Tanggal:05 May 2024

Mengenal Crowdfunding, Pengertian dan Cara Kerjanya!

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah crowdfunding? Ya, tentu saja crowdfunding berkaitan dengan bentuk pendanaan. Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan untuk pengembangan usaha. Pendanaan tersebut umumnya terkumpul dari beberapa orang. Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online. Kamu bisa memanfaatkan sebuah platform atau media sosial crowdfunding sebagai alat menjangkaunya. Upaya pendanaan ini tentu saja untuk membantu kamu yang sedang membutuhkan bantuan pengembangan usaha.

Kamu tentu saja dapat lebih mengenal istilah crowdfunding secara kolektif. Crowdfunding juga memiliki salah satu bentuk lain yakni crowdsourcing. Crowdsourcing merupakan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM pemula. Crowdfunding secara umum adalah bentuk pendanaan secara kolektif untuk membantu kemajuan usaha. Kamu bisa menjadikannya sebagai momentum kebangkitan untuk usaha yang sedang mengalami kesulitan dana, ya. Crowdfunding memiliki cara kerja tersendiri, loh. Yuk, simak!

Baca Juga: Cara Membuat Startup

1. Membuat proposal usaha 

https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-wanita-di-pertemuan-3811082/

Kamu dapat membuat proposal usaha secara menarik agar orang lain tertarik menanamkan dananya. Proposal usaha dapat kamu buat secara informatif dan interaktif. Kamu perlu menginformasikan detail usaha secara jelas. Proposal yang dibuat harus mampu menjawab pertanyaan pembaca saat hendak menanamkan dana.  Kamu juga bisa meningkatkan interaktivitas dengan mencantumkan detail kontak yang dapat dihubungi.

Kamu bisa memberikan gambaran informasi seputar usaha yang sedang dijalankan. Informasi tersebut seperti halnya jenis usaha, proses manajemen, proses pemasaran, hingga tujuan utama dari usaha yang dijalani. Kamu dapat menyajikannya melalui teks, tulisan, gambar maupun video. Hal ini tentu akan menunjang pemahaman orang lain saat memahami isi proposal. Berbagai bentuk dapat kamu cantumkan agar lebih menunjang sisi interaktivitas juga.

Baca Juga: Tips Membuat Bisnis Untuk Startup Pemula

2. Mendaftarkan ke platform crowdfunding

https://www.pexels.com/id-id/foto/silver-imac-apple-magic-keyboard-dan-magic-mouse-di-meja-kayu-38568/

Kamu bisa memanfaatkan media sosial atau platform crowdfunding untuk menemukan dana. Pastikan proposal yang kamu buat sudah jelas dan detail, ya. Hal itu supaya orang lain dengan mudah dapat menangkap isi pesan didalamnya. Kamu dapat mencari platform crowdfunding yang terpercaya dan memiliki regulasi yang resmi. Pelajari terlebih dahulu platform tersebut sebelum memutuskan untuk terjun mencari pendanaan. Tentunya agar segala proses transaksi yang dilakukan lebih aman dan terpercaya.

Saat kamu mendaftar ke platform crowdfunding, pastikan kamu sudah memahami seluk-beluk didalamnya. Kamu perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Segala macam persoalan legal terkait platform harus kamu ketahui supaya kamu merasa aman dan nyaman menggunakannya. Tentu kamu tidak ingin menimbulkan risiko buruk, bukan? Semuanya dapat kamu minimalisir dengan melakukan pengecekan sebelum mendaftarkan usaha yang dimiliki.

3. Memantau perkembangan proposal yang diajukan

https://www.pexels.com/id-id/foto/hotel-laptop-internet-macbook-5615067/

Setelah kamu memilih sosial media atau platform crowdfunding, pastikan semua berkas terunggah, ya. Jangan sampai ada yang tertinggal. Hal ini akan membuat orang lain yang akan menanamkan dana kesulitan memahami usaha kamu secara penuh. Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan dari proses pengajuan. Kamu dituntut untuk lebih sering memantau agar mampu menjawab pertanyaan bagi orang yang hendak menanamkan modal. 

Saat kamu menemukan pertanyaan, segera mejawabnya dengan detail. Berikan informasi selengkap mungkin agar pemilik modal dapat memahaminya dengan tepat. Kejelasan jawaban sangat menjadi ujung tombak pemilik modal untuk menanamkan dana kepada kamu. Kamu perlu memastikan informasi seputar usaha diberikan secara jelas dan tidak multitafsir. Hal ini akan lebih mudah menarik pemilik modal untuk membantu kamu menanamkan dana pengembangan usaha.

Search Lebih Banyak : Inilah 5 Cara Mudah Mendapatkan Pendanaan Startup

Crowdfunding dapat kamu jadikan solusi untuk mendapatkan pendanaan. Kamu bisa memperoleh dana berdasarkan tiga step di atas. Secara kolektif dana dapat dikumpulkan dan diterima untuk membantu kamu. Terus pantau platform crowdfunding untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan, ya. Perbanyak dan perluas informasi seputar usaha yang kamu geluti dalam rincian proposal. Kamu harus memastikan kebutuhan informasi untuk memperoleh pendanaan tercukupi dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai crowdfunding dan cara kerjanya. Kamu dapat mengambil langkah antisipatif sebelum memutuskan mencari pendanaan. Pelajari dan olah berbagai informasi lebih dulu. Jangan gegabah dalam memutuskan sesuatu. Pastikan seluruh akses crowdfunding yang kamu gunakan aman. Kamu dapat mencari dana lebih nyaman dan tenang. Usaha pun memiliki peluang maju ke depan.  Semoga bermanfaat!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *