Tanggal:20 June 2024

Investasi: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Investasi adalah salah satu kegiatan penting yang mendukung perekonomian dan kehidupan bisnis negara. Kegiatan investasi akan meningkatkan kegiatan atau membuka usaha baru untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan daya beli masyarakat, serta meningkatkan pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Investasi Untuk Pemula

Berinvestasi bisa dikatakan membeli sesuatu yang dapat Anda jual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya di masa depan. Namun, keputusan investasi tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan investor untuk berinvestasi di perusahaan.

Baca Juga : Kenali Jenis Reksa Dana

Untuk memulai investasi, investor tidak bisa sembarangan menanamkan modal pada suatu perusahaan. Anda juga perlu berhati-hati dalam mengelola investasi. Mulai dari tujuan investasi, waktu pengembalian modal, risiko, inflasi, peraturan pemerintah, persaingan, dll. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan investor saat menginvestasikan modalnya untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : Cara Investasi Bitcoin

Lalu, apa saja sih tujuan dan manfaat berinvestasi? Yuk, simak terus artikel ini akan membahasnya secara tuntas!

Apa itu Investasi?

Investasi adalah aktivitas penanaman modal untuk dapat ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar. Melalui investasi, seseorang berharap nilai dari suatu aset akan meningkat seiring waktu. Aset investasi dapat berwujud tenaga, waktu, emas, saham, reksadana, dan sebagainya.

Baca Juga : Apa itu Investasi Aset Digital

Tujuan dari Investasi

Investasi adalah

Ilustrasi Tujuan Investasi (Pixebay)

Tujuan orang berinvestasi sangat bervariasi. Ada orang yang sangat fokus menyiapkan uang untuk masa depan dan ada juga yang ingin mendapatkan hasil secepat mungkin. Tujuan dari investasi ini dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Penghasilan stabil

Tujuan investasi adalah untuk memperoleh pendapatan yang stabil. Biasanya hal ini diterapkan oleh orang-orang yang berinvestasi di perusahaan. Misalnya, Anda berinvestasi di perusahaan makanan cepat saji. Penjualan memungkinkan Anda menerima persentase dari pendapatan bulanan. Persentase keuntungan tergantung kesepakatan antara perusahaan dan investor.

Baca Juga : Tips Investasi Emas di Antam

2. Dapat mengontrol perusahaan

Salah satu keuntungan berinvestasi adalah nilai penanaman modal sebagai investasi pada suatu perusahaan. Kepemilikan ekuitas parsial memungkinkan perusahaan untuk mempertimbangkan kehendak investor ketika mengambil keputusan. Dalam beberapa kasus, seseorang berinvestasi dalam memelihara atau menciptakan hubungan yang baik antar perusahaan.

Baca Juga : Tips Investasi Emas di Dana

3. Memastikan ketersediaan bahan baku

Beberapa institusi sengaja berinvestasi dalam bisnis bahan baku yang terkait dengan bisnis mereka. Dengan cara ini, institusi dapat memastikan ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk bisnis inti perusahaan.

4. Memenuhi kebutuhan masa depan

Salah satu manfaat berinvestasi adalah bersiap untuk kebutuhan masa depan yang tidak terduga. Nilai suatu aset yang cenderung meningkat akan menjadi sarana untuk menghasilkan keuntungan. Keuntungan tersebut dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan atau ditukar dengan sumber daya lainnya.

5. Gaya hidup hemat

Kegiatan investasi bermula dari semangat menabung untuk masa depan. Dengan cara ini, investor dapat lebih terlatih untuk mengalokasikan pendapatan ke aset jangka panjang daripada mengambil tindakan konsumtif dan impulsif. Hal ini juga mempromosikan gaya hidup yang rendah hati, hemat, dan bebas utang.

Baca juga: Cara Investasi Bitcoin bagi Pemula, Yuk Mulai Investasi!

Manfaat dari Investasi

Investasi adalah

Ilustrasi Manfaat Investasi (Pexels)

Pasti banyak sekali manfaat yang kita dapatkan melalui investasi, di antaranya:

1. Memiliki dana pensiun

Tentu saja kita tidak akan bekerja seumur hidup. Ada masanya kita akan pensiun.  Jadi, berinvestasi dapat mempersiapkan diri untuk masa depan. Persiapkan segalanya dengan baik untuk masa depan selagi masih muda. Selain menabung, Anda dapat berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun.

Baca Juga : Alasan Besar Untuk Memulai Investasi Emas

2. Kebebasan finansial

Kebebasan finansial adalah keadaan mandiri secara finansial. Artinya penghasilan Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini dapat dicapai dengan beberapa cara. Salah satunya adalah investasi. Investasi yang baik dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Baca juga: Tips Capai Financial Freedom di Usia Muda

3. Wawasan menjadi terbuka

Berinvestasi dengan baik untuk masa depan pribadi dan keuangan Anda. Sebagai investor, Anda akan memiliki banyak relasi. Anda akan memiliki pemahaman yang lebih luas tentang ekonomi dan keuangan.

4. Lebih bertanggung jawab

Tanggung jawab adalah salah satu hal yang dapat Anda coba investasikan. Anda harus bertanggung jawab atas semua keputusan dan solusi investasi yang dilakukan.

5. Lindungi uang dari inflasi

Inflasi pasti selalu ada. Sesuatu yang dapat Anda lakukan yaitu mengantisipasi agar hal tersebut tidak terlalu berdampak. Berkat investasi, Anda dapat meminimalkan efek merugikan dari inflasi. Hampir setiap tahun, inflasi selalu menjadi penyebab turunnya nilai aset dan kekayaan, termasuk uang. Kalau hanya didiamkan saja, maka uang tersebut semakin lama semakin tidak ada harganya. Kecuali Anda menyimpannya dalam bentuk investasi. Contohnya seperti, menghemat uang dan membeli emas atau properti.

6. Persiapan dana tertentu

Kemudian, Anda bisa menjadi orang yang dapat berinvestasi dalam persiapan untuk dana tertentu. Di zaman sekarang ini, semakin susah mencari pekerjaan dengan gaji yang besar. Investasi adalah salah satu solusi pengambilan keputusan. Sehingga Anda tidak perlu terlalu bersusah payah di masa depan. Misalnya, jika sudah tidak bekerja nanti, Anda sudah mempersiapkan dana pendidikan sekolah anak, biaya pernikahan, ataupun dana pensiun. Semua ini dapat direncanakan dan dipersiapkan dengan berinvestasi dari awal.

Baca Juga : Tips Investasi Emas Untuk Pemula

Nah, itu dia informasinya. Investasi akan menjadikan Anda sebagai seseorang yang melek finansial. Gaya hidup Anda pun menjadi lebih hemat. Semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan informasi lainnya dari Vocasia, ya!

Baca Juga : Pilih Trading atau Investasi

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *