sumber: writingdoneright.net.com)

Kelebihan utama Language Tool adalah kemampuannya untuk menganalisis kesalahan tata bahasa lebih dari 20 bahasa. Bahkan alat cek grammar ini juga dapat memperbaiki versi bahasa Inggris dari negara lain seperti: bahasa Inggris Amerika, bahasa Inggris British, bahasa Inggris Afrika Selatan, bahasa Inggris Australia. Kamu dapat menemukan kosakata bahasa Inggris untuk negara tertentu dari rekomendasi yang diberikan.

Web cek grammar bahasa Inggris ini gratis untuk diakses. Cukup unduh dan instal ekstensi di browser kamu. Ketik atau salin teks di kolom yang disediakan dan klik ‘Check Text untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan pengucapan. Setiap kata yang disorot menunjukkan apa yang salah dan mengapa harus ditulis dengan benar. 

Di satu sisi, kamu mempelajari kosakata baru sekaligus mengedit konten. Saran yang diberikan Language Tool tidak hanya mencakup kesalahan ejaan, tetapi juga contoh penggunaan kata dalam kalimat kontekstual. Selain alat pemeriksa tata bahasa Inggris gratis, Language Tool juga menawarkan paket premium. Dalam paket ini kamu akan mendapatkan plugin Microsoft Office dan lebih dari 900 metode untuk menemukan kesalahan selama pembuatan artikel.

6. WhiteSmoke

WhiteSmoke, aplikasi cek grammar bahasa Inggris online, mengoreksi kesalahan tata bahasa, pengucapan, gaya, dan tanda baca. Ada tiga versi untuk alat ini: versi seluler, versi PC, dan versi web. Selain korektor tata bahasa, kamu juga dapat menonton video tutorial dan membaca panduannya. Kamu dapat memperluas pengetahuan kamu tentang menulis, mengeja, dan tata bahasa dengan sumber belajar ini. 

WhiteSmoke juga terintegrasi dengan pemeriksa plagiarisme (plagiarism checker) dan mendukung pemeriksa tata bahasa Gmail. Untuk pengguna Windows, WhiteSmoke bekerja di luar kotak. Namun, pengguna macOS harus berlangganan paket Premium atau Bisnis. Semua fitur penting dari versi PC juga tersedia di versi seluler, seperti penerjemah dan pengoreksian dalam satu klik.

7. After the Deadline

Aplikasi After the Deadline (Sumber: becomeawritetoday.com)

Web terakhir untuk memeriksa grammar bahasa Inggris adalah After the Deadline. Perangkat lunak open source ini dapat diinstal pada banyak platform termasuk WordPress. Jika kamu mengedit konten kamu di WordPress, alat ini akan memeriksa tata bahasa kamu dan membuat pengeditan kamu lebih mudah.
Seperti kebanyakan pemeriksa tata bahasa Inggris online, After the Deadline mengoreksi kesalahan ejaan yang umum. Namun, yang membuat aplikasi ini berbeda dari yang lain adalah tidak membebankan biaya kepada pengguna. Untuk melihat apa yang perlu diperbaiki, klik ikon After the Deadline yang muncul di sudut kanan bawah. 

Teks yang salah nantinya akan ditandai dengan garis merah. Ada juga opsi untuk mengabaikan petunjuk tentang kesalahan sintaksis. Selain WordPress, alat pemeriksa tata bahasa online gratis ini juga dapat diaktifkan di Google Chrome, Firefox, dan OpenOffice.

Baca Juga: Penggunaan Simple Future Tense Untuk Melatih Kemampuan Grammar!

Demikian rekomendasi web cek grammar gratis dan online dari Vocasia yang bisa kamu coba. Agar kemampuan bahasa inggrismu semakin meningkat, kamu bisa belajar kursus online yang disediakan oleh Vocasia, loh! Kursus tersebut akan membimbing kamu untuk menggunakan bahasa Inggris yang benar dan tepat berdasarkan grammar. Pastinya dengan praktisi profesional yang expert dalam bidangnya. Yuk, klik link-nya di sini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *