Tanggal:04 May 2024
green screen

Mengenal Green Screen, Rahasia Agar Videomu Lebih Menarik

Green screen dikenal sebagai salah satu komponen yang mampu membuat visualisasi dari sebuah video atau film menjadi lebih ciamik. Sudah terlihat bukan kesaktian layar ini dalam bidang videografi? Bahkan, acara perkiraan cuaca juga menggunakan layar ini. Lantas, tahukah kamu fungsi dan cara kerja green screen? Temukan jawabannya dalam paparan berikut ini! 

Pengertian Green Screen 

green screen

ilustrasi green screen (sumber: pexels)

Green screen adalah solusi bagi kamu yang ingin menghasilkan video yang ciamik. Teknologi layar hijau ini akan memudahkan berbagai aktivitas yang melibatkan videografi. 

Menurut Studio Binder, green screen merupakan alat yang berbentuk layar atau backdrop yang biasanya dimanfaatkan sebagai background dalam scene sebuah film/video. Layar hijau ini nantinya akan ditampilkan digital effect oleh tim yang bertanggung jawab untuk special effect dalam scene

Dalam hal ini, layar hijau ini akan diubah menjadi apapun yang diinginkan oleh digital artist atau sutradara sesuai dengan konsep yang telah diusung sebelumnya. Oleh karena itu, proses editing ini biasanya dilakukan pada masa pasca produksi setelah seluruh scene selesai digarap. 

Adapun teknologi yang dapat mentransformasi layar hijau menjadi hasil video lebih ciamik ini dikenal juga sebagai CGI atau computer-generated imagery. 

Cara kerja CGI ialah dengan memanfaatkan footage yang dihasilkan dari hasil perekaman dari background atau disebut juga sebagai plates. Latar belakang hijau yang diganti oleh CGI juga beragam ukurannya, ada yang sebagian ada pula yang seluruhnya. Berdasarkan hal tersebut, layar hijau merupakan bagian penting dalam videografi karena menghasilkan special effect pada hasil akhir video/film. 

Baca juga: Ingin Menjadi Editor Video Profesional? Ikuti Cara-Cara Berikut!

Fungsi Green Screen 

Sebagaimana penjelasan di atas, green screen berfungsi dalam memberikan digital effect atau CGI dalam video/film agar menghasilkan kesan yang lebih ciamik. Layar hijau juga berfungsi mengganti background menjadi gambar yang sesuai dengan CG artist atau tim yang bertanggung jawab mengenai special effect dalam film. 

Sebenarnya, warna yang dapat digunakan untuk mengganti background dari sebuah video tidak harus hijau. Kamu juga dapat menggunakan warna biru atau warna lainnya sesuai dengan objek di depannya. Namun, penggunaan warna hijau atau biru dinilai dapat menghasilkan transformasi background yang lebih ciamik karena kontras dengan warna kulit manusia, sehingga tidak akan mengganggu objek di depannya. 

Baca juga: Cara-Cara Kamu Untuk Menjadi Videografer Profesional!

Cara Kerja Green Screen 

ilustrasi cara kerja backdrop green (sumber: pexels)

Cara kerja green screen sendiri ialah dengan menggunakan chroma keying atau kunci kroma. Chroma keying adalah proses menyatukan atau menimpa video yang telah direkam dalam background dengan memanfaatkan software video editing. 

Proses penyatuan pada kunci kroma tersebut memanfaatkan efek atau CGI yang di depannya terdapat subjek. Agar hal ini berjalan dengan sempurna, layar hijau harus terkena cahaya yang cukup dan tidak boleh ada bayangan yang dihasilkan oleh subjek manapun. 

Setelah itu, kamu dapat langsung mengubah background tersebut sesuai dengan arahan digital artist atau sutradara yang bertanggung jawab atas video/film yang sedang digarap. Kamu dapat mengutak-atik background tersebut agar sesuai dengan arahan pihak yang bertanggung jawab.

Meski terdengar mudah, mengubah layar hijau menjadi CGI merupakan PR yang cukup menyulitkan apabila kamu tidak terlalu menguasai skill dalam mengolah kunci kroma. Maka dari itu, diperlukan skill yang mumpuni untuk menghasilkan CGI yang ciamik dan sesuai dengan konsep video/film yang diusung.  

Baca juga: 5 Software Editing Video Yang Lagi Rame Di Social Media, Hmm Apa Aja Ya? Yuk Simak!

Demikian paparan mengenai green screen hingga cara kerjanya dalam penggarapan sebuah video atau film. Dalam membuat green screen, selain perlu skill, kamu juga perlu perangkat yang mumpuni. Namun, jangan khawatir apabila perangkatmu belum dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni karena Vocasia hadir dengan kelas Kiat Menjadi Video Editor Menggunakan Smartphone.

Dalam kelas tersebut kamu akan mempelajari green screen dan skill editing video lainnya hanya dengan menggunakan smartphone. Pokoknya, worth it banget deh! Grab it fast!

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *