Tanggal:18 May 2024
MATEMATIKA BISNIS ADALAH

Matematika Bisnis : Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Karier

Apakah Anda pernah mendengar mengenai matematika bisnis? Seperti yang kita tahu, matematika dan bisnis merupakan dua ilmu yang berbeda. Matematika berfokus pada ilmu hitung menghitung, sedangkan bisnis memiliki tujuan utama yakni profit dan cuan.

Lalu, apakah matematika bisnis adalah ilmu baru yang lahir dari kombinasi antara keduanya? Jawabannya, ya. Ilmu baru ini menggabungan keduanya dan menghasilkan kesatuan yang selaras. Namun, jika ditelisik lebih jauh, dua ilmu ini memang berjalan bersamaan. Saat menjalankan bisnis, ilmu matematika juga tak jarang diimplementasikan. Proses perhitungan dan penentuan dalam bisnis membutuhkan matematika.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang matematika bisnis? Simak artkel ini hingga akhir, ya!

Baca juga : Pentingnya Memahami Manfaat Laporan Keuangan

Mengenal Matematika Bisnis

Matematika merupakan ilmu penting untuk mengelola bisnis. Hal itu dikarenakan transaksi dan perhitungan dalam bisnis memerlukan cabang ilmu tersebut dengan sendirinya. Implementasinya dalam dunia bisnis digunakan untuk menghitung gaji, menghitung bunga, pajak, hingga tarif sewa.

Berdasarkan pemaparan dan tujuannya, matematika bisnis adalah ilmu terapan yang digunakan para pebisnis dalam melakukan kegiatan perhitungan terhadap seluruh kegiatan bisnis yang dijalankan. Ilmu tersebut mengacu pada cabang ilmu lain seperti ekonomi, pemasaran, analisis keuangan, akuntansi, dan lain-lain.

Dalam pengertian lain, ilmu ini digunakan untuk menganalisis kegiatan bisnis demi terciptanya hasil yang akurat dan terpercaya. Dengan diterapkannya ilmu ini, pengelolaan bisnis semakin mudah dan pelaporannya lebih ringkas. Menjadi ringkas karena berbentuk angka yang dihasilkan oleh rumus perhitungan.

Baca juga : Pahami Matematika dengan 5 Cara Cepat Ini, Kamu Wajib Simak!

Manfaat dan Istilah dalam Matematika Bisnis

Dalam matematika bisnis, terdapat beberapa istilah yang harus kamu ketahui. Berikut ini merupakan istilah-istilah dan penjelasannya yang wajib kamu ketahui.

  • Variabel bebas

Disebut variabel bebas karena nilai dan hasil yang dikeluarkan tidak bergantung pada variabel lain.

  • Variabel terikat

Variabel ini adalah lawan dari variabel bebas. Berbeda dengan bebas yang tidak terikat, variabel ini nilainya bergantung pada yang lainnya.

  • Konstanta

Konstanta adalah angka-angka yang berdiri sendiri. Kemunculan dari konstanta akan membentuk sebuah fungsi. Selain itu, apabila ia dikolaborasikan dengan variabel, maka akan lahir koefisien variabel.

  • Koefisien atau Parameter

Parameter merupakan jenis konstanta yang nilainya belum diketahui secara jelas. Akroninya adalah konstanta yang variabel.

Setelah mengetahui istilah wajib dari ilmu terapan ini, kamu juga perlu memahami fungsi khususnya. Matematika bisnis memiliki beberapa kontribusi yang di antaranya adalah berikut ini.

  1. Menghitung segala hal yang termasuk dalam kegiatan operasional bisnis
  2. Melalui analisis kuantitatif, bisnis dapat dianalisis secara matematis
  3. Ilmu ini sangat berguna bagi pengelolaan bisnis
  4. Berperan cukup alpha dalam proses analisis data
  5. Memberi pengetahuan tentang matematika dalam prespektif bisnis

Tujuan Matematika Bisnis

Tujuan utama dari adanya ilmu ini, dipaparkan dalam empat poin berikut ini.

  1. Menggambarkan penawaran dan permintaan produk
  2. Menghitung pajak
  3. Menghitung besaran subsidi bagi setiap barang
  4. Menghitung kegunaan barang bagi konsumen

Karier dan Profesi yang Berhubungan

Dalam mempelajari matematika bisnis, secara tidak langsung mereka juga menguasai cabang ilmu lain. Cabang ilmu yang tidak sengaja ikut terserap adalah ekonomi, keuangan, dan manajemen bisnis. Namun, hal tersebut tentu saja menguntungkan bagi siapa pun yang mempelajarinya. Pasalnya, ilmu-ilmu yang demikian akan memperluas kesempatan kerja di banyak bidang. 

Selain mempelajari ilmu secara akademik, matemaitikawan bisnis juga harus mengantongi beberapa soft skill. Mereka harus cakap dan pandai dalam berkomunikasi. Hal tersebut akan berguna saat proses penyusunan penelitian yang akan berhadapan dengan banyak orang, utamanya klien. 

Keterampilan dan kemampuan yang mereka kuasai, sukses menjadikannya dilirik dan ditempatkan pada profesi-profesi berikut ini:

  1. Akuntaris
  2. Analis Riset Pasar
  3. Penjamin Asuransi
  4. Analis efek
  5. Analis anggaran
  6. Analis keuangan

Baca juga : Analisis Rasio Keuangan: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya dalam Laporan Keuangan!

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki

Tentu tidak hanya beberapa skill yang telah disebutkan, seorang matematikawan juga harus paham betul mengenai kemampuan dasar ilmu ini. Beberapa Ilmu matematika bisnis yang harus dimiliki oleh tiap pegiatnya adalah seperti di bawah ini.

1. Integer

Integer adalah kemampuan dalam menulis dan menciptakan perkiraan data. Selain itu, ilmu ini juga menuntut kamu untuk menguasai perhitungan yang berhubungan dengan pertambahan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat.

2. Fraksi, Desimal, dan Presentase

Ilmu ini mengharuskanmu untuk menguasai perhitungan presentase, mengkonversi data berbentuk pecahan, desimal, dan presentase. Kamu juga harus mampu menghitung bilangan pecahan. Perhitungannya seputar menambah, mengurangi, mengalikan, membagi, dan menyederhanakan.

3. Aljabar

Ilmu aljabar yang harus dikuasai yaitu menghitung proporsi, persamaan multi-operasional, serta perhitungan pecahan yang memiliki banyak variabel.

4. Formula

Fokus utama formula adalah bagaimana kemampuanmu untuk menerapkan variabel dan nilai pada situasi yang benar.

5. Statistik

Statistik harus dikuasai oleh tiap matematikawan. Dalam matematika bisnis, ilmu statistik yang harus dikuasai adalah memecahkan kasus median dan mode. Kamu juga diharapkan untuk mampu menyelesaikan mean, median, dan mode.

6. Grafik

Biasanya dalam dunia bisnis, terdapat data-data yang berbentuk grafik. Penguasaan ilmu berdasarkan grafik, yakni seputar kemampuan membaca dan menginterpretasikan hasil datanya.

Berdasarkan apa yang tertulis di atas, ilmu ini sangat diperlukan para pegiat bisnis.Hal yang demikian dikarenakan perannya yang cukup signifikan bagi pengelolaan dan analisis data. Tentu saja, profesi hasil implementasi ilmu ini sangat menjanjikan. Mengapa demikian? seluruh kegiatan bisnis memerlukan orang yang perhitungannya akurat dan kredibel. Oleh karena itu, belajar dan kuasailah mulai dari sekarang, ya! 

Baca juga : Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *