Tanggal:04 May 2024

Yuk, Kenali Figma Lebih Dekat!

Di dunia desain, figma sangatlah diperlukan. Kamu dan tim bisa membuat desain dalam satu tempat. Figma hadir mempermudah pekerjaan kamu. Isi desain lengkap beserta tools-nya bisa diakses oleh siapa saja, termasuk juga tim kamu. Figma adalah aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk proyek digital. Figma memiliki kemampuan yang membedakan dengan tools lain, yakni bekerja secara proyek. Berbeda dengan tools kompetitor yang hanya bisa diakses oleh satu orang saja. Kamu pun dapat membuat desain secara bergantian. Pastinya lebih mudah untuk menyelesaikan proyek digital.

Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping dengan berbasis web maupun fitur offline tambahan. Figma dapat diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk Mac OS dan juga Windows. Rangkaian fitur Figma berfokus pada penggunaan dalam antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna. Setiap desain menekankan pada kolaborasi waktu secara nyata (real- time).

Sederhananya, Figma adalah desain digital dan alat prototyping. Ini adalah aplikasi desain UI dan UX yang dapat kamu gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna yang lebih kecil. Kamu juga bisa menyatukan komponen desain ke dalam proyek lain. Dengan alat berbasis vektor yang hidup di cloud, Figma memungkinkan para penggunanya untuk bekerja di mana saja dari browser.

Fitur Figma :

  • Alat pena modern yang bisa kamu gunakan untuk menggambar ke segala arah dan desain busur instan.
  • Fitur font Open Type.
  • Tugas otomatis melalui plugin untuk elemen berulang untuk mempercepat proyek.
  • Alat seleksi cerdas dengan penyesuaian otomatis untuk pengaturan jarak, pengaturan, dan pengorganisasian.
  • Kemampuan membuat sistem dan komponen desain.
  • Perpustakaan dan cara drag and drop yang dapat diakses.
  • Kemampuan untuk menjadi tempat banyak audiens tanpa batas pada suatu proyek, sehingga seluruh pembagian progress kerja tim.
  • Kemampuan memeriksa file desain dan grab code sinppets.
  • Fitur ekspor mudah yang memiliki tautan langsung (bukan hanya format PDF datar).
  • Desain interaksi dan prototipe yang dioptimalkan untuk seluler.
  • Animasi cerdas untuk menghubungkan objek dan transisi.
  • Komentar tersemat (embedded comment).
  • Kemampuan untuk mengedit bersama dengan tim secara waktu nyata (real- time) di ruang desain bersama.
  • Satu platform untuk segalanya, mulai dari desain hingga prototipe.

Manfaat Figma :

1. Kemudahan akses proyek secara digital

Ilustrasi Pengerjaan secara Digital (pexels)

Kamu dan teman yang lain bisa mengerjakan satu desain secara bergantian. Figma juga menciptakan kemudahan akses yang sangat menguntungkan. Bahkan, kamu bisa mengedit desain secara real time dengan orang lain atau tim. Figma memang dibuat berbasis cloud sehingga memudahkan akses berbagai fitur di dalamnya. Kemudahan akses berbasis digital dapat memperluas kamu menggunakan berbagai fitur tambahan. Kamu bisa menggali beragam fitur sesuai kebutuhan dan kegunaan desain yang diinginkan. Menarik sekali, ya? Tentu saja, apalagi kamu dapat dengan mudah membuat desain apa pun.

2. Fitur berbagi file

Ilustrasi Memanfaatkan Fitur Berbagi File (pexels)

Figma juga memperluas fiturnya berdasarkan kemudahan para penggunanya. Kamu bisa memanfaatkan fitur file berbagi kepada siapa saja. File dapat dibagikan sesuai keinginan kamu. Saat file telah dibagikan, pengguna yang ditunjuk juga dapat melanjutkan bahkan merombak desain dengan cepat. Desain dapat diciptakan sesuai kebutuhan dan keinginan setiap penggunanya. Kamu dan tim dapat membagikan file kepada pihak lain juga, loh. Misalnya pihak yang ditunjuk untuk mendukung keberhasilan desain. Berbagai pengguna yang terhubung di dalamnya dapat hanya sekedar melihat maupun mengubah. Semuanya bergantung kamu sebagai pemberi akses, ya. Gunakan fitur berbagi file dengan bijak.

Baca Juga : Mengenal Mockup, Salah Satu Item Penting dalam Desain!

3. Mempermudah penyimpanan tools

Ilustrasi Kemudahan Akses dan Penyimpanan (pexels)

Alat desain Figma berbasis cloud sehingga tidak memerlukan penyimpanan desain secara konvensional di penyimpanan komputer. Kamu dapat mendapatkan kemudahan akses sekaligus tempat penyimpanan tetap utuh pada komputer yang digunakan. Hal ini memudahkan para pengguna untuk mengakses hasil desain Figma kapan pun dan di mana pun. Hal ini diikarenakan seluruhnya berbasis digital hingga kamu tak perlu repot mengunduh aplikasi. Figma mendukung berbagai macam plugin. Pengguna dapat menggunakan beragam plugin untuk memaksimalkan fitur-fitur di dalam Figma.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Figma. Kamu bisa memanfaatkan tools desain ini sebagai pencipta desain yang memukau. Tim kamu pun bisa mengakses dan menggunakannya secara bersama. Berbagai fitur bisa kamu manfaatkan dan coba sesuai fungsinya. Desain yang kamu buat pun bisa dengan mudah diedit di mana pun dan kapan pun. Apalagi kamu tak perlu bersusah payah mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya!

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *