Tanggal:22 April 2024

Sudah Tahu? Ini 14 Manfaat Kapulaga

Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan rempah. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, rempah juga bermanfaat bagi kesehatan untuk mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu kapulaga. Rempah yang berasal dari India ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis. Biasanya, kapulaga digunakan sebagai campuran bahan masakan atau kue.

Nutrisi yang tergantung dalam kapulaga seperti kalsium, kalium, dan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan. Kapulaga dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti biji-bijian, minyak esensial, bubuk bahkan suplemen herbal.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 14 manfaat kapulaga bagi kesehatan. Yuk simak ulasannya berikut ini

Sumber: Pexels

Baca juga:

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

1. Mengontrol Tekanan Darah

Tensi (sumber: Pexels)

Jenis rempah ini sudah dikenal lama sebagai salah satu obat bagi penderita hipertensi. Senyawa antioksidan yang dimiliki kapulaga dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

2. Mencegah Penyakit Kronis 

Kandungan oksigen yang ada di dalam kapulaga juga berguna untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kedua kandungan inilah yang bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit kronis, dengan catatan jika dikonsumsi secara teratur.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sakit perut (sumber: Pexels)

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak kapulaga yang dicampur dengan beberapa bahan herbal dapat mengatasi masalah pencernaan. Contohnya seperti dispepsia, muntah, mual, hingga lambung. Namun, penelitian ini masih bersifat terbatas dan membutuhkan penelitian lebih lanjut .

4. Mengobati Infeksi Bakteri

Kapulaga memiliki efek antibakteri yang bisa menyembuhkan infeksi. Minyak esensial dan ekstrak kapulaga disinyalir lebih manjur daripada obat medis. Kandungannya digunakan untuk melawan bakteri e.coli dan staphylococcus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. 

Baca juga: Sudah Tahu? 15 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan!

5. Membunuh Bakteri dan Jamur

Bakteri (sumber: Pexels)

Minyak kapulaga dapat memungkinkan membunuh bakteri dan jamur. Minyak ini dapat menjadi komponen dalam obat antimikroba baru 

6. Mencegah Penyakit Mulut 

Sifat anti peradangan dan antioksidan yang terdapat pada kapulaga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Misalnya untuk menghilangkan bau mulut, mencegah gigi berlubang serta penyakit gusi. 

7. Melawan Resiko Kanker 

Kanker (sumber: Pexels)

Kapulaga mengandung fitokimia alami yang bisa membantu mencegah penyakit kanker. Sifat anti kanker inilah yang dipercaya mampu mengurangi resiko terkena kanker. Namun, penelitian ini masih terbatas sehingga jika ingin menggunakannya, lebih baik berkonsultasi kepada dokter. 

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kapulaga dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Hal ini telah diterapkan pada tikus yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Setelah diberi kandungan kapulaga, kadar tersebut menjadi lebih rendah . Lagi-lagi, penelitian ini masih terbatas dan harus diuji lagi.

Baca juga: 11 Manfaat Jahe Merah, Atasi Asam Urat Hingga Diabetes!

9. Menjaga Kesehatan Hati 

Kesehatan hati (sumber: Unsplash)

Seseorang yang mengkonsumsi kapulaga hijau berupa suplemen, mengalami kenaikan penanda kesehatan hati. Karena manfaat kapulaga bisa berperan penting dalam mengeluarkan racun dari tubuh. 

10. Melawan Penyakit Asma 

Senyawa yang terkandung dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru. Rempah ini dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah karena meningkatnya sirkulasi udara darah dari paru-paru. Jenis olahan kapulaga yang bisa digunakan yaitu aromaterapi. Rempah ini dapat memberikan aroma yang menyegarkan dan meningkatkan tubuh untuk menghirup oksigen. 

11. Menyembuhkan Batuk dan Pilek 

Batuk (sumber: Pexels)

Lagi-lagi, kandungan oksigen pada kapulaga dapat menyembuhkan penyakit batuk dan pilek. Caranya yaitu dengan merendam beberapa buah dan tambahkan madu. Minuman ini dapat memberikan rasa hangat pada tubuh.

12. Mengobati Masalah Tidur 

Kapulaga dapat membantu kamu yang memiliki masalah tidur. Hirup aroma minyak esensial kapulaga yang manis dan menenangkan, dapat membantumu mengatasi berbagai gangguan tidur. Umumnya yaitu insomnia, gelisah, dan kecemasan. 

13. Salah Satu Rahasia Umur Panjang 

Panjang umur (sumber: Pexels)

Pada tradisi Tiongkok, kapulaga dikenal sebagai salah satu rempah yang bisa menjadi salah rahasia umur panjang. Kapulaga yang diolah menjadi teh akan membantu mengusir racun dan menjaga kebersihan organ tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Mengenal Tanaman Apotek Hidup: Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya!

14. Menurunkan Kadar Gula Dara

Manfaat terakhir kapulaga yaitu dapat menurunkan gula darah. Caranya yaitu kapulaga yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk. Lalu campur dengan dengan teh hitam, kayu manis, dan jahe setiap hari selama kurang lebih 8 minggu.

Itulah tadi 14 manfaat kapulaga yang bisa mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan. Jika kamu menginginkan informasi lebih lanjut tentang dunia kesehatan, gaya hidup, olahraga, hobi dan lain-lainnya, kamu bisa mengecek blog Vocasia

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *