Tanggal:21 July 2024

15 Rekomendasi Lagu Self Healing Untuk Kesehatan Mental

Tahukah kamu bahwa mendengarkan lagu bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan perasaan gundah dan trauma? Musik yang menenangkan dapat membangkitkan suasana hati dan mengurangi kelelahan baik fisik maupun mental, lho. Nah, saat kamu merasa down, mendengarkan lagu healing favorit dapat menjadi salah satu pilihan self healing sederhana.

Berdasarkan peneliti dari London, Bist dan Smith (2021) menemukan bahwa musik dapat membantu proses penyembuhan. Maka dari itu, untuk menemani self healing-mu berikut ini kami rekomendasi 15 judul lagu healing, untuk menyembuhkan perasaan yang tidak menyenangkan dalam dirimu. Simak satu per satu, ya!

Baca juga: 9 Cara Untuk Terapi Self Healing, Perlu Isolasi Diri?

15 Rekomendasi Judul Lagu Healing

1. Secukupnya – Hindia

Kita semua gagal
Ambil sedikit tisu
Bersedihlah secukupnya

Lagu ‘Secukupnya’ yang dinyanyikan oleh Hindia mengingatkan seseorang bahwa tak mengapa gagal. Perlu diingat kalau kegagalan itu wajar terjadi. Kita pun berhak untuk menangisi kegagalan tersebut. Namun, menangislah secukupnya. Jangan terlalu larut dalam kesedihan yang membuat dirimu tidak melangkah maju.

Tak dapat tertidur tenang karena memikirkan tentang apa yang akan datang di esok hari juga sering menjadi akibat dari kegagalan. Padahal, ketika kita salah jalan, kita hanya perlu mengambil jalan lain untuk bisa sampai di tujuan kita.

2. Diri – Tulus

Bisikkanlah terima kasih pada diri sendiri
Hebat dia terus menjagamu dan sayangimu
Suarakan bilang padanya jangan paksakan apapun
Suarakan ingatkan terus aku makna cukup

Lagu healing ‘Diri’ milik Tulus memiliki pesan moral yang amat kuat. Terkadang, dalam mengejar impian dan cita-cita, kita sebagai manusia sering berupaya terlalu keras. Akibatnya, secara tidak sadar menjadi menyiksa diri sendiri di balik kata usaha.

Sesekali, ucapkanlah terima kasih kepada diri sendiri karena telah berusaha sejauh ini. Tak ada hal yang lebih penting daripada diri sendiri, sehingga sudah seharusnya untuk berbaik hati pada diri.

3. Tenang – Yura Yunita

Dialog dini hari
Kepada diriku sendiri
Tak bisa ku tertidur lagi
Melayang pikirku tak pasti

‘Tenang’ yang dinyanyikan Yura Yunita bercerita tentang refleksi diri. Sebuah keadaan di malam hari yang sunyi, saat di mana manusia gelisah akan pikiran tentang banyak hal yang menghantui. Akibatnya, tiada rasa kantuk karena hanya isi kepala yang penuh dan sibuk.

Namun demikian, lanjutan lirik ‘Tenang’, yakni terutama bagian Reff, membahas soal puncak dari perenungan diri yang sudah terlanjur kalut. Tokoh ‘aku’ dalam lagu itu, meminta ketenangan pada sang Pencipta, agar malamnya menjadi damai dan hilang pergolakan diri.

Baca juga: Yuk Simak! Apa Itu Terapi Musik Dengan Segudang Manfaatnya

4. Rehat – Kunto Aji

Tenangkan hati
Semua ini bukan salahmu
Jangan berhenti
Yang kau takutkan takkan terjadi

Judul lagu ‘Rehat’ oleh Kunto Aji mengingatkan bahwa setiap hal yang terjadi di luar rencana, bukanlah salah kita. Semua telah ditentukan, dan manusia hanya bisa berencana. Usahakan jangan berhenti pada ketidaksesuaian rencana.

Mungkin yang kamu butuhkan saat ini adalah memberi jeda sejenak. Membiarkan dirimu mengambil waktu untuk menerima semua kejadian yang terjadi. Mengambil waktu rehat untuk menenangkan dirimu, bahwa semua yang sedang kamu takutkan, tidak akan terjadi. Selama kamu masih mau untuk kembali berjalan, lalu berlari.

5. Scars To Your Beautiful – Alessia Cara

But there's a hope that's waiting for you in the dark
You should know you're beautiful just the way you ar
And you don't have to change a thing the world could change its heart
No scars to your beautiful, We're stars and we're beautiful

Scars To Your Beautiful milik Alessia Cara sangat cocok didengarkan buat kamu yang sedang insecure. Lewat lagu ini, Alessia Cara menyampaikan bahwa semua perempuan itu cantik. Tidak perluh mengubah apapun, kita semua bersinar seperti bintang dan kita cantik.

6. Untuk Hati yang Terluka – Isyana Sarasvati

Biarkan kegelapanmu
Menemukan titik terang baru
Pasukanmu kan kembali
Memelukmu yang baru

‘Untuk Hati yang Terluka’ yang dinyanyikan Isyana Sarasvati juga menjadi lagu pengingat, sekaligus pemberi semangat untuk orang-orang yang sedang menghadapi kegagalan. Seperti kata pepatah yang sering disebut, “Bintang hanya bisa bersinar di gelapnya malam.”

Terkadang, seseorang perlu merasakan kegelapan agar bisa bersinar lebih terang dengan titik terang yang baru. Gagal pun bukan berarti mimpi-mimpimu telah usai. Kamu harus bangkit kembali; dan jangan terobsesi dengan mimpi lama yang dipaksakan.

Baca juga: Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

7. Si Lemah – RAN & Hindia

Hai, si lemah
Buatlah semesta menerima
Dirimu apa adanya
Relakanlah
Masih banyak senyum di dunia
Yang bisa terima semua indah kurangmu

Lagu healing ‘Si Lemah’ menyimpan pesan self-love. Meski kamu punya kekurangan, jadilah diri sendiri, tampillah apa adanya. Seharusnya, bukan manusia yang menyesuaikan diri dengan standar dunia. Dunialah yang harus menerima tiap-tiap jiwa manusia secara apa adanya.

Meski terkadang ada orang-orang yang tidak berpihak pada kita, relakanlah. Masih banyak orang di dunia ini yang mau menerima segala kekurangan dan kelebihan kita sebagai manusia.

8. Selaras – Kunto Aji & Nadin Amizah

Kita bisa
Selama masih ada
Rumah untuk pulang
Dan memulai segalanya

Dalam lagu ‘Selaras’ miliki Mas Kun dan Nadin ini, menceritakan tentang betapa meskipun kadang harus pulang dengan mengurut dada, mereka yang kamu beri label sebagai rumah, akan tetap memelukmu dengan erat. Memang tidak mudah untuk diterima, tapi rumah itu akan terus menerimamu dengan penuh harap dan doa.

9. Sudah – Ardito Pramono

Sudah
Sudahi malam yang duka
Dunia, kau 'kan baik saja

Lagu ‘Sudah’ yang diunggah di akun Youtube Ardito Pramono pada tanggal 4 November 2020 ini, banyak digunakan kawula muda untuk melepaskan kesedihan. Mengingatkan kita bahwa meskipun banyak kejadian duka, dunia akan kembali membaik suatu saat nanti, atau paling tidak, kamu yang akan berubah menjadi jauh lebih baik.

Baca juga: 7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

10. Monsters – Katie Sky

I see your monsters i see your pain
Tell me your problems i'll chase then away
I'll be your light house
I'll make it okay
When i see your monsters
I'll stand there so brave
And chase them all away

Lagu ‘Monsters’ yang sempat viral di sosial media ini memang enak banget untuk didengarkan.  Lirik dengan makna yang menyentuh, menenangkan, serta semangat, mampu mebangkitkan jiwa positif dalam diri kita. Makna di setiap lirik menunjukan agar tidak menghawatirkan sesuatu, sangat pas untuk healing time.

11. Manusia Kuat – Tulus

Kau bisa patahkan kakiku
Tapi tidak mimpi-mimpiku
Kau bisa lumpuhkan tanganku
Tapi tidak mimpi-mimpiku

Lagu ‘Manusia Kuat’ oleh Tulus menjadi lagu afirmasi untuk manusia yang sedang mengejar impian dan cita-citanya. Setiap lirik yang Tulus bangun seolah-olah mengingatkan bahwa tak seorangpun bisa menghentikan mimpi manusia-manusia kuat, yakni para pemimpi yang mau berjuang.

Tulus juga seakan-akan ingin menyampaikan bahwa kita adalah manusia-manusia kuat, tak mudah menyerah terhadap segala rintangan yang ada.

12. Sulung – Kunto Aji

Yang sebaiknya kau jaga
Adalah
Dirimu sendiri

Lirik lagu ‘Sulung’ oleh Kunto Aji seakan-akan menampar siapapun yang sedang berada di dalam situasi menjalin hubungan yang tidak sehat. Terkadang, seseorang terlalu dibutakan oleh cinta, hingga acap kali tak sadar bahwa kamu telah menyakiti diri sendiri.

Cukupkanlah ikatan yang tak seharusnya untukmu. Lepaskan dan relakan sebelum kamu semakin hilang arah dan kesadaran. Sebab dirimu lebih berharga.

Baca juga: 5 Kegiatan ini Bisa Membangun Self Awareness (Kesadaran Diri)

13. Runtuh – Feby Putri ft Fiersa Besari

Kita hanya manusia yang terluka
Terbiasa tuk pura-pura tertawa
Namun bolehkah sekali saja ku menangis
Ku tak ingin lagi membohongi diri

Fiersa Besari dengan setiap bait kata yang tak pernah gagal untuk meluluh lantakkan perasaan orang dengan karyanya, kini berkolaborasi dengan Feby Putri, penyanyi bersuara khas dan menenangkan. Lagu ini cocok banget didengarkan ketika self healing.

Lirik dengan makna yang begitu dalam mampu membuatmu meneteskan air mata berkali-kali. Ini juga menjadi lagu favorit saat sedang healing time.

14. Beranjak Dewasa – Nadin Amizah

Kita beranjak dewasa
Jauh terburu seharusnya
Bagai bintang yang jatuh
Jauh terburu waktu
Mati lebih cepat
Mati lebih cepat

Lagu ‘Beranjak Dewasa’ merupakan salah satu lagu yang masuk dalam album Selamat Ulang Tahun milik Nadin Amizah yang rilis tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-20 tahun. Secara ringkas, lagu ‘Beranjak Dewasa’ menceritakan tentang proses pendewasaan.

Berada di tahapan hidup sebagai orang dewasa, rasanya terlalu cepat terjadi. Bertambahnya umur, berarti juga berkurangnya umur. Kematian pun akan semakin dekat seiring waktu berjalan. Lagu ini sangat cocok didengarkan sebagai self-reminder tentang hidup.

15. Borders – Amber

Cause mom said I'd be crossing borders 
Never be afraid even when you're cornered
Stand up straight, fight your way
Fight your way, fight your way
Through the borders

Borders dari Amber merupakan lagu pop yang memiliki makna mendalam tersirat di dalamnya. Seperti pada lirik, Amber menyampaikan agar kita tidak perlu takut untuk melewati batas. Lagu ini cocok menjadi penyemangat untuk kamu yang sedang berjuang untuk keluar dari zona nyaman.

Baca juga: 10 Rekomendasi Terbaik Buku Self Improvement

Nah, itulah 15 rekomendasi lagu healing yang bisa kamu dengarkan di saat kamu merasa down, serta cocok juga didengarkan waktu self healing. Healing time jadi lebih bermakna sambil mendengarkan lagu favorit kamu, pikiranmu bisa jernih, dan ketenangan jiwa kembali pulih. Melakukan segala aktivitas pun menjadi lebih bersemangat dan aura positif akan memancar kembali. Selamat mendengarkan lagu-lagunya, ya. Jangan lupa tambahkan ke playlist-mu!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *