Tanggal:28 April 2024

Mengenal Payment Gateaway, Ketahui Manfaat dan Cara Kerjanya

Dewasa ini, hampir seluruh kegiatan manusia dibantu secara maksimal oleh adanya teknologi. Jenis teknologi yang sangat memudahkan dan mengalami pembaruan terus-menerus adalah teknologi digital. Bahkan, teknologi digital juga telah mengubah sedikit banyak gaya hidup manusia.

Salah satu kegiatan yang berubah dan semakin maju akibat implementasi kecanggihan tersebut adalah jual beli. Kegiatan jual beli menjadi sangat mudah dan praktis. Pembeli dan penjual tidak diharuskan bertatap muka secara langsung atau melalui online. Sehingga, jual beli dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Selain praktis, nyatanya marketplace dan e-commerce juga memiliki kelebihan lain seperti variasi barang yang beragam. Bahkan, beberapa barang yang tidak mudah ditemukan di toko atau mal dapat secara mudah dimiliki.

Ternyata, tak hanya mekanisme jual beli saja yang berinovasi secara terus-menerus. Cara pembayaran dan manajemen keuangan juga terkena dampak kecanggihan teknologi digital. Seperti halnya payment gateway yang digunakan sebagai metode pembayaran jual beli online secara resmi.

Apa itu payment gateway? Apa saja fungsi dan manfaatnya? Bagaimana cara kerjanya? Kamu akan mendapat jawaban dari pertanyaan di atas pada pembahasan di bawah ini. Jika tertarik, simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Petty Cash: Pengertian, Tujuan, Metode, dan Dokumennya

Apa itu Payment Gateway?

Definisi Payment Gateway (Source: pixabay)

Bagi para millenial dan generasi-generasi setelahnya, tentu tak asing dengan jual beli online. Apalagi banyak platform berbasis e-commerce dan marketplace yang dapat diakses dengan mudah. Bahkan, hanya dengan satu kali tekan, barang yang diinginkan akan sampai dengan sendirinya.

Biasanya, metode pembayaran dalam kegiatan tersebut terdiri atas beberapa jenis. Ada yang dapat dilakukan secara langsung atau bayar di tempat, melalui trasfer ATM, dan menggunakan payment gateway. 

Beberapa orang tentu asing dengan istilah tersebut. Padahal banyak dari mereka yang kerap menggunakan metode ini saat melakukan pembayaran. Sistem pembayaran ini dilakukan tanpa membutuhkan nomor rekening dan wesel. Pengguna dapat bertransaksi dengan akun yang memiliki nominal virtual. 

Secara sederhana, payment gateway adalah sistem pembayaran virtual yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya. Contohnya seperti BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI. Untuk melakukannya, dibutuhkan bantuan internet dan sistem penunjang sebagai berikut:

  1. Address Verification System atau alamat tagihan seperti nomor telepon, email, kartu kredit, atau alamat penagihan lainnya.
  2. Security Code atau kode yang dikirimkan pada addres verification untuk dapat masuk dan dikonfirmasi secara resmi. 
  3. 3D Secure Password, sistem keamanan berlapis untuk memastikan hanya pemilik alamat penagihan yang bisa melakukan transaksi.

Baca juga: Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer di Indonesia

Manfaat Payment Gateway

Metode pembayaran canggih ini memberi banyak manfaat di antara kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual. Berikut adalah manfaat-manfaat yang akan didapatkan saat menerapkan metode tersebut:

    1. Melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.
    2. Dapat menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online.
    3. Cepat dan aman untuk transaksi massal.
    4. Aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway memiliki teknologi fraud detection.
    5. Dapat melakukan transaksi tanpa perlu membuka website pihak ketiga untuk melakukan transaksi.
    6. User friendly.

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, dan Manfaat

Cara Kerja Payment Gateway

Ilustrasi Cara Kerja Payment gateway(Source: pixabay)

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi penjual dan pembeli, nyatanya cara kerja payment gateway tidaklah rumit. Bahkan, tampilan dashboard yang user friendly sangat mempermudah mekanisme pembayaran dengan metode tersebut. Berikut adalah cara kerja metode payment gateway:

  1. Pertama, pembeli melakukan window shopping.
  2. Setelah itu, pembeli akan memilih produk dan menuju ke menu pembayaran.
  3. Pembeli diharuskan memilih jenis metode pembayaran payment gateway seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
  4. Setelah itu, payment gateway akan meneruskan informasi proses pembayaran yang dipilih pembeli kepada pihak atau lembaga payment gateway yang digunakan. 
  5. Kemudian, prosesor pembayaran akan menyampaikan informasi terjadinya payment gateway kepada asosiasi penerbit kartu dan juga menghubungkan ke bank-bank yang bekerja sama dengan payment gateway.
  6. Setelah seluruh informasi divalidasi, asosiasi penerbit akan mengirimkan kode khusus ke prosesor pembayaran. 
  7. Setelah kode pembayaran diterima dan dikonfirmasi, payment gateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. 
  8. Terakhir, payment gateway akan meneruskan informasi ke merchant pemasang dan transaksi jual beli pun sukses dilakukan. 

Penutup

Kini kamu telah sampai pada penghujung artikel. Jika membacanya dengan cermat dari awal hingga akhir, tentu kamu akan memahaminya dengan sangat baik. Pemahaman tersebut dapat kamu gunakan untuk mengimplementasikan metode pembayaran payment gateway dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Tak hanya itu, kemudahan mekanisme kerja dan juga manfaat yang ditawarkan dari metode ini secara tidak langsung membuat transaksi online menjadi semakin dominan pada masa yang akan datang. Semoga artikel ini cukup membantu, ya!

Baca juga: Apa itu Split Bill? Metode Pembayaran yang Sering Jadi Masalah Saat Kencan Pertama, ini Solusinya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *