Tanggal:15 May 2024

3 Fungsi Penggunaan dalam Present Perfect Continuous Tense

Belajar bahasa Inggris saat ini sudah menjadi suatu keharusan khususnya bagi generasi milenial yang mayoritas berdampingan dengan segala hal mengenai teknologi. 

Kursus online IELTS Vocasia

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dapat memberikan kemudahan dalam segala bidang baik peningkatan prestasi dalam studi hingga saat kamu menginjakkan dunia pekerjaan.

Artikel kali ini akan membahas present perfect continuous tense atau disebut juga dengan present perfect progressive tense. Sebagaimana namanya, tense ini mengandung present dan continuous yang secara singkat membahas mengenai kondisi yang masih dilakukan sampai sekarang.

Namun, banyak yang bertanya tentang adanya “perfect” dalam tense ini yang mana pengungkapan have atau had untuk mengindikasikan sebuah kegiatan yang telah selesai dilakukan. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Yuk, simak selengkapnya mengenai present perfect continuous tense. 

Baca Juga: Inilah Sejarah dan Perkembangan Internet di Dunia

Pengertian Present Perfect Continuous

Pengertian Present Perfect Continuous Tense. Sumber: pexels.com

Present perfect continuous tense adalah bentuk kata kerja yang fungsinya menyatakan aksi yang telah selesai dilakukan pada suatu titik di masa lalu atau aksi telah dimulai di masa lalu dan terus berlanjut sampai sekarang. Present perfect continuous memiliki nama lain yaitu present perfect progressive tense.

Kegunaan tense ini biasanya memiliki durasi waktu tertentu dan memiliki relevansi dengan kondisi sekarang.

Present perfect continuous merupakan salah satu jenis tenses yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal tersebut karena tense menunjukkan bahwa suatu kejadian atau peristiwa dapat dimulai pada masa lampau dan terus berlanjut hingga masa kini.

Adanya unsur continuous tenses menjadi suatu perhatian lebih seperti kata kerja yang digunakan sesuai dengan Verb+ing yang memiliki durasi waktu. Ini artinya, tenses lebih memberikan penekanan pada tindakan itu sendiri.

Present perfect continuous digunakan untuk merujuk pada waktu yang tidak diketahui. Baik itu waktu sekarang dan waktu sebelum sekarang. seseorang yang menggunakan kalimat present perfect continuous memikirkan sesuatu yang berawal.

Namun, sesuatu tersebut mungkin tidak selesai dalam kurun atau periode waktu tertentu sesuai yang telah diharapkan. Present perfect continuous tertarik dengan proses serta hasil atau akibat yang didapatkan. Proses tersebut mungkin dapat dinyatakan dalam keberlanjutan atau sudah selesai.

Baca Juga: Istilah dalam Desain Grafis

Untuk dapat menggunakan present perfect continuous dengan baik, kamu dapat menggunakan beberapa rumus penggunaannya sebagai berikut.

1. Rumus Kalimat Positif (+)

Subject (S) + have/has + been + present participle/V-ing

Berikut contoh kalimatnya:

  • She has been cooking. (Ia telah memasak.)
  • The toddlers have been studying. (Anak-anak sudah belajar.)

2. Rumus Kalimat Negatif (-)

Subject (S) + have/has + not + been + present participle/V-ing

Berikut contoh kalimatnya:

  • She has not been cooking. (Ia belum memasak.)
  • The toddlers haven’t been playing. (Anak-anak belum belajar.)

3. Rumus Kalimat Tanya atau Interogatif (?)

Have/has + Subject (S) + been + present participle/V-ing

Berikut contoh kalimatnya:

  • Has she been cooking? (Apakah ia sudah menyetir?)
  • Have the toddlers been playing? (Apakah anak-anak sudah tidur?)

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Mawar

Fungsi present perfect continuous

1. Menunjukkan aksi yang telah selesai

Present perfect continuous tense dapat digunakan untuk menunjukkan aksi yang telah selesai dimasa lampau dan diikuti relevansinya dengan kondisi saat ini (present). Berikut contoh kalimatnya.

  • Maudy feels hungry as she has not been eating for a day. (Maudy merasa lapar karena dia belum makan selama sehari.)
  • I have been reading with my journal all day, and now I want take a rest. (Saya telah membaca dengan jurnal sepanjang hari, dan sekarang saya ingin istirahat.)

2. Menunjukkan aksi yang baru saja selesai

Tense ini juga dapat digunakan ketika ingin menyatakan sebuah aksi atau kondisi yang baru saja selesai dilakukan. Fungsi ini menggunakan adverb “just” yang digunakan untuk menunjuk kondisi ini. Berikut contoh kalimatnya.

  • It has just been snowing in Paris. (Baru saja turun salju di Paris.)
  • Please take off your shoes because I just have been sweeping the floor. (Tolong copot sepatumu karena aku baru saja menyapu lantainya.)

3. Menunjuk aksi yang telah dimulai pada masa lampau

Sebuah aksi yang masih terjadi saat ini, padahal sudah dimulai dari masa lampau tetap bisa dinyatakan dengan menggunakan tense ini. Berikut contoh kalimatnya.

  • I’ve been running through the rain for an hour. (Saya sudah berlari menembus hujan selama satu jam.)
  • The passengers have been waiting for the next flight since this morning. (Para penumpang telah menunggu penerbangan berikutnya sejak pagi ini.)

Baca Juga: Kenali Tugas dan Kewajiban Menjadi Seorang Manajer

Itu dia penjelasan mengenai 3 fungsi penggunaan dalam present perfect continuous tense dalm sebuah kalimat. Klik tautan berikut jika kamu ingin membaca artikel menarik lainnya untuk menambah wawasan serta pengetahuan kamu. 

Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia menghadirkan beberapa pelatihan yang akan membantu kamu dalam meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris, lho! 

Baca Juga: Cara Budidaya Durian Musang King

kursus grammar bahasa inggris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *