Tanggal:08 September 2024

11 Rekomendasi OST Drakor Paling Enak Didengar Sepanjang Masa

Korea menjadi salah satu negara yang berdampak besar bagi masyarakat Indonesia. Dampak terbesar yang disalurkan rata-rata berasal dari dunia hiburan.

Selain k-pop, dunia perfilman dengan genre drama menjadi sektor terkuat yang paling diminati. Bahkan, drama Korea atau yang sering disebut drakor ini peminatnya tidak hanya dari usia muda. 

Berdasarkan riset, orang dewasa baik perempuan maupun laki-laki juga menjadi penikmat drama tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena alur cerita drakor tidak hanya tentang percintaan. Tema tentang keluarga, persahabatan, dan kisah hidup lainnya juga turut dikisahkan.

Selain alur, terdapat komponen lain yang sukses membelokkan ketertarikan para penonton. Komponen tersebut adalah OST atau original soundtrack.

OST adalah lagu milik soloist atau idol grup Korea yang digunakan sebagai penunjang jalannya cerita. Tak heran jika pemilihannya disesuaikan dengan alur tiap serial. 

Akibat banyaknya antusiasme masyarakat terhadap OST, dunia perfilman Korea memberikan apresiasi berupa penghargaan. Penghargaan tersebut ditujukan untuk kategori “Soundtrack Terbaik” dan biasanya diumumkan pada ajang-ajang penghargaan film atau series.

Di bawah ini adalah daftar rekomendasi OST drakor terbaik versi Vocasia. Jika tertarik dan memiliki minat tinggi terhadap lagu-lagu korea, kamu wajib membacanya hingga selesai.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Rating Tertinggi Wajib Kamu Tonton!

Rekomendasi OST Korea Terbaik

ost drakor terbaik

Rekomendasi OST Drakor Terbaik (Source: Youtube)

Berdasarkan hal yang telah dipaparkan di atas, original soundtrack berbeda-beda pada setiap drama. Terdapat beberapa OST dengan nada lamban halus, ada juga yang menyenangkan dan menggugah semangat. Semua itu bergantung pada alur kisah yang dimuat pada drama.

Berikut adalah rekomendasi OST drakor terbaik versi Vocasia:

1. Our Beloved Summer: ‘Christmas Tree’ – V BTS

OST drakor pertama yang harus kamu dengarkan berasal dari drama berjudul “Our Beloved Summer”. Lagu berjudul ‘Chistmas Tree’ ini dibawakan oleh salah satu personil grup k-pop ternama di negeri ginseng tersebut. Dengan suara lembut dan vokal yang ciamik, V BTS berhasil membuat OST ini melekat tepat pada drama tersebut.

2. Twenty Five Twenty One: ‘Starlight’ – TAEIL

Sama seperti V BTS dan Jisoo Blackpink, TAEIL merupakan member idol grup yang berhasil menjadikan lagunya sebagai OST drakor terbaik. Member grup NCT ini sukses membawakan lagu berjudul ‘Starlight’ pada drama “Twenty Five Twenty One” dengan suara emasnya.

3. Snowdrop: ‘Wishes’ – Jamie Miller

https://youtu.be/N4wA8ApO-PI

Lagu menyayat hati dengan pembawaan yang begitu dalam menjadikan ‘Wishes’ sebagai soundtrack yang masuk daftar rekomendasi. Lagu milik Jamie Miller ini sangat cocok dipadukan dengan drama berjudul “Snowdrop” yang dibintangi idol besar, yakni Jisoo Blackpink.

Drama yang dikemas menyerupai tahun 80’an ini memiliki alur kisah berupa perjuangan cinta dua orang yang saling bertolak belakang. Oleh karena itu, ‘Wishes’ sangat sukses menjadi OST drakor “Snowdrop”.

4. Forecasting Love and Weather: ‘Melting’ – Cheeze

Meski “Forecasting Love and Weather” baru saja tayang, nyatanya ia sukses merebut perhatian banyak penggemar drakor. Drakor yang mengisahkan kisah cinta antara junior dan senior itu memiliki alur cerita yang menyenangkan. Sehingga, lagu ‘Melting’ yang dibawakan oleh Cheeze dengan alunan musik ceria, sangat melekat pada drama tersebut.

5. Thirty Nine: ‘Still Here’ – Kang Asol

Drakor “Thirty Nine” merupakan drama dengan feel sedih yang menguras air mata penonton. Ternyata, hal tersebut juga merupakan dampak dari kesesuaian OST yang mengiringinya. Lagu berjudul ‘Still Here’ dibawakan oleh Kang Asol dengan perasaan emosi yang luar biasa.

6. Business Proposal: ‘Sweet’ – Lee Mujin

Rekomendasi selanjutnya berasal dari salah satu lagu yang dibawakan Lee Mujin dengan judul ‘Sweet’. ‘Sweet’ menjadi soundtrack yang digunakan pada drama “Business Proposal“. 

Drama yang dirilis pada 28 Februari 2022 ini sukses diperankan oleh Ahn Hyo-seop dan Se Jeong hingga merebut antusias banyak penonton. Secara tidak langsung, OST yang mengiringinya juga mendapatkan exposure cukup tinggi.

Baca juga: Rekomendasi Drama dan Film Zombie Korea Paling Seru!

7. Crazy Love: ‘Dive Into You’ – Jay

Salah satu lagu Jay B masuk dalam rekomendasi OST drama Korea yang wajib didengarkan. Lagu berjudul ‘Dive Into You’ ini digunakan sebagai soundtrack dari drama ternama yaitu “Crazy Love”.

8. Descendants of the Sun : ‘You are My Everything’ – Gummy

Drama yang mengakibatkan cinta lokasi antara kedua pemerannya ini memiliki soundtrack yang tak kalah terkenal dari ceritanya. Lagu yang dijadikan OST “DOTS” berjudul ‘You are My Everything’ milik penyanyi bernama Gummy. 

9. Goblin: ‘I Will Go To You Like The First Snow’ – Ailee

Meskipun drama ‘Goblin’ memiliki banyak soundtrack yang mengiringinya, nyatanya hanya ada satu lagu yang sukses menarik hati penonton. Lagu tersebut berjudul ‘I Will Go To You Like the First Snow’ yang dibawakan oleh Ailee.

Berkat meledaknya drama, lagu yang dijadikan soundtrack juga mendapatkan banyak dampak positif. Salah satu dampaknya adalah mengantarkannya menjadi OST drama terbaik pada ajang Mnet Asian Music Awards.

10. Boys Before Flower: ‘Paradise’ – T-Max 

Seperti yang kita tahu, “Boys Before Flower” merupakan drakor lama dengan pemain bertabur bintang. Tak hanya sukses di masanya, ‘Paradise’ milik T-Max ini menjadi soundtrack yang tidak habis terkikis zaman. 

Meskipun merupakan lagu lama, ‘Paradise’ tetap bisa didengarkan dan familiar di era modern seperti saat ini.

11. Vincenzo: ‘Adrenaline’ – Solar Mamamoo

Terakhir, ada lagu berjudul ‘Adrenaline’ yang dibawakan oleh Mamamoo. Jika dilihat dari judulnya,  ‘Adrenaline’ sangat melekat dengan kehidupan seorang mafia yang menyukai tantangan. Selain cocok dengan drama “Vincenzo”, lagu tersebut juga baik didengarkan untuk membangkitkan semangat pendengarnya.

Penutup

Nah, itulah beberapa OST drakor terbaik menurut Vocasia. Berbagai macam genre dan feel lagu dapat kamu dengarkan melalui referensi beberapa OST di atas. Agar feel-nya lebih terasa, kamu harus menyaksikan dramanya juga.

Ternyata, masih banyak lagu-lagu yang tetap eksis meskipun berasal dari drakor keluaran lama. Dapat disimpulkan bahwa tiap OST akan melekat di hati masing-masing penikmatnya. Jadi, apa OST drakor terbaik versi sobat?

Baca juga: 7 Minuman Khas Korea yang Populer, Apa Saja ya?

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *