Tanggal:10 May 2024

Manfaat Workshop Bagi Perusahaan

Kegiatan workshop sangatlah penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kemampuan diri karyawannya. Banyak orang berpikir workshop tidak jauh berbeda dengan kegiatan training maupun seminar. Jadi, apa itu workshop ? Dan apa pentingnya workshop bagi perusahaan ? Untuk bisa menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini untuk mengetahui pengertian workshop tujuan workshop, dan manfaat workshop bagi perusahaan.

Pengertian Workshop

Workshop adalah diskusi atau kerja praktek mengenai subyek tertentu, yang dilakukan oleh sekelompok orang. Mereka membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka. Sementara untuk definisi yang lain, workshop merupakan pertemuan sekelompok orang dengan minat, keahlian, dan profesi pada bidang tertentu. Mereka terlibat secara aktif untuk melakukan diskusi maupun penelitian untuk meningkatkan keahliannya.

Kegiatan workshop biasanya berfokus pada pembahasan isu – isu spesifik yang karyawan sedang hadapi saat ini. Perusahaan harus memberikan pembelajaran dan pelatihan untuk mengatasi berbagai permasalahan. Karyawan yang mengikuti workshop tentunya dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru yang tentunya dapat digunakan di bidang kerjanya. 

Ciri – Ciri Kegiatan Workshop

Dari berbagai pengertian di atas, maka dapat diambil kesimpulan mengenai ciri – ciri utama dari workshop. Nah, berikut ini ciri – ciri workshop diantaranya yaitu

  • Kegiatan yang hanya boleh dilakukan oleh pakar atau seseorang yang ahli di bidang yang sesuai dengan tema workshop yang diikuti
  • Topik atau masalah yang dibahas dalam kegiatan workshop bersifat khusus atau mengerucut yang disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta workshop
  • Kegiatan workshop ini memiliki peserta yang aktif. Hal ini dikarenakan kegiatan workshop dilakukan komunikasi secara dua arah, yakni antara pemateri dan peserta dari workshop

Tujuan workshop

Tujuan dari kegiatan workshop adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada seluruh peserta sesuai dengan bidang yang mereka sedang tekuni saat ini. Kegiatan workshop yang diadakan oleh perusahaan untuk karyawannya, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada.

Manfaat workshop

Kegiatan workshop sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun perusahaan. Manfaat workshop secara umum yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi profesional pada seseorang. Selain itu ada banyak manfaat lainnya jika kita mengikuti workshop diantaranya yaitu

1. Menambah wawasan dan skill

Dengan mengikuti kegiatan workshop kita akan mendapatkan wawasan dan skill baru. Hal ini dikarenakan kita bisa saling bertukar pikiran dengan peserta yang lainnya. Jadi, kamu bisa mendapatkan pandangan baru dan wawasan baru.

Selain itu peserta workshop tidak hanya sekedar mendengarkan pemateri saja melainkan mereka bisa langsung mempraktekannya.

2. Bertemu ahli di bidangnya

Dengan mengikuti kegiatan workshop kitab isa bertemu dengan orang – orang hebat yang pastinya sangat ahli dalam bidangnya. Hal ini dikarenakan pemateri dari kegiatan workshop adalah ahli ataupun pakar dari topik maupun tema workshop itu sendiri

3. Memperluas Networking

Dengan mengikuti kegiatan workshop juga bermanfaat untuk memperluas networking. Pada kegiatan tersebut kami bisa berkumpul dengan orang yang memiliki minat maupun keahlian yang sama. Dengan demikian, kamu bisa memperluas relasi ketika mengikuti kegiatan workshop.

4. Mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat

Dengan mengikuti kegiatan workshop di waktu luang, sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan pastinya. Jika kamu berpikir kalau kegiatan workshop merupakan kegiatan yang sangatlah membosankan, presepsi kamu salah besar.

Pada kenyataannya kegiatan workshop merupakan kegiatan yang asyik, seru dan menyenangkan, karena biasanya susunan acara diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti ada games di sela – sela kegiatan tersebut.

5. Membangun rasa persatuan dan Kerjasama antar individu

Dengan mengikuti kegiatan workshop ini, kita dapat membangun persatuan dan Kerjasama. Karena kegiatan ini sebagai tempat yang baik untuk berdiskusi dan mengembagkan metodologi strategis yang berbeda untuk menyampaikan ke peserta lain.

Jenis – Jenis Workshop

1. Workshop berdasarkan waktu

Kegiatan workshop berdasarkan waktu ini merujuk pada durasi kegiatan yang dilakukan. Ada workshop beruntun, yaitu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus selama kurun waktu tertentu, misalnya dalam kurun waktu 3 sampai 4 hari. Ada juga workshop berkala, yaitu kegiatan yang dilakukan secara berkala dalam kurun waktu tertentu, misalnya setiap 2 bulan sekali.

2. Workshop berdasarkan sifat

Kegiatan workshop berdasarkan sifat ini ada yang mengikat dan tidak mengikat. Kegiatan mengikat karena mewajibkan peserta untuk terlibat demi memperoleh hasil tertentu. Sedangkan workshop tidak mengikat merupakan kegiatan yang tidak mewajibkan peserta untuk ikut karena hasil dari kegiatan tidak memberikan pengaruh apa pun itu.

Fungsi Workshop

Fungsi workshop adalah sebagai ruang berdiskusi dan pemecahan masalah. Berdasarkan fungsi ini, tujuannya adalah memberikan pelatihan  kepada peserta dengan menghadirkan para pemateri yang ahli dengan bidangnya.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai workshop. Kamu bisa mengikuti workshop di lembaga – lembaga yang terpercaya. Salah satu lembaga terpercaya yaitu VOCASIA. Dalam hal ini vocasia menyediakan workshop bagi perusahaan dengan harga yang terjangkau pastinya.

Penulis: Alipia Salsabilah (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *