Tanggal:07 May 2024

Pengertian Uang Digital dan Berbagai Keuntungan dalam Pemakaiannya

Kemudahan yang dihasilkan dari kemajuan dunia begitu terasa hingga adanya perkembangan dalam ekonomi. Kemudahan transaksi yang cepat dan praktis membuat proses pembayaran jadi lebih mudah untuk dilakukan. 

Kita mungkin sebelumnya melakukan pembayaran dengan cara yang serba manual dan memakan banyak waktu. Namun, perkembangan membuat uang fisik ke dalam bentuk digital yang biasa kita kenal sebagai uang digital. 

Apa itu uang digital? Apa saja jenis dan berbagai keuntungan yang didapatkan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Instrumen Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif

Pengertian Uang Digital

Pengertian uang digital. Sumber: pexels.com

Mata uang digital atau yang disebut dengan electronic currency atau cyber cash tersedia hanya dalam bentuk digital atau elektronik. Mata uang digital tidak memiliki bentuk fisik atau tidak berwujud dan hanya bisa digunakan dengan menggunakan ponsel pintar yang terhubung dengan internet. Uang digital ini dapat berfungsi sebagaimana uang secara fisik yang digunakan untuk membeli barang, membayar layanan maupun tagihan tertentu. 

Diantara uang digital dan uang elektronik ternyata memiliki perbedaan yang berhasil dijelaskan Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dan dikutip dalam cnnindonesia.com, uang digital (central bank digital currency/CBDC) adalah uang digital yang diterbitkan dan menjadi kewajiban bank sentral terhadap pemegangnya sementara uang elektronik merupakan instrumen pembayaran yang diterbitkan pihak swasta atau industri dan kewajiban penerbit uang elektronik terhadap pemegangnya. 

Baca juga: Things You Should Bring to Work 

Jenis-jenis Uang Digital

Jenis-jenis uang digital. Sumber: pexels.com

Penjelasan sebelumnya menyebutkan bahwa perbedaan dari uang digital dan uang elektronik hanya ditemukan dari pihak yang menerbitkannya. Sementara dalam jenisnya kita akan mengetahui berdasarkan dari sumber yang terpercaya yaitu menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI)

Menurut OJK, jenis uang elektronik tersedia dalam dua jenis yaitu: 

  1. Uang elektronik yang dananya disimpan dalam sebuah chip yang umumnya ada dalam sebuah kartu dan transaksi dilakukan secara langsung tanpa menggunakan sambungan internet (offline). 
  2. Uang elektronik yang dananya disimpan pada data di sebuah server, sehingga transaksinya dilakukan secara online yang terdapat pada suatu aplikasi dalam telepon seluler.

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Kuesioner dalam Penelitian

Sementara menurut BI berdasarkan tercatat atau tidaknya data identitas pemegang pada penerbit uang elektronik diantaranya:

  1. Uang elektronik registered, merupakan uang elektronik yang data identitas pemegang tercatat pada penerbit uang elektronik. Oleh sebab itu, penerbit harus menerapkan prinsip mengenal nasabah dalam menerbitkan uang elektronik registered. Batas maksimum nilai uang yang tersimpan pada media chip atau server adalah Rp5.000.000,00 (lima juta Rupiah).
  2. Uang elektronik unregistered, merupakan uang elektronik yang data identitas pemegangnya tidak tercatat pada penerbit uang elektronik. Batas maksimum nilai uang yang tersimpan adalah Rp1.000.000,00 (satu juta Rupiah).

Baca juga: Apa Itu Kekerasan Berbasis Gender

Keuntungan Memakai Uang Digital

Keuntungan uang digital. Sumber: pexels.com

Beberapa keuntungan yang didapatkan dalam penggunaan uang digital sehari-hari adalah sebagai berikut. 

  • Faktor kenyamanan dan aksesibilitas

Tidak perlu repot-repot membawa uang tunai atau mengunjungi ATM karena dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja dengan uang digital. 

  • Praktis dan aman

Uang tunai berbentuk server based yang memakan sedikit tempat atau bisa digunakan dalam ponsel pintar yang kebanyakan semua orang miliki dan bawa dalam kegiatan sehari-hari. Bentuk uang digital lebih praktis sekaligus lebih aman saat digunakan untuk bertransaksi. 

  • Mudah dilacak 

Pembayaran dengan uang digital disimpan dalam database yang bisa diakses baik oleh pedagang maupun pelanggan. Hal tersebut dapat memudahkan dan menghindari kurangnya informasi saat melacak pembayaran. 

  • Perencanaan keuangan bulanan lebih akurat

Financial planning lebih rapi, akurat, dan terperinci karena setiap transaksi dilakukan secara cashless. Kamu juga bisa membuka kembali jumlah uang yang keluar dalam kurun waktu tertentu misalnya perhari, perminggu, maupun perbulan agar kamu lebih bijak mengatur keuanganmu.

  • Menghemat waktu

Transaksi yang dilakukan bisa lebih cepat dan bergerak ke kegiatan selanjutnya. Tidak perlu repot menunggu uang kembalian atau bahkan mendapat uang kembalian berupa permen atau sejenisnya. Seluruh transaksi bisa dibayar dengan nilai yang akurat. 

Baca juga: Cara Mengatasi Rasisme di Masyarakat

Itu dia penjelasan mengenai uang digital dan berbagai keuntungan jika menggunakan uang digital dalam kehidupan sehari-hari. Berikan komentar di bawah jika kamu salah satu yang merasakan keuntungan dalam memakai uang digital!

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik lainnya yang dapat memperluas pengetahuan dan wawasan kamu. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang tidak kalah penting!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlian dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang memiliki banyak pengalaman dalam bidangnya!

Tunggu apalagi? Daftarkan diri mulai dari sekarang agar kamu bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia. Gabung segera untuk mengikuti kelas online dan raih segala skills yang ingin kamu kuasai dengan harga yang terjangkau! Temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Here are The Things You Should Definitely Not to While in a Meeting

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *