Tanggal:10 May 2024

Merancang Judul, dan Konsep Penelitian Kualitatif

Dalam mengkonstruksikan desain penelitian kualitatif menggunakan terminologi yang sama. Termasuk juga menggunakan konsep-konsep yang hampir sama. Hampir tidak ada perbedaan yang perlu dijelaskan. Kecuali formatnya yang terpisahkan berdasarkan desain masing-masing penelitian kualitatif. Berdasarkan sumber buku Penelitian Kualitatif edisi ke-2 (2007). Dibawah ini adalah contoh bagaimana cara merancang judul, dan konsep dari sebuah penelitian kualitatif. Simak dibawah ini, ya!

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Baca Juga :

Keterbatasan Metode Analisis Data Kualitatif

Metode Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Merancang Judul, dan Konsep Penelitian Kualitatif

1. Merancang Judul Penelitian Kualitatif

Dalam banyak hal, judul penelitian kualitatif tak berbeda dengan judul penelitian lainnya. Perbedaannya terletak pada makna dan substansi judul tersebut. Kalau pada penelitian kuantitatif makna judul penelitian adalah mengekspos permasalahan kuantitatif. Seperti hubungan-hubungan variabel dan jenis pengukuran yang akan dilakukan. Maka dalam penelitian kualitatif yang diekspos adalah fenomena yang diteliti itu dan berbagai aspek yang berhubungan dengannya. Sesuatu yang substansial sangat berbeda adalah kalau pada penelitian kuantitatif. Yaitu judul penelitian sudah dapat dibuat secara final pada awal membuat proposal penelitian. Oleh sebab itu, pada penelitian kualitatif umumnya judul baru bisa dibuat konkret setelah seluruh penelitian sudah selesai dilakukan.

Jadi umpamanya, kalau kita melakukan penelitian di bidang komunikasi yang berhubungan dengan periklanan dan perilaku konsumen. Alhasil judul penelitiannya bisa berbunyi,.”Konstruksi Realitas Sosial Iklan Rokok dan Ketakutan Pemirsa Terhadap Penyakit yang diakibatkan oleh Asap Rokok”. Atau, “Rating Acara di Televisi dan Profil Kesetiaan Pemirsanya”.

Diingatkan pula bahwa pada judul penelitian kualitatif. Fenomena yang diteliti harus diformulasi sedemikian rupa. Sehingga wujud dari fenomena tersebut dapat bahas melalui penjelasan-penjelasan kualitatif.

Baca juga :

Metode Analisis Data Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Metode Diary Dalam Penelitian Kualitatif

2. Merancang Konsep Kualitatif

Menjelaskan konsep dalam penelitian kualitatif ditujukan untuk menjelaskan operasional fenomena-fenomena penelitian. Untuk merancang konsep penelitian kualitatif meman sering mengalami kesulitan. Bila dibandingkan ketika mengkonsepsikan konsep penelitian kuantitatif. Hal ini disebabkan fenomena penelitian kualitatif umumnya adalah kasus-kasus tertentu yang tidak bisa digeneralisasi. Karena konsep penelitian bersifat kasuistik, maka kepekaan peneliti dalam merancang konsep penelitian harus semakin tajam. Kemudian mengkristal pada persoalan operasionalisasi yang lebih konkret dalam mengurai persoalan makna di balik fenomena yang tampak.

Jadi umpamanya, ketika konsep penelitian berhubungan dengan perilaku birokrasi dalam implementasi kebijakan publik. Sebagaimana umumnya tema-tema penelitian dalam kebijakan publik.

Kemudian merancang konsep dalam penelitian kualitatif adalah suatu makna kognitif. Atau makna sosiologis yang hidup dalam alam pikiran informan dan subjek-objek penelitian. Bukan suatu konsep yang justru ditawarkan oleh peneliti untuk dikembangkan saat pengumpulan data.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai rancangan judul, dan konsep dari sebuah penelitian kualitatif. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca Juga :

Konsep Penulisan Laporan dan Karya Ilmiah Kualitatif

Masalah dan Topik Penelitian Kualitatif, serta Kesulitan di sekitarnya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *