Tanggal:18 May 2024
enumerator

Profesi Enumerator: Arti, Tanggung Jawab, dan Skill yang Perlu Dikuasai

Enumerator merupakan profesi yang berhubungan dengan survei atau penelitian kuantitatif. Mereka adalah orang yang bersinggungan langsung dengan analisis atau riset mengenai kependudukan atau obyek penelitian lain yang berskala besar. Sudahkah kamu tahu tentang profesi ini? Simak paparan berikut ini untuk menambah pengetahuanmu mengenai profesi ini! 

Pengertian Enumerator 

enumerator

ilustrasi seorang enumerator (sumber: pexels)

Enumerator merupakan profesi yang bertugas melakukan pencacahan dan peneliti dalam menghimpun data kolektif atau wawancara door to door. Hal yang sama juga diungkapkan oleh The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) yang menegaskan bahwa seorang enumerator merupakan mereka yang berperan dalam mengkalkulasi berbagai hal yang berkenaan dengan survei. 

Mereka juga memiliki tugas untuk membantu responden dalam menjawab pertanyaan maupun mengisi kuesioner yang diberikan. Oleh karena itu, mereka biasanya akan terlibat dalam riset yang bersifat kuantitatif karena terdapat penghitungan dan pencatatan di dalamnya. Profesi ini biasanya terlibat dalam penelitian kependudukan atau penelitian lain yang memerlukan subjek penelitian dalam jumlah besar. 

Dikarenakan mereka berperan untuk mengkalkulasi dan membantu subjek penelitian dalam mengisi survei atau kuesioner, mereka termasuk ke dalam tim research and development (R&D) dalam sebuah perusahaan komersial. 

Baca juga: Pelajari Metode Random Sampling, Peroleh Riset Pasar Optimal!

Peran Enumerator dalam Perusahaan 

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, enumerator merupakan profesi yang terlibat dalam riset atau penelitian suatu hal. Enumerator akan berguna dalam setiap pengambilan kebijakan, ekonomi, kependudukan, atau urusan pemerintahan lainnya karena terkait dengan research and development. Profesi ini juga berguna di perusahaan komersial, tepatnya dalam bidang penelitian dan pengembangan. 

Berdasarkan hal tersebut, profesi ini menduduki peranan penting dalam perusahaan yang bergerak di bidang komersial. Hal lainnya yang mendorong enumerator berperan vital di sebuah perusahaan ialah adanya relevansi kepentingan produksi karena mereka langsung datang ke responden sebagai populasi yang menilai produk dari perusahaan. 

Peran enumerator lainnya dapat terlihat dari paparan berikut ini. 

  1. Menghimpun data yang diperoleh untuk dijadikan sebagai penilaian terhadap rencana pengembangan produk. 
  2. Mewawancarai per individu sebagai usaha untuk memperoleh informasi mengenai ketertarikan dan selera dari konsumen.
  3. Mengumpulkan survei sesuai dengan petunjuk dan tujuan dilakukannya penelitian.

Tanggung Jawab Enumerator 

Setelah mengetahui peran dari enumerator di dalam perusahaan, selanjutnya kita akan membahas mengenai tanggung jawabnya. Adapun tanggung jawab yang dipegang seorang enumerator ialah sebagai berikut. 

Baca juga: Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian Kuantitatif

  1. Mengoordinasikan tema, tujuan, dan strategi riset.
  2. Mengatur kegiatan yang akan dilakukan dengan anggota lainnya agar terjadi kesatuan paham diantara tim mengenai survei dan pertanyaan riset. 
  3. Menetapkan dengan pasti pertanyaan yang disampaikan dalam kuesioner mendapat jawaban yang relevan dari responden.
  4. Melakukan pengembangan pertanyaan secara alami dan akurat sebagai usaha mengumpulkan data menggunakan metode wawancara. 
  5. Memastikan seluruh pertanyaan dalam survei mendapatkan jawaban terbaik dan akurat dari responden agar diperoleh penghimpunan data yang baik secara daring dan fisik. 
  6. Mengumpulkan seluruh data dan laporan peneltian untuk diberikan pada peneliti atau penganalisis data.
  7. Bertanggung jawab atas pemberian masukan dengan menggunakan data dan laporan penelitian kepada peneliti sesuai dengan keadaan lapangan.

Skill yang Perlu Dikuasai 

ilustrasi wawancara (sumber: pexels)

Selain cakap dan cekatan, ada pula beberapa skill yang perlu dikuasai oleh seorang enumerator sebagai pihak yang terjun langsung menemui responden dan mengobservasi lapangan terhadap permasalahan yang diangkat dalam penelitian. Berikut skill tersebut. 

  1. Mempunyai background pendidikan yang memiliki relevansi dalam penelitian, baik kuantitatif maupun kualitatif.
  2. Dibekali oleh kemampuan public speaking dan wawancara yang baik atau mampu membangun pembicaraan yang efektif.
  3. Memiliki kemampuan menyelesaikan soal saat seleksi sebagai enumerator (apabila ada).
  4. Paham tanggung jawab enumerator dan boundaries dalam tim riset.
  5. Mampu mengobservasi dan menganalisis calon subjek penelitian atau responden.
  6. Cakap dalam membangun komunikasi dan memberikan informasi yang diberikan secara baik dan akurat.
  7. Mahir mengimplementasikan prosedur riset serta mempraktikkan etika dalam pemasukan, penyalinan, perekaman, penyortiran, serta pemeliharaan data, baik tertulis maupun soft file

Baca juga: Statistik: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Demikianlah paparan mengenai profesi enumerator beserta tanggung jawab dan skill yang perlu dikuasainya. Sebagaimana yang telah disinggung pada paparan tersebut, seorang enumerator perlu memiliki kemampuan public speaking yang baik. Bagi kamu yang ingin terjun dalam profesi ini dan perlu pengembangan skill public speaking yang kamu miliki, silakan ikuti kelas Improve Your Public Speaking Vocasia x Speak Project bersama Vocasia. Ayo, daftarkan dirimu sekarang juga dan raih profesi impianmu! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *