Tanggal:25 April 2024
firewall adalah

Apa itu Firewall? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Firewall adalah salah satu solusi efektif untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan keamanan komputer. Kita semua tahu bahwa sekarang dunia teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Di tengah-tengah perkembangan itu, muncul juga beberapa permasalahan mengenai keamanan perangkat komputer.

Bagi pengguna Windows mungkin sudah tidak asing dengan sistem firewall. Sistem yang memiliki ikon tembok bata berwarna merah ini memiliki fungsi dan kelebihan yang cukup kompleks. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lebih detail terkait firewall. Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: URL: Sudah Tahu Pengertian dan Bagian-bagiannya?

Pengertian Firewall            

firewall

Source: pixabay

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk melindungi komputer dari beragam virus, malware, spam, dan beberapa serangan lainnya. Sistem ini akan memonitor dan mengontrol akses keluar masuk jaringan berdasar aturan keamanan yang ditetapkan. Firewall mencegah adanya akses ilegal dari jaringan pribadi (private network).

Sistem firewall akan meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan seperti LAN atau internet. Firewall adalah bagian integral dalam keamanan kemprehensif untuk jaringan. Penting untuk mengaktifkan layanan firewall sebagai perlindungan awal perangkatmu agar terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: IP Address: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Fungsi Firewall

Terdapat banyak sekali keunggulan dan fitur yang dimiliki oleh sistem firewall. Berikut akan dijelaskan beberapa fungsi terkait penerapan firewall pada perangkatmu.

1. Melindungi data dari Hacker

Peluang hacker untuk melakukan peretasan data akan semakin besar apabila kamu tidak rajin mengontrol aktivitas dalam mengakses internet. Maka dari itu, penting bagimu untuk mengaktifkan firewall agar tetap nyaman dan aman ketika berselancar di internet.

2. Memonitor layanan Bandwidth

Sistem firewall berguna untuk membatasi dan mengontrol penggunaan layanan bandwidth. Kamu bisa mengatur konten apa saja yang cocok dan sesuai dengan minatmu. Konten tersebut dapat berupa gambar, video, musik, dan hiburan lainnya.

3. Mengakses layanan VPN

Firewall memfasilitasi layanan VPN (Virtual Private Network). Fungsi VPN adalah untuk mengakses beberapa konten atau website yang diblokir provider. Hal itu akan meningkatkan produktivitas serta sistem data sharing.

Baca juga: Cybercrime: Pengertian, Jenis dan Contoh

Cara Kerja Firewall

Terdapat tiga metode dalam firewall untuk mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari internet. Ketiga metode tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Penyaringan paket (filtering)

Metode ini menggunakan paket yang berupa potongan kecil data untuk dianalisis dalam satu set filter. Paket yang lolos filter nantinya akan dikirim ke sistem yang diminta. Sementara paket yang tidak lolos filter akan dibuang.

2. Proxy service

Melalui metode proxy, firewall akan mengambil informasi di internet untuk dikirimkan ke sistem yang diminta. Proses tersebut akan terus berlanjut sesuai dengan layanan proxy yang ditetapkan.

3. Inspeksi stateful

Metode ini terbilang cukup baru. Sistem ini akan membandingkan bagian kunci tertentu dari paket dengan basis data yang terpercaya. Informasi dari firewall itulah yang akan menentukan karakteristik dan menghasilkan kecocokan yang masuk akal.

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS

Itu dia ulasan mengenai firewall mulai dari pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. Semoga informasi di atas dapat menjawab pertanyaanmu akan firewall. Jangan lupa mengaktifkan firewall untuk memastikan keamanan pada perangkatmu.

Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Ikuti Vocasia di Instagram, Twitter, Youtube, serta media sosial lainnya! Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan kursus untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai bidang.

Dengan bergabung bersama Vocasia, kamu akan mendapatkan kesempatan belajar bersama para mentor yang ahli di bidangnya. Segera daftarkan diri untuk mendapatkan kursus dengan harga yang terjangkau hanya di Vocasia!

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *