Tanggal:23 December 2024

Pengertian dan Implementasi Analisis SWOT pada Perusahaan

Pada awalnya SWOT digunakan untuk menganalisis kasus-kasus militer, kemudian digunakan untuk menganalisis kasus-kasus bisnis. Kemudian akhir-akhir ini setelah dikritik beberapa kelemahannya. Ternyata SWOT dapat pula digunakan sebagai alat analisis yang seringkali dimanfaatkan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis masalah-masalah administrasi dan kebijakan publik. Maupun untuk mengkaji masalah-masalah manajemen dan kinerja perusahaan.

Pengertian Analisis SWOT

Secara harfiah SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats yang dihadapi dunia bisnis. Analisis SWOT dapat menunjukkan bahwa kinerja kebijakan maupun perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Selanjutnya analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Dengan faktor internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT.

Hasil analisis SWOT bisa digunakan untuk menawarkan sebuah alternatif. Yang dapat dilakukan dalam sebuah implementasi kebijakan maupun dalam sebuah manajemen perusahaan. Saran alternatif ini bisa saja merupakan saran baru yang merevisi beberapa alternatif yang pernah ditentukan sebelumnya. Begitu pula bahwa saran alternatif tersebut dapat mengubah alternatif strategi dan sasaran-sasaran baru. Di dalam kebijakan maupun manajemen perusahaan yang akan dicapai diwaktu yang akan datang.

SWOT dapat dilaksanakan untuk menganalisis kondisi kebijakan. Serta berbagai kemungkinan kondisi perusahaan pada saat sebelum sebuah kebijakan. Atau manajemen dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah gambaran apakah kebijakan atau manajemen itu layak dilakukan atau tidak. Namun SWOT dapat pula dilakukan ketika sebuah kebijakan dan manajemen sudah berlangsung. Tujuannya untuk memberi masukan apakah kebijakan itu dapat diteruskan, diubah strateginya atau bahkan dihentikan sama sekali.

Implementasi Analisis SWOT

Berikut ini adalah contoh implementasi dari analisis SWOT, sebagai berikut:

1. Strength

Dalam hal ini strength adalah kekuatan yang dimiliki suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Kekuatan bisa mencakup sebagai berikut:

  • Memiliki tenaga kerja yang cukup terampil, berpengalaman, dan berdedikasi tinggi pada pekerjaan.
  • Memiliki kemampuan memberikan kesejahteraan yang relatif cukup memadai, bagi karyawan dan keluarganya.
  • Mempunyai fasilitas pengembangan produk, dan fasilitas yang mumpuni lainnya. Dalam mendukung inovasi dan kualitas produk yang dihasilkan.

2. Weakness

Di dalam hal ini weakness adalah kelemahan yang dimiliki suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Kelemahan bisa mencakup sebagai berikut:

  • Jumlah karyawan relatif besar, karena harus mempersiapkan tenaga kerja terlebih dahulu untuk perluasan usaha.
  • Belum mantapnya pola perencanaan dan pembinaan tenaga kerja, yang dapat memenuhi perkembangan perusahaan.
  • Sebagian dari proses produksi masih menggunakan teknologi lama.
  • Tata letak peralatan produksi kurang lebih efisien.
  • Biaya produksi langsung dan tak langsung cukup tinggi.

3. Opportunity

Dalam hal ini opportunity adalah peluang yang dimiliki suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Peluang bisa mencakup sebagai berikut:

  • Sangat stabil kondisi politik di dalam negeri.
  • Memiliki citra merek yang kuat.
  • Daya serap pasar tinggi.
  • Semakin banyak alternatif sumber dana.
  • Tersedianya tenaga kerja potensial di pasar tenaga kerja.

4. Threats

Dalam hal ini threats adalah ancaman yang dimiliki suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Ancaman bisa mencakup sebagai berikut:

  • Stabilitas politik yang tidak menentu.
  • Bertambahnya merek lain di pasar.
  • Peraturan pemerintah yang berubah-ubah.
  • Naiknya harga bahan baku.
  • Kemungkinan berpindahnya tenaga kerja ke perusahaan lain.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan implementasi analisis SWOT pada perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Jika kamu tak mau ketinggalan diskon dari Vocasia kamu bisa klik tautan dibawah ini!.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *