Tanggal:03 May 2024

Memahami Konsep Time Value of Money

Time value of money adalah salah satu konsep tentang uang. Banyak orang hanya mengenal uang sebagai alat pembayaran dalam transaksi ekonomi. Itu benar, tetapi ada sesuatu yang lebih umum daripada itu. Dikenal sebagai time value of money yang memiliki arti sebuah konsep bagaimana nilai uang Anda berubah dari waktu ke waktu. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas nilai uang dari waktu ke waktu secara lebih mendalam. Yuk, disimak ya!

Konsep Time Value of Money

Time value of money adalah konsep yang menjelaskan waktu mempengaruhi nilai dari uang. Konsep time value of money menghitung nilai uang berdasarkan waktu. Hal ini sangat penting karena nilai uang yang anda miliki saat ini akan berbeda dengan nilai uang di masa mendatang. Salah satu faktor utama yang menyebabkan perubahan nilai uang adalah inflasi yang menyebabkan kenaikan harga sehingga menurunkan nilai uang anda. Oleh sebab itu, time value of money juga bisa disebut sebagai nilai waktu dari uang yang anda miliki.

Konsep ini menunjukkan bahwa uang dengan jumlah yang sama akan lebih bernilai saat ini dibandingkan dengan masa mendatang karena uang yang Anda terima saat ini memiliki potensi untuk dikembangkan melalui investasi sehingga nilainya bertambah. Akan tetapi, hal ini belum pasti karena dalam investasi terdapat berbagai risiko yang mungkin membuat anda mengalami kerugian.

Dalam konsep time value of money atau nilai waktu atas uang, investor akan lebih memilih menerima uang hari ini dibandingkan di masa depan apabila dengan nominal yang sama. Hal ini karena uang yang dimiliki saat ini apabila diinvestasikan dalam periode tertentu memiliki potensi menghasilkan return seperti bunga.

Baca juga: Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah dan Benar

Dalam hal konsep Time Value Of  Money terdapat  dua konsep perhitungan nilai dari uang tersebut, yaitu :

1. Present value

Merupakan nilai uang sekarang atau yang dimiliki saat ini yang bisa diinvestasikan untuk mendapatkan bunga dan keuntungan di masa depan. Rumus umum yang biasa digunakan untuk menghitung present value adalah:

Pv = Fv / (1 + i)n

Keterangan:

Pv = present value (nilai uang sekarang)

n = jangka waktu

Fv = future value (nilai uang di masa depan) di tahun ke-n

i = interest (suku bunga)

2. Future value

Merupakan nilai uang yang akan diterima di masa depan setelah menginvestasikan atau menabung sejumlah uang dengan mendapat suku bunga tertentu. Ciri dari future value adalah nominal uang yang ditabung akan bertambah sesuai persentase suku bunga yang didapat.

Rumus umum yang biasa digunakan untuk menghitung future value adalah sebagai berikut:

Fv = Pv (1 + i)n

Keterangan:

Pv = present value (nilai uang sekarang)

n = jangka waktu

Fv = future value (nilai uang di masa depan) di tahun ke-n

i = interest (suku bunga)

Manfaat Time Value of Money

Manfaat time value of money adalah untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. Time value of money berguna untuk menghitung anggaran. Dengan demikian investor dapat menganalisis apakah proyek tersebut dapat memberikan keuntungan atau tidak. Investor lebih menyukai suatu proyek yang memberikan keuntungan setiap tahun dimulai tahun pertama sampai tahun berikutnya. Sudah jelas time value of money sangat penting untuk dipahami oleh kita semua karena sangat berguna dan dibutuhkan untuk kita menilai seberapa besar nilai uang masa kini dan akan datang.

Kerugian dari Time Value of Money

Kerugiannya yaitu akan mengakibatkan masyarakat hanya menyimpan uangnya apabila tingkat bunga bank tinggi karena mereka menganggap jika bunga bank tinggi maka uang yang akan mereka terima dimasa yang akan datang juga tinggi. Time value of money tidak memperhitungkan tingkat inflasi.

Itulah pembahasan lengkap mengenai time value of money. Kamu bisa lebih paham tentang pentingnya menabung untuk masa depan. Tetap semangat!

Baca juga: Pahami Persamaan dan Perbedaan dalam Akuntansi Keuangan dan Pajak

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *