Tanggal:22 June 2024

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Bahkan ada beberapa negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi atau bahasa utama. Nah, jika kamu suka mendengarkan musik, kamu bisa memanfaatkan hobimu untuk belajar bahasa Inggris. Melalui lagu-lagu yang kamu dengarkan, kamu bisa menambah kosakata baru, memperhatikan penggunaan grammar, dan banyak manfaat lainnya. Berikut adalah rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris terbaik.

Dalam dunia kerja, bahasa Inggris juga memiliki manfaat dalam mengembangkan karir. Beberapa manfaat bahasa Inggris adalah untuk memperkaya kesempatan untuk networking, kesempatan untuk belajar, dan kesempatan untuk menambah pengalaman. Percayalah, bahasa Inggris bisa membawamu ke mana saja! Artikel ini akan merangkum rekomendasi lagu untuk belajar bahasa inggris. Namun sebelum itu, kamu bisa mencobanya dengan memperhatikan tips-tips di bawah ini!

Baca Juga : 8 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Mahir Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Musik

Sebelum membahas daftar lagu untuk belajar bahasa Inggris, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris melalui musik.

Baca Juga : 9 Cara agar Bisa Bahasa Inggris secara Otodidak

  1. Gunakan Headphone

Gunakan headphone, earphone, atau sejenisnya agar proses belajar bahasa Inggris berjalan maksimal. Penggunaan headphone dapat mencegah mispersespi lirik dan akan membantumu mendengar artikulasi kata dari lagu yang dilantunkan. Akhirnya bukan hanya terhibur, kamu juga bisa mempelajari bagaimana pelafalan kata atau pronunciation dari sang penyanyi.

  1. Ikut Bernyanyi

Agar dapat menambah kemampuan speaking, tidak ada salahnya kamu berlatih menggunakan lirik dan ikut bernyanyi. Kamu juga bisa belajar dengan video karaoke yang memungkinkan untuk ikut bernyanyi dengan diiringi musik. Bila perlu, siapkan juga lirik lagu yang akan dinyanyikan.

  1. Perhatikan Gerakan Lidah dan Bibir Penyanyi

Mendengarkan musik bisa meningkatkan kemampuan pronunciation atau pelafalan kata. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan gerakan lidah dan bibir penyanyi ketika melafalkan sebuah kata atau kalimat tertentu. Cara ini cukup ampuh, lho!

  1. Ulang Lirik yang Dirasa Sulit

Ada banyak lagu berbahasa Inggris yang liriknya penuh metafora, dengan pelafalan yang sulit atau terlalu cepat, contohnya Rap God dari Eminem atau Fluorescent Adolescent dari Arctic Monkeys. Tapi jangan salah sangka, lirik yang sulit dipahami justru akan membantumu meningkatkan kemampuan dengan cepat. Hal yang perlu kamu lakukan adalah putar secara berulang lagu tersebut sampai kamu bisa melafalkan liriknya.

  1. Ucapkan Lirik secara Normal

Ketika diminta berbicara bahasa Inggris, tentu kamu tidak akan diminta untuk bernyanyi. Jadi setelah kamu mendengarkan lagu, coba cari liriknya dan baca dengan suara seperti sedang membaca sebuah berita. Ini akan membantumu menggunakan kata tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Baca juga| Ketahui Perbedaan Musik Tradisional Dan Modern!

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris. (Image: Freepik)

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Setelah mengetahui tips yang perlu dilakukan untuk belajar bahasa Inggris agar efektif, di bawah ini adalah rangkuman mengenai beberapa judul lagu untuk belajar bahasa Inggris. Selain memiliki musik yang bagus, lagu-lagu berikut memiliki lirik yang cocok diperhatikan untuk belajar bahasa Inggris.

1. Rich Brian – Kids

Rich Brian adalah penyanyi asal Indonesia yang sukses go International. Dengan kemampuan bahasa Inggris, karya-karyanya sudah dikenal luas hingga ke Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. Lagu Rich Brian yang berjudul “Kids” ini memang lebih banyak menggunakan teknik rap dan cenderung diucapkan dengan cepat. Namun, justru lirik yang diucapkan dengan cepat akan sangat bagus untuk melatih kemampuan listening.

Jangan panik dan cobalah untuk fokus dalam mendengarkannya. Kemudian tulis lirik yang bisa kamu tangkap dari lagu ini. Jika masih belum lengkap, cobalah untuk mendengarkannya beberapa kali. Mungkin untuk pertama kali akan terasa sulit, namun jika terus dicoba akan terbiasa mendengarkannya. Setelah itu cobalah untuk menyanyikannya secara perlahan.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbitan Terbaru!

2. Coldplay – Fix You

Meskipun Coldplay tergolong sebagai grup band lawas, nggak ada yang bosan dengan lagu-lagu milik Coldplay. Band yang terbentuk di UK pada tahun 1996 ini memang memiliki lagu-lagu bernada khas. Bukan hanya itu, lirik lagunya pun memiliki pesan mendalam dan konon bisa mengobati depresi.

Salah satu lagu terbaik milik Coldplay adalah lagu dengan judul “Fix You”. Lagu ini juga akan cocok untuk belajar bahasa Inggris karena kamu akan lebih mudah meresapi lirik lagu yang memiliki pesan mendalam. 

3. Maroon 5 – Memories

Maroon 5 adalah grup musik asal Amerika Serikat yang beraliran pop rock. Grup musik ini dibentuk di California, Amerika Serikat pada 1994 silam. Maroon 5 merilis lagu dengan judul “Memories” pada Oktober 2019. Ada yang berbeda dalam karyanya ini. Sebab, sang vokalis yaitu Adam Levine mengatakan ini adalah lagu terberat yang pernah ia tulis. 

Pada acara The Ellen Show, Adam Levine secara terbuka menyatakan, bahwa ia merasa terpukul usai manajer sekaligus sahabatnya Jordan Feldstein wafat pada desember 2017. Sehingga ia memutuskan untuk menumpahkan rasa sedihnya dalam lagu yang berjudul “Memories”.

Lirik lagu ini sangat menggambarkan ingatan dan cerita-cerita masa lalu Adam Levine. Ada banyak kosakata baru yang bisa kamu pelajari dari lagu ini. “Memories” adalah lagu yang worthy banget untuk kamu belajar listening!

4. Westlife – My Love

“My Love adalah lagu karya Westlife yang dirilis pada awal tahun 2000. Meski lagu ini sudah berumur lebih dari 20 tahun, lagu ini tetap jadi favorit banyak orang, lho! Lagu ini memiliki nada yang sangat ear-catching, ditambah dengan lirik yang romantis dan bisa dinyanyikan untuk siapa saja. Sangat cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris karena ada beberapa kalimat menarik, salah satunya adalah penggalan lirik Where the field are green, To see you once again, my love.

5. Ed Sheeran – Shape of You

Salah satu keunikan lagu yang dibawakan penyanyi asal inggris adalah pelafalan kata yang menggunakan aksen British. Jika kamu ingin belajar bagaimana aksen British, lagu-lagu milik Ed Sheeran akan sangat cocok untuk kamu dengarkan.

Salah satu lagunya berjudul Shape of You, lagu ini terdapat beberapa kosakata baru yang bisa kamu pelajari. Seperti Jukebox yang merupakan alat pemutar musik. Alat ini sudah tidak banyak digunakan, namun kata ini juga masih sangat umum diucapkan. Atau juga kata shot yang memiliki arti berbeda-beda tergantung dengan situasi. Dalam lagu Shape of You, shot merujuk pada minuman beralkohol yang diminum sekali teguk.

Baca juga| 8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik Untuk Pemula

6. Taylor Swift – Begin Again

Pada dasarnya hampir semua lagu milik Taylor Swift bisa dijadikan untuk belajar bahasa Inggris. Lirik lagu Taylor Swift banyak menggunakan bahasa sehari-hari dan memiliki alur cerita yang bisa kamu pahami hanya dengan mendengarkannya saja.

Salah satu lagunya adalah “Begin Again”, cobalah dengarkan lagu ini dan dengarkan liriknya. Kamu akan bisa langsung memahami bagaimana cerita dalam lagu ini. Jika dalam sekali dengar kamu sudah bisa memahami cerita dalam lagu ini, itu artinya kemampuan listening kamu sudah baik.

7. Bryan Adams – I’ll Be Right Here Waiting For You

Jika kamu ingin mendengarkan lagu dengan tempo yang tidak terlalu cepat, lagu ini akan sangat cocok. Bahkan, lagu ini sering digunakan oleh tempat kursus atau les bahasa Inggris untuk menguji kemampuan listening. Jika kamu belajar dengan lagu ini, cobalah dengarkan kata per kata dan coba tulis ulang semua lirik yang berhasil kamu dengarkan. Setelahnya, kamu bisa membedah tenses apa yang digunakan dalam tiap kalimat di lagu ini.

8. Simple Plan – Untitled

Simple Plan merupakan band asal Montreal, Quebec, Kanada. Band ini dibentuk pada 1999 dengan genre Alternative Rock dan Punk Rock. Simple Plan merilis lagu “Untitled (How Can This Happen To Me?)” pada tahun 2004. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang berada di puncak masalah kehidupan namun ia tidak bisa menemukan solusi apapun terhadap masalah yang sedang dihadapi. 

Lagu ini lumayan cocok untuk sekadar curhat, menceritakan apa yang sudah terjadi, meskipun tidak ada ujung dari permasalahan yang terjadi. Meski begitu, lagu ini benar-benar enak didengar, dan memiliki lirik yang cukup bagus. Kamu bisa menggunakan lagu ini untuk belajar bahasa Inggris!

9. The Beatles – Yesterday

“Yesterday” adalah sebuah lagu yang direkam oleh The beatles pada tahun 1965 dalam album yang berjudul “Help”. Menurut Guinness World Record, lagu ini adalah lagu pop yang paling banyak didaur ulang. Lagu melankolis ini bertutur tentang pecahnya suatu hubungan cinta dan berbentuk balada gitar akustik. Selain berbentuk lagu, “Yesterday” juga dijadikan sebuah film yang berjudul sama. Kamu bisa mempelajari bahasa Inggris baik melalui lagu ataupun filmnya secara bersamaan.

10. Arctic Monkeys- Do I Wanna Know?

Arctic Monkeys merupakan yang terbentuk pada tahun 2002 di Sheffield, Inggris. Pada dasarnya musik Arctic Monkeys berkiblat pada band-band Rock lawas britania macam Led Zeppelin, Black Sabbath, maupun The Strokes. Mereka nggak terobsesi dan bernostalgia dengan riwayat panjang Rock ‘n’ Roll. Mereka hanya mengambil inspirasi dari band-band angkatan lawas dan mengolahnya dalam bentuk baru. Hasilnya kamu akan mendengarkan lagu-lagu bertenaga kasar, manis, dan menggigit dalam satu waktu lewat “R U Mine”, “Fluorescent Adolescent”, Dance Little Liar”, dan “Do I Wanna Know?”.

Sang vokalis yaitu Alex Turner, berhasil menggoreskan ide melalui lagu-lagu yang berkelas. Turner secara elegan menuangkan pengalaman hidup sehari-hari mereka saat tinggal di lingkungan kelas pekerja di Inggris. Mereka mengubah kegetiran itu menjadi sesuatu yang indah, lucu, dan dengan dengan realitas. Nah, lirik-lirik lagu ciptaan Arctic Monkeys ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari aksen British secara lebih mendalam.

Baca juga| Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris Dengan Benar

Nah, itulah bahasan tentang lagu untuk belajar bahasa Inggris yang bisa jadi media belajarmu! Jika kamu mau belajar bahasa Inggris dengan lebih serius lagi, ikuti Kursus Vocasia sekarang juga! Vocasia memberikan berbagai kursus pembelajaran bahasa Inggris bersama pengajar yang keren, muda, dan energik! Ikuti kursusnya disini!

Baca Juga : 5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Agar Cepat Mahir!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *