Tanggal:29 April 2024

Panduan Remote Server: Apa Itu dan Bagaimana Cara kerjanya

Apa itu remote server?

Manajemen server jarak jauh menyediakan kemampuan pemantauan dan administrasi 24/7 untuk server Anda dari lokasi dan perangkat mana pun. Anda dapat mengakses host dari jarak jauh, menjalankan perintah, memantau status ketersediaannya, meningkatkan peringatan tentang peristiwa sistem penting, dan menerapkan pembaruan dan konfigurasi perangkat lunak dari perangkat jarak jauh.

Pemantauan dan pelaporan jarak jauh memungkinkan Anda melihat kinerja host jarak jauh Anda dalam hal ketersediaan, penggunaan, dan kinerja. Mereka menyediakan kemampuan yang berbeda untuk memungkinkan Anda mengelola server dari jarak jauh dengan cara yang berbeda.

Jenis Remote Servers

Di perusahaan Anda, Anda mungkin memiliki berbagai jenis server. Manajemen server harus memungkinkan Anda untuk menangani beberapa jenis server jarak jauh:

  • Server Windows: Server yang menjalankan sistem operasi Windows. Itu bisa menjadi hosting beberapa komponen perangkat lunak yang berbeda seperti Microsoft Exchange, SharePoint, SQL Server, dll.
  • Server Linux: Server yang menjalankan sistem operasi Linux, seperti CentOS, Ubuntu, dan RHEL. Server Linux menghosting aplikasi web seperti tumpukan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) atau proyek pengembangan perangkat lunak.
  • Server Unix: Server yang menjalankan Unix atau variannya. Server jarak jauh ini biasanya ditemukan menghosting aplikasi bisnis penting, database, dan beban kerja penting lainnya.
  • Mainframe: Ini adalah perangkat komputasi yang kuat untuk melakukan tugas-tugas kompleks dengan sejumlah besar data. Sistem ini telah ada selama beberapa dekade di perusahaan besar seperti perusahaan telekomunikasi atau lembaga keuangan.

Apa Manfaatnya?

Solusi manajemen server jarak jauh menjadi semakin populer karena kemampuannya untuk menjaga server jarak jauh tetap terkendali setiap saat, dan mereka memberikan beberapa manfaat.

Pertama dan terpenting, mereka memungkinkan pemantauan real-time dari server jarak jauh dan peringatan untuk peristiwa penting. Ini membantu memastikan bahwa Anda tidak melewatkan waktu henti. Jika tidak, Jika salah satu server jarak jauh Anda mati, itu bisa tetap tidak diperhatikan selama berjam-jam atau berhari-hari. Itu kemudian menghasilkan kerugian besar bagi bisnis Anda.

Kedua, mereka menyediakan akses aman ke server perusahaan dari komputer jarak jauh dan perangkat seluler. Mereka juga memberi mereka kontrol yang diperlukan untuk memberikan dukungan. Administrator dapat melakukan tindakan dengan cepat, artinya mereka menyelesaikan masalah dalam hitungan detik. Ini bermanfaat saat menangani insiden di mana detik penting (misalnya, pelanggaran data). Jika Anda menyelesaikan masalah dengan cepat, pelanggan tidak akan merasa terganggu. Ini juga membantu membangun kepercayaan antara perusahaan Anda dan pelanggan.

Ketiga, mereka melindungi data bisnis dari virus, malware, dan ancaman lainnya.

Dan terakhir, mereka mendukung eksekusi otomatis tugas terjadwal seperti reboot, pembaruan perangkat lunak, dll., Di server jarak jauh di berbagai platform. Ini berarti lebih sedikit sakit kepala bagi staf TI. Menyelesaikan masalah akan dilakukan 24/7 terlepas dari lokasi atau platform server, yang sangat penting untuk mempertahankan hal-hal yang penting bagi bisnis dan pelanggan, seperti waktu aktif.

Mengapa Anda Perlu Mengelola Server dari Jarak Jauh?

Manajemen server jarak jauh memungkinkan administrator jarak jauh untuk mengelola server meskipun mereka tidak berada di dekatnya secara fisik. Dengan manajemen jarak jauh, lebih mudah bagi organisasi untuk memiliki pusat data sendiri, kantor cabang yang terdistribusi secara geografis, dan situs lepas pantai. Pimpinan tidak perlu khawatir tentang administrasi lokal server jarak jauh.

Program semacam itu juga mengurangi gangguan dalam operasi bisnis Anda sehari-hari, seperti pelanggaran data. Karena mengelola server dari jarak jauh memungkinkan karyawan Anda untuk merespons dengan cepat dan efisien, ini akan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan sebagian besar masalah sebelum menjadi insiden besar dan menghemat uang dan reputasi perusahaan Anda.

Manajemen server jarak jauh memungkinkan Anda untuk menangani kegagalan sistem yang disebabkan oleh kesalahan perusahaan atau oleh pelanggan, pesaing, penyedia layanan, atau lingkungan eksternal. Akibatnya, mereka meminimalkan konsekuensi yang tidak diinginkan bagi pelanggan dan pelanggan Anda.

Praktik Terbaik untuk Manajemen Remote Server

Saat menerapkan manajemen server jarak jauh, ada beberapa praktik terbaik yang harus Anda ingat. Anda harus memperlakukan perangkat lunak manajemen server Anda sebagai bagian dari infrastruktur Anda. Pastikan server jarak jauh Anda selalu memiliki pembaruan dan tambalan terbaru. Selain itu, ingatlah praktik berikut:

  • Keamanan: Server jarak jauh yang Anda kelola harus aman dan terisolasi dari jaringan lainnya bila memungkinkan. Jangan abaikan keamanan setelah menerapkan manajemen server jarak jauh.
  • Manajemen pemadaman: Ketersediaan host jarak jauh tidak selalu dijamin. Rencanakan pemadaman host setiap kali Anda menerapkan solusi untuk mengelola server dari jarak jauh.
  • Otentikasi multifaktor: Seorang peretas yang mendapatkan akses ke akun Anda dengan eksekusi perintah jarak jauh yang diaktifkan dapat menyebabkan konsekuensi yang parah. Anda perlu mengamankan akun Anda dengan otentikasi dua faktor dan memerlukan kata sandi akun yang kuat.
  • Firewall: Anda harus membatasi akses ke server jarak jauh dari internet dengan bantuan firewall.
  • Manajemen biaya: Layanan yang mengelola server dari jarak jauh jarang gratis. Anda harus selalu memastikan bahwa Anda memahami berapa biayanya sebelum menerapkannya.
  • Auditing: Sebagian besar perangkat lunak manajemen server jarak jauh menyediakan kemampuan audit (untuk melacak siapa yang melakukan tindakan apa pada host jarak jauh). Anda harus mengaktifkan audit akun jarak jauh, karena ini memberdayakan Anda untuk memastikan pengguna jarak jauh Anda berperilaku seperti yang diharapkan. Sistem akan mencatat semua perintah jarak jauh yang mereka jalankan untuk referensi Anda di masa mendatang.
kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *