Tanggal:15 May 2024

Penerapan Metode Penelusuran Data Online dalam Penelitian

Dalam penelitian kualitatif, tentu diperlukan yang namanya pengumpulan data untuk menyusun sebuah laporan penelitian. Berdasarkan manfaat empiris, bahwa metode pengumpulan data kualitatif yang paling independen. Terhadap semua metode pengumpulan data, dan teknik analisis data. Salah satunya adalah metode penelusuran data online. Menurut sumber buku Penelitian Kualitatif edisi ke-2 (2007). Berikut adalah penjelasan mengenai metode penelusuran data online dalam penelitian kualitatif. Simak dibawah ini, ya!

Baca juga : Metode Dokumentasi dalam Penelitian Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Metode Penelusuran Data Online

Perkembangan internet yang sudah semakin maju pesat. Telah serta mampu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat saat ini. Salah satunya adalah memungkinkan para akademisi mau ataupun tidak menjadikan media online. Seperti internet sebagai salah satu medium atau ranah yang sangat bermanfaat bagi penelusuran berbagai informasi. Mulai dari informasi teoritis maupun data-data primer maupun sekunder yang diinginkan oleh peneliti untuk kebutuhan penelitian.

Pada mulanya banyak kalangan akademisi meragukan validitas data online. Sehubungan apabila data atau informasi itu digunakan dalam karya-karya ilmiah. Misalnya seperti penelitian, karya tulis, skripsi, tesis, maupun disertasi. Namun ketika media Internet berkembang begitu pesat dan sangat akurat. Alhasil keraguan itu menjadi sirna kecuali bagi kalangan akademisi konvensional-ortodoks. Yang kurang memahami perkembangan teknologi informasi sajalah, yang masih mempersoalkan akurasi media online. Sebagai sumber data maupun sumber informasi teori.

Berkaitan dengan itu, metode penelusuran data online yang dimaksud adalah tata cara melakukan penelusuran data. Melalui media online seperti internet atau media lainnya yang menyediakan fasilitas online. Sehingga memungkinkan peneliti dapat memanfaatkan data-informasi online yang berupa data maupun informasi teori. Secepat atau semudah mungkin, serta dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.

Prosedur terpenting pada penggunaan metode ini adalah penyebutan sumber data dan kapan ia melakukan browsing. Baik itu informasi teori maupun data, penyebutan sumber menjadi sangat penting. Penulisan sumber data atau teori harus dilakukan secara lengkap agar tidak terjadi kebingungan penelusuran kembali sumber data yang digunakan. Seperti umpamanya ketika menyebut www.kopertis4/file/artikel/245.doc. Maka semua huruf maupun titik, koma, dan sebagainya tidak boleh ada yang tertinggal. Karena apabila tertinggal maka dapat dipastikan pembaca akan kesulitan melakukan penelusuran kembali pada sumber data informasi yang disebutkan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai penerapan metode penelusuran data online dalam penelitian. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa baca postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif, Beserta Penjelasannya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *