Tanggal:06 May 2024
administrasi

Mengenal Multifinance: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah multifinance? Multifinance erat kaitannya dengan peminjaman dana. Kamu bisa meminjam sejumlah dana untuk membeli barang atau jasa lainnya. Dengan kata lain, multifinance adalah sebuah lembaga finansial yang menjual jasa di bidang peminjaman sejumlah dana kepada pelanggan agar dapat membeli barang atau jasa lainnya. Perusahaan multifinance biasanya akan memberikan uang langsung kepada pihak penjual sebelum memberikan produk atau jasanya ke pelanggan.

Baca Juga | Yuk Coba Tips Capai Financial Freedom Di Usia Muda

Multifinance bisa membantu kamu dalam masalah pembelian secara lebih mudah. Kamu tak perlu risau karena multifinance terbukti aman. Pasalnya multifinance telah diawasi langsung oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Multifinance adalah lembaga atau perusahaan yang dapat mempermudah kamu mendapatkan dana untuk membeli barang. Kamu bisa memanfaatkan ini saat kondisi keuangan sedang terdesak. Dan pemenuhan akan kebutuhan pun tetap dapat berjalan. Yuk, mengenal lebih dekat jenis-jenis multifinance.

Baca Juga | Memahami Konsep Time Value Of Money

Jenis – Jenis Multifinance :

1. Multifinance untuk pembelian kendaraan bermotor

https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-sepeda-motor-yang-diparkir-1796075/

Di era sekarang transportasi menjadi kebutuhan utama. Hampir setiap orang memiliki kendaraan masing-masing. Hal ini dikarenakan tingkat mobilitas yang tinggi. Kamu pun tentu ingin memiliki kendaraan bermotor sendiri, bukan? Jangan khawatir, multifinance dapat membantu kamu melakukan pembelian kendaraan bermotor dengan mudah.

Baca Juga | Uang Giral: Pengertian, Jenis, Kelebihan, Dan Kekurangannya

Perusahaan pembiayaan ini menyediakan jasa peminjaman dana yang bertujuan agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembelian kendaraan bermotor. Kamu dapat mengakses jasanya dengan mendatangi dealer mobil atau motor terkemuka. Dan dapat memilih jenis kendaraan bermotor apa pun sesuai kebutuhan. Lalu kamu akan melakukan pembayaran secara bertahap. Dan urusan dana akan bersangkutan langsung antara dealer dan perusahaan multifinance.

Baca Juga | Kelebihan Dan Kekurangan Bekerja Di Perusahaan Outsourcing

2. Multifinance untuk pembelian alat berat

https://www.pexels.com/id-id/foto/manusia-yang-berdiri-di-samping-alat-berat-2760242/

Kamu memiliki usaha menengah dan membutuhkan alat berat? Multifinance menjadi solusi yang tepat untuk kamu. Kamu bisa melakukan pembelian alat berat menggunakan multifinance. Tentunya agar usaha kamu tetap berjalan lancar. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kamu hanya perlu memahami seluk-beluk perusahaan multifinance terlebih dahulu.

Baca Juga | Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Kolaborasi Antar Merek

Usaha dengan skala menengah sering membutuhkan mesin dan alat berat untuk kelancaran produksinya. Perusahaan multifinance dapat melayani pinjaman dana khusus untuk usaha skala kecil dan menengah. Peminjaman dana dapat dipergunakan untuk pengembangan usaha. Kamu akan sangat merasa terbantu dengan kehadiran perusahaan multifinance ini tentunya.

Baca juga | Kenali Apa Itu Pasar Uang Yang Menarik Perhatian Para Investor Pemula

3. Multifinance pembiayaan peralatan rumah tangga

https://www.pexels.com/id-id/foto/teknologi-bisnis-mesin-cuci-binatu-4700417/

Kamu punya kebutuhan peralatan rumah tangga yang belum terbeli? Tak perlu bingung. Kamu bisa membeli peralatan rumah tangga melalui perusahaan multifinance. Kebutuhan berbagai peralatan rumah tangga kamu dapat terpenuhi dengan maksimal. Kamu bebas membeli jenis peralatan apa pun sesuai keinginan dan kebutuhan. Perusahaan multifinance hadir untuk mempermudah permasalahan pembelian barang tentunya. 

Perusahaan multifinance dengan senang hati membantu kamu memenuhi kebutuhan akan alat elektronik skala rumah tangga. Kamu bisa membeli barang elektronik penunjang aktivitas keseharian kamu. Berbagai barang ini tentu saja dapat meringankan pekerjaan rumah tangga atau memberikan manfaat lainnya. Seperti halnya mesin cuci yang dapat kamu gunakan lebih efisien meringankan beban pekerjaan rumah tangga. 

Contoh Multifinance 

Di Indonesia banyak perusahaan multifinance yang bermunculan. Munculnya banyak perusahaan multifinance tentu mendatangkan solusi terbaik untuk kamu dalam memenuhi kebutuhan. Pemenuhan kebutuhan utama dari multifinance adalah bidang transportasi. Salah satu contoh perusahaan multifinance terkemuka ialah Mandiri Utama Finance (MUF) yang merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri. 

Mandiri Utama Finance menyediakan produk pembiayaan kendaraan bermotor yakni MUF Online Autoshow (MOAS). Kamu dapat segera membeli kendaraan bermotor yang diinginkan melalui multifinance jenis ini. Prosesnya pun sangatlah mudah. Pihak dealer akan bertanya kepada kamu mengenai opsi pembelian kendaraan yang diminati. Lalu MUF Online Autoshow (MOAS) dapat membantu kamu menyediakan solusi secara tepat. 

Baca Juga | Daftar Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK

Multifinance sangat berguna dalam hal pengembangan bisnis. Kamu perlu mengetahui pengetahuan seputar multifinance ini, ya. Pasalnya dengan pengetahuan multifinance kamu bisa mengembangkan usaha yang dimiliki. Berbagai perusahaan dan jenis multifinance bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu memeriksa keamanan perusahaan tersebut. Pastikan semuanya aman terkendali supaya kamu pun tidak ragu mencari tambahan dana untuk usaha yang sedang dijalankan.

Nah, itulah penjelasan seputar multifinance. Kamu bisa memahaminya mulai dari pengertian, jenis, hingga contohnya. Ambil pengetahuannya dan terapkan saat kamu membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat untuk kamu, ya. Jangan lupa atur keuangan dengan baik. Tentunya agar segala kebutuhan dapat tercukupi secara maksimal. Kamu bisa memanfaatkan multifinance saat terdesak membutuhkan suatu kebutuhan. Manfaatkan kesempatan dengan baik. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *