Tanggal:04 May 2024

7 Minuman Khas Korea yang Populer, Apa Saja ya?

Kalian pecinta Korea? Sedang tergila-gila dengan budayanya? Wah, pasti juga tahu berbagai jenis kulinernya, ya. Apalagi makanan dan minuman yang sering ditayangkan pada siaran drama maupun filmnya. Ternyata minuman Korea sendiri terdapat dua kategori, loh. Ada minuman khas tradisional dan modern, tetapi minuman tradisional tak kalah enaknya jika dikonsumsi.

Banyak sekali manfaatnya yang berguna bagi kesehatan. Untuk minuman buah biasanya disajikan dengan makanan penutup. Selain itu, terdapat minuman yang dibuat dalam bentuk teh di dalamnya terdapat ramuan yang jika dikonsumsi secara rutin kesehatan akan terjaga.

Nah, bikin kepo banget dan ingin mencicipinya, bukan? Pasti rasanya yang enak akan membuat siapa saja ketagihan dan ingin minum terus. Bagi kalian yang belum tahu minuman populer Korea, tenang aja! Vocasia kali ini akan kasih rekomendasinya. Yuk, simak terus sampai akhir.

7 Minuman Korea yang Paling Populer

Minuman Korea memiliki cita rasa yang unik. Bila kalian sedang travelling di negara Ginseng ini, wajib banget untuk mencicipi. Berikut rekomendasinya:

1. Sujeonggwa

Minuman Sujeonggwa (Google)

Sujeonggwa merupakan minuman pencuci mulut. Bahan dasar minumannya ada jahe rebus, merica, dan kayu manis. Kemudian madu, gula merah dengan kesemek kering ditambahkan, lalu dilarutkan dalam cairan untuk memberikan rasa lebih hangat. Minuman ini cocok dinikmati saat musim gugur. Sujeonggwa bisa juga disajikan dingin dan dihiasi dengan beberapa buah pinus. Untuk rasa keseluruhan, minuman ini sangat manis dan menyegarkan.

2. Yulmu

Minuman Yulmu (Pixebay)

Jika kalian melihat bentuk minuman ini, pasti akan mengira minuman ini adalah susu ataupun sereal. Sebenarnya Yulmu-Cha itu sejenis teh, lho. Bahan dasar teh ini antara lain kenari, gandum, almond, dan beberapa kacang lainnya. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan dibentuk menjadi adonan. Untuk menyajikannya, kalian hanya perlu mencampurnya dengan air panas. Di Korea, minuman ini biasanya dikemas dalam sachet dan bisa ditemukan di beberapa toko.

3. Sikhye

Minuman Sikhye (Google)

Minuman Korea ini merupakan salah satu minuman khas tradisional yang sering muncul di drama korea. Baru-baru ini, digunakan sebagai nama pasangan untuk dua karakter utama drama Hometown Cha-Cha dengan peran Hong Du Shik dan Yoon Hye Jin. Pada dasarnya, Sikhye terbuat dari tepung barley malt (tepung gandum) atau yeotkireum dalam bahasa Koreanya. Serbuk tersebut dilarutkan dalam air panas, kemudian disaring hingga mengendap. Larutan berair tersebut kemudian dituangkan ke dalam nasi yang telah direbus. Hasil rebusan ini disebut sikhye. Orang Korea biasanya membuat sikhye menggunakan rice cooker atau penanak nasi. Untuk memiliki rasa yang manis, kalian bisa menambahkan gula atau madu. Setelah matang, rebusan sikhye biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Rasanya yang sangat ringan dan manisnya yang tidak terlalu berlebihan membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang.

4. Nok-Cha

Minuman Nok-Cha (Google)

Negeri Ginseng juga menawarkan minuman teh hijau bernama Nok Cha. Tentunya karena bahan dasar teh hijau yang alami, minuman ini memiliki banyak sekali manfaat. Manfaatnya antara lain seperti kemampuan melawan berbagai kanker, mengurangi lemak, dan menurunkan kolesterol.

Tidak hanya sebagai bahan untuk membuat minuman, Nok Cha juga bisa menjadi bahan olahan jika ingin membuat kue atau es krim. Jika kalian berkunjung ke Korea, ada tempat bernama Kuil Ssanggyesa yang paling terkenal dengan perkebunan teh hijaunya. Kalian bisa mencicipi Nok Cha di sana serta membelinya sebagai oleh-oleh.

Baca juga: Rekomendasi Drama dan Film Zombie Korea Paling Seru!

5. Soju

Minuman Soju (Pixebay)

Soju adalah minuman tradisional Korea yang sangat populer, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Bahkan dalam drama Korea selalu menampilkan seseorang atau salah satu karakter yang meminum soju. Sepintas penampilannya menyerupai sake, minuman khas dari Jepang. Hal yang membedakan keduanya hanya proses pembuatannya.

Mirip dengan sikhye, soju adalah minuman yang difermentasi. Bahan yang digunakan adalah beras soju sendiri memiliki berbagai macam alkohol mulai dari 10% hingga 25%. Kandungan alkohol biasanya tergantung pada merek yang memproduksinya.

Dulu soju hanya memiliki satu rasa atau original. Kini soju hadir dalam berbagai rasa yang menggugah selera termasuk rasa apel, lemon, dan semangka. Soju tidak memiliki warna yang sama dengan air. Minuman soju di Korea dijual Rp 10.000, sedangkan di Indonesia harganya Rp 100.000.

6. Banana Milk

Minuman Banana Milk (Google)

Jika kalian sedang mampir atau berlibur ke Korea, minuman ini menjadi favorit sejak pertama mencobanya. Susu rasa pisang atau biasa dikenal dengan banana milk dikenal dengan rasa yang khas dan kemasan yang menarik.

Tahukah kalian bahwa minuman produk Binggrae ini sudah ada sejak tahun 1970, lho! Jika ingin diberikan sebagai oleh-oleh, bisa banget karena relatif mudah ditemukan karena banyak dijual di supermarket di Korea dengan harga sekitar 1.200 won. Meskipun namanya Banana Milk, perlu dicatat bahwa ada banyak rasa. Dari melon, stroberi, dan lain-lain

7. Makgeolli

Minuman Makgeolli (Pixebay)

Seperti kebanyakan negara Asia, beras merupakan bagian integral penting dari kehidupan sehari-hari orang Korea. Selain dibuat menjadi makanan, beras juga dibuat menjadi minuman fermentasi, termasuk makgeolli. Minuman fermentasi tradisional ini berwarna putih susu dan mengandung sekitar 6% alkohol. Makgeolli kini sudah diproduksi banyak, dijual murah, dan bisa dibeli dari pasar kecil hingga supermarket. Namun baru-baru ini, menurut Korea Herald, makgeolli buatan tangan mulai berkembang dan membuat makgeolli menjadi modis. Wajar jika minuman ini identik dengan penggemar paruh baya.

Versi modern dari Makgeolli terdiri dari berbagai rasa seperti rasa buah, tekstur halus, dan kemasan premium. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian anak muda Korea yang lebih akrab dengan bir dan anggur soju. Variasi lainnya adalah makgeolli dengan kandungan alkohol yang lebih rendah. Menurut berbagai informasi, strategi ini berhasil. Makgeolli buatan tangan dianggap mahal sepuluh kali lebih lipat daripada makgeolli produksi massal yang dijual di supermarket. Saat ini makgeolli semakin menarik perhatian anak muda.

Itulah informasi mengenai minuman Korea terpopuler. Dari penjelasan di atas, mana saja nih yang ingin kalian cicipi? Semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info dari Vocasia!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *