Tanggal:25 May 2024

10+ Podcast Bahasa Inggris, Ternyata Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris Loh!

Tidak hanya buku, film, dan juga musik, jenis media yang satu ini juga dapat membantu kamu untuk mempelajari bahasa Inggris dengan lebih baik, lho. Yap, apalagi kalau bukan podcast. Menurut KBBI, pengertian podcast atau siniar sendiri adalah ​​siaran berupa berita, musik, dan sebagainya yang dibuat dalam format digital, baik audio maupun video, yang diunduh melalui internet.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Kini podcast dapat ditemukan di berbagai platform seperti Apple Music, Spotify, Joox, Youtube dan lainnya. Nah, dengan mendengarkan podcast di beberapa platform tersebut, dijamin akan sangat membantumu dalam belajar bahasa Inggris, dan yang pasti tidak membuatmu bosan ataupun merasa monoton.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat yang didapatkan saat menggunakan podcast sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Di antaranya, meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris (seperti listening, speaking, conversation, dan lainnya), menambah pengetahuan, dan kamu pun mendapatkan lebih banyak sumber.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut di bawah ini kami rekomendasikan kanal podcast bahasa Inggris yang cocok untuk kamu jadikan media belajar bahasa Inggris. Yuk, simak satu per satu!

Baca juga: 10+ Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

11 Kanal Podcast Bahasa Inggris Untuk Media Belajar

11 Kanal Podcast Bahasa Inggris Untuk Media Belajar. Sumber: pexels.com

1. Easy Stories in English Ariel Goodbody

Kamu ingin melatih listening dengan suasana yang menyenangkan? Nah, podcast ini cocok untukmu. Dalam podcast ini, kamu akan belajar dengan cara sederhana, tetapi menghibur. Kamu bisa melatih kemampuan listening-mu sambil mendengarkan cerita yang dibawakan oleh host. Kamu juga bisa lho mendengarkannya sambil membaca transkrip audio yang dapat kamu akses di website milik Easy Stories in English.

2. The English We Speak

Mempelajari bahasa Inggris langsung dari beberapa pakar bahasa Inggris yang paling keren dari BBC (British Broadcasting Corporation) merupakan salah satu pilihan yang tepat. Seri podcast belajar bahasa Inggris ini berfokus pada frasa dan slang sehari-hari. Apa yang akan kamu dengar adalah jenis bahasa Inggris yang diucapkan oleh orang-orang nyata sepanjang waktu dan akan membantumu berbicara lebih seperti penutur asli.

Podcast ini diterbitkan setiap minggu dan masing-masing memiliki durasi sekitar 3-4 menit. Bahasa Inggris yang dituturkan dalam podcast ini memiliki kecepatan sedikit lebih lambat dari biasanya. Setiap suku kata diucapkan dengan jelas. Format dengan melibatkan dua presenter yang melakukan percakapan satu sama lain.

3. Elementary Podcasts by the British Council

British Council kini menghasilkan serangkaian podcast bahasa Inggris yang sangat membantu pelajar tingkat pemula dan menengah. Untuk podcast pembelajaran bahasa, pelajaran ini cukup panjang, berdurasi sekitar 25 menit.

Host dari setiap edisi membawa pendengar melalui sejumlah skenario yang berbeda. Diperankan dalam dialog dan menyerupai situasi yang dialami setiap hari. Podcast ini juga mencakup diskusi yang lebih luas tentang beberapa topik. Presentasinya ramai, ceria dan menarik, dan bahasa Inggrisnya pun dituturkan dengan kecepatan normal.

4. Luke’s English Podcast

Luke’s English Podcast dibuat oleh Luke Thompson, seorang guru bahasa Inggris dari London yang juga seorang stand-up comedian. Podcast ini berdurasi cukup panjang, yaitu sekitar 60-100 menit. Dengan menghadirkan narasumber di setiap episodenya, podcast ini terasa sangat menghibur dan banyak ilmu yang dapat diambil.

Baca juga: Website Gratis untuk Belajar Bahasa Inggris!

5. The RealLife English Podcast

The RealLife English Podcast membahas tentang bagaimana berbicara bahasa Inggris layaknya native speaker. Dengan menggunakan aksen American dan British, podcast ini menyajikan pengetahuan seperti grammar, idiom, dan tips yang disajikan secara menarik dan tidak membosankan.

6. The English Session by Mike Butler

Podcast ini dibawakan oleh guru asal Amerika bernama Mike Butler. Podcast ini tidak hanya digunakan sebagai sarana belajar listening saja, lho. Di podcast ini, kamu bisa sekaligus belajar bagaimana pengucapan suatu kata, grammar, hingga structure. Serta kamu juga bisa membaca transkrip audionya melalui Patreon milik The English Session.

7. Culips English Podcast

Host pada kanal ini adalah Mr Andrew, seorang guru bahasa Inggris asal Canada. Dialognya bersama teman atau tamunya cukup mudah untuk diikuti, karena mereka memang fokus pada level “Beginner up to Intermediate”. Nah, untuk kamu yang masih level beginner, channel ini dapat sangat membantu kemampuan bahasa Inggris kamu dalam hal listening, vocab, dan pronunciation/speaking.

8. The EnglishTVLive Podcast

The EnglishTVLive Podcast juga bisa membantumu meningkatkan skill listening. Dalam podcast ini, kamu akan mendengar dua penutur asli bahasa Inggris. Mereka akan berinteraksi dengan berbagai hal, seperti kosakata dan bagaimana mengekspresikan sesuatu. Ini akan sangat membantu kamu untuk terbiasa dengan audio bahasa Inggris.

Baca juga: 11 Cara agar Public Speaking Bagus buat Si Pemalu

9. Better at English

Better at English adalah podcast bahasa Inggris yang menampilkan percakapan nyata dengan penutur asli. Topiknya berkisar dari yang serius hingga yang konyol dan ringan serta dilakukan dengan kecepatan bicara normal. Mendengarkan percakapan nyata yang terdengar alami adalah suplemen kursus bahasa Inggris online.

Tidak seperti yang lain, podcast ini membiasakanmu dengan irama bahasa, beberapa idiom, dan ekspresi umum. Bahasa Inggris dari podcast ini lebih cocok untuk kamu yang berada di tingkat menengah ke atas, tetapi jika kamu pemula yang benar-benar ingin menantang diri boleh lho mencobanya. Podcast bahasa Inggris ini pun disertai dengan transkrip dan catatan kosakata.

10. Business English Pod

Business English Pod adalah seri podcast bahasa Inggris yang mencakup bahasa Inggris yang diperlukan untuk setiap situasi bisnis yang mungkin terjadi. Episodenya mengikuti struktur sederhana, dengan pembawa acara berbicara selama beberapa menit pada topik yang ditetapkan. Transkrip, kuis, dan panduan kosakata pun menyertai pada setiap podcast-nya.

Serial ini mengasumsikan bahwa kamu sudah memiliki pengetahuan bahasa Inggris sehingga bahasa Inggris yang dituturkan sekitar tiga perempat dari kecepatan normal. Business English Pod memberikan wawasan yang baik tentang bagaimana bisnis dilakukan di perusahaan berbahasa Inggris.

11. Ted Talks Daily

Untuk podcast yang satu ini, tidak ada lagi pelajaran grammar atau pembelajaran sejenisnya, ya. Saatnya kamu menerima tantangan baru! Podcast ini dipandu oleh pembawa acara dan jurnalis asal Amerika bernama Elise Hu. Bahasan dalam podcast ini sangat variatif, mulai dari Artificial Inteligent hingga Zoology.

Ted talk menyediakan pembicara tamu dari berbagai negara dengan topik beraneka ragam dan menarik, sehingga kalian akan memiliki pengalaman mendengarkan para native maupun non native dengan accent yang berbeda-beda. Dengan Ted Talk, kamu tidak hanya mengasah kemampuan bahasa Inggris, namun sekaligus menambah aneka pengetahuan menarik.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Podcast Di Spotify Bagi Pemula

Nah, itulah beberapa rekomendasi podcast yang dapat kamu jadikan sebagai media belajar bahasa Inggris. Kini podcast bisa menjadi suplemen belajar bahasa Inggris online bagi kamu di manapun kamu berada. Kamu bisa membiasakan diri dengan percakapan bahasa Inggris dalam situasi sebenarnya. Jadi, kanal podcast mana yang akan kamu coba?

Akan tetapi, kalau kamu mau belajar dengan lebih serius lagi, kamu bisa langsung daftar course “TRICK TALK: Rahasia Jitu Lancar Speaking Tanpa Mikir” di Vocasia. Trick talk adalah e-course yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin lancar speaking dalam waktu singkat.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *