Tanggal:13 May 2024

Pentingnya Pelatihan UMKM, Ternyata Ini Manfaat dan Jenisnya!

Di tengah pesatnya persaingan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang biasanya kita sebut UMKM. Pastinya para pelaku UMKM harus memiliki skill dan keterampilan yang mumpuni untuk bisa bersaing di tengah tengah pasar UMKM. Oleh karena itu, untuk mengembangkan skill para pelaku UMKM dibutuhkan berbagai pelatihan yang mampu menunjang dan mengembangkan kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Sebab UMKM merupakan salah satu pengaruh yang cukup besar dalam menggerakkan serta meningkatkan perekonomian di Indonesia. Menurut survei Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan Badan Pusat Statistik (2016) bahwa industri ekonomi kreatif di Indonesia pada tahun 2015 lalu tercatat menyumbangkan Rp. 852 triliun kepada pendapatan domestic bruto (PDB) nasional, dan di tahun 2016 tercatat naik mencapai Rp. 922,58 triliun dengan nilai kontribusi terhadap PDB nasional sebesar 7,44 persen.

Apalagi ditambah dengan pelaku-pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya melalui e-commerce. Pastinya UMKM ini sangat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM, hal ini akan menunjang keberlangsungan UMKM di Indonesia. Serta membantu untuk membenahi masalah-masalah yang ada seperti aspek manajemen sampai permodalan yang dibutuhkan.

Lalu, apa saja manfaat lain yang didapatkan oleh pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan khusus? Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat apa saja yang didapatkan dan jenis pelatihan yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM. Yuk, simak artikel ini selengkapnya jangan sampai ada yang terlewat!

Manfaat Pelatihan UMKM

1) Pengelolaan keuangan yang optimal

Seperti yang kita ketahui, modal UMKM tidaklah besar, itu sebabnya harus dikelola secara optimal agar tidak mengalami kerugian. Dengan mengikuti pelatihan kalian akan diajarkan bagaimana caranya membuat pembukuan yang benar, sederhana, terstruktur, alur keluar masuk, dan juga pengelolaan keuangan yang optimal. Sehingga pelaku UMKM bisa mengukur perkembangan usaha dan menghitung keuntungan dengan baik.

2) Meningkatkan kesadaran akan teknologi baru

Di masa sekarang ini, teknologi semakin berkembang sehingga para pelaku usaha pun dipaksa untuk melakukan inovasi. Adanya media sosial atau marketplace adalah wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Seiring dengan optimalnya penggunaan teknologi, usaha mereka akan semakin maju dan dikenal oleh masyarakat luas. Melalui pelatihan UMKM kamu akan diajari bagaimana mengoptimalkan e-commerce, media sosial, dan marketplace.

3) Meningkatkan produktivitas

Melalui pelatihan bisnis terutama peningkatan keterampilan, pemilik UMKM diajarkan untuk meningkatkan produktivitas produksi sehingga didapatkan hasil yang optimal. Kamu akan diajarkan bagaimana cara memecahkan persoalan yang kerap dihadapi pelaku usaha, sehingga masalah tersebut tidak mengganggu produksi. Potensimu akan digali untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

4) Berbagi Pengalaman

Dengan mengikuti pelatihan kamu akan mendapatkan pengalaman baru dari mentor maupun sesama pelaku UMKM. Cerita dari para mentor terkait pengalaman mereka menghadapi masalah dan solusinya akan menambah pengetahuanmu. Mereka juga akan membantumu menyusun strategi bisnis untuk menjalankan usahamu.

5) Meningkatkan Kualitas Usaha

Selain meningkatkan kualitas produk hal lain yang harus diperhatikan juga adalah jaminan keselamatan kerja bagi karyawan.Usaha kecil bukan berarti tanpa resiko kerja. Melalui pelatihan bisnis, pelaku usaha akan tahu pentingnya mencegah kecelakaan kerja. Apalagi usaha kecil yang modalnya tidaklah besar, melalui pelatihan, risiko kecelakaan kerja bisa diminimalisir.

Jenis-Jenis Pelatihan UMKM

1) Pelatihan UMKM Kelas Online

Salah satu pelatihan UMKM yang sekarang-sekarang ini sedang naik daun adalah Pelatihan UMKM melalui kelas online. Sejak adanya pandemi segala kegiatan pun dilakukan secara online begitu juga dengan kelas-kelas pelatihan online bagi para UMKM. Pelatihan online bisa dilakukan melalui Zoom, Meet, webinar, dan lain-lain. 

Salah satu keuntungan pelatihan UMKM online adalah kepraktisannya untuk belajar dari mana saja. Salah satu platform yang menyediakan pelatihan bagi para UMKM adalah Vocasia. Vocasia sendiri menyediakan berbagai kelas bagi para UMKM mulai dari “Kiat Sukses Berbisnis UMKM” sampai “Scale-Up Miracle: Formula Sukses Melipatgandakan Bisnis Bagian Dari: Success Miracle Series from The CEO”. 

2) Pelatihan Interaktif

Pelatihan interaktif bisa diberikan secara online dan offline. Tentunya pelatihan interaktif ini dilakukan dengan dialog dan diskusi antar-peserta. Peserta bisa saling berbagi pengalaman dan memberikan solusi jika ada peserta lain yang memiliki kendala dalam menjalankan usaha.

3) Pelatihan Langsung

Selanjutnya adalah pelatihan langsung. Pelatihan ini mengharuskan peserta untuk belajar sekaligus bekerja. Artinya, ilmu yang diberikan langsung dipraktikkan saat itu juga.

Nah, bagi Sobat Vocasia yang ingin mengikuti kursus online, kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas banyak hal tentang Digital Marketing, UI/UX Design, Introduction to Digital Marketing, Strategic Digital Marketing, Web Development, Data Analysis, Social Media Specialist, Personal Development, Career Development dan materi-materi yang mengedukasi lainnya. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung aja daftar, yaitu caranya langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *