Tanggal:17 May 2024

Ingin menjadi seorang Manajer? Kenali dahulu Tugas dan Kewajiban menjadi seorang Manajer

Job desk Chief Strategy Officer - @ rawpixel.com

Secara umum, tugas dan kewajiban manajer perusahaan adalah mengelola karyawan dalam suatu manajemen atau divisi.

Manajer dibutuhkan keberadaannya sebagai atasan langsung atau pemimpin dalam tim. Oleh karena itu, seorang manajer dituntut untuk bisa mengatasi konflik dalam tim yang dipimpinnya dengan baik dan adil atau tidak ada yang merasa dirugikan.

Setiap divisi atau departemen di suatu perusahaan mempunyai satu manajer yang akan berkoordinasi untuk menciptakan manajemen kinerja yang solid dan efektif.

Manajer juga bertugas memastikan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan perusahaan, baik melalui kegiatan yang bersifat operasional maupun fungsional.

Mengenal Tugas Manajer

Dilansir dari Qubisa.

Sukses atau tidaknya sebuah tim, sangat bergantung pada peran dan kemampuan manajernya. Manajer perusahaan bertanggung jawab untuk melakukan pengelolaan talenta maupun pengambilan keputusan yang memberi dampak positif bagi tim. Misalnya, membuat strategi bekerja sedikit hasil lebih banyak. Tugas manajer lainnya yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Perencanaan

Merencanakan setiap strategi untuk mencapai target perusahaan, disesuaikan dengan kebijakan yang ada. Anda bisa membangun strategi kerja sama tim untuk performa terbaik.

2. Mengatur dan Mengawasi Manajemen

Pada dasarnya, tujuan menjadi manajer tidak hanya untuk memimpin saja, namun harus mampu mengatur dan mengawasi segala aktivitas yang ada di dalam manajemen. Dengan kata lain, tugas pemimpin memastikan orang yang mereka pimpin bisa bekerja dengan baik, efektif dan efisien sesuai prosedur yang berlaku, demi dapat mencapai target perusahaan.

3. Menentukan Standar

Tugas manajer selanjutnya, menentukan standar kualitas kerja yang nantinya harus dipenuhi oleh setiap karyawan. Selain itu, Anda bisa menentukan standar produk yang dihasilkan sebagai acuan agar tim produksi dapat bekerja dengan lancar. Anda harus mampu mengawasi dan melakukan quality control untuk memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

4. Pengembangan Kualitas

Selain mengatur dan mengendalikan divisi yang dipimpinnya, tugas manajer lainnya adalah mengembangkan kualitas perusahaan. Jika perusahaan tersebut berorientasi profit, maka menjadi tugas manajer juga untuk bisa mencapai profit yang telah ditentukan tersebut.

Untuk bisa mengembangkan kualitas perusahaan ini, diperlukan manajemen sumber daya dari lingkup kecil terlebih dahulu. Inilah mengapa seorang manajer memiliki peranan penting dalam pengembangan kualitas perusahaan.

5. Evaluasi

Semua yang telah dikerjakan sesuai komando seorang manajer tidak dapat dinilai efektif atau tidaknya jika tidak ada evaluasi. Melakukan evaluasi ini juga termasuk tugas pokok seorang manajer. Karena dengan adanya evaluasi inilah seorang manajer bisa menentukan apakah yang telah dilakukan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan atau belum.

Maka itu, seorang manajer juga perlu memahami kembali perencanaan organisasi sehingga dapat menilai mana yang salah dan mana yang sudah benar. Setelah menemukan kesalahan, adalah tugas seorang manajer lagi untuk dapat mengembalikan ke langkah yang tepat.

Kira- kira itulah tugas dan kewajiban menjadi seorang manajer, Ohya ada tambahan sedikit nih teman – teman.

Jangan lupa mampir ke Vocasia ya karena disana kamu bisa mendapatkan berbagai macam kursus terkait bisnis dan lain – lain itu semua untuk mengembangkan skill kamu, kamu bisa memilih kursus dan membeli sekali bayar kamu dapat mengakses seumur hidup loh guys tunggu apalagi, Yuk buruan mampir.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *