Tanggal:04 May 2024

11 Pengusaha Muda Tersukses di Indonesia, Siapa Saja?

Pengusaha muda sukses di Indonesia, siapa sajakah mereka? Pada dasarnya, mereka adalah orang yang pandai dan jeli dalam melihat peluang agar bisnis maupun usahanya terus berkembang. Saat ini di Indonesia jumlah pengusaha atau enterpreneur muda terus bertambah.

Hal ini memberikan dampak positif serta mendorong kemajuan perekonomian negara kita. Akan tetapi, untuk mencapai suatu keberhasilan tidaklah mudah diraih dengan begitu saja. Tentunya harus memiliki visi dan ide yang jelas terarah. Tak hanya itu, bagi para entrepreneur muda tahapan utamanya adalah membuat perencanaan supaya jika ke depannya dijalankan sudah tidak bingung lagi.

Pengusaha sukses tidaklah selalu datang dari latar belakang orang kaya. Banyak pengusaha sukses di dunia yang lahir dari pengalaman hidup yang berat. Dalam dunia bisnis sendiri, ada dua jenis tipe pengusaha. Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan mendapat dukungan orang tua. Kedua, orang yang memulai dari awal tanpa bantuan siapa pun allias mulai dari 0. Orang yang memulai bisnis dari awal sering kali mengandalkan modal yang nekat dan percaya diri. Tidak jarang mereka menekan egonya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Seorang pengusaha sukses tidak selalu memikirkan targetnya, tetapi juga memahami bahwa kesuksesan membutuhkan tekad, semangat pantang menyerah, serta kerja keras untuk kembali bangkit dari segala kegagalan.

Lantas, siapa saja pengusaha muda sukses di Indonesia yang cukup popluer? Nah, kali ini Vocasia akan bahas untuk kalian semua. Yuk, simak hingga akhir!

Pengusaha Muda Populer di Indonesia

Di dalam negeri kita pun sudah banyak sekali anak muda yang menjadi pengusaha sukses pada bisnis yang dijalankan. Tokoh pengusaha muda sukses, di antaranya:

1. Belva Devara (Ruangguru)

Pendiri Ruangguru (Google)

Kalian pasti tahu perusahaan startup yang berkomitmen di bidang pendidikan, yaitu Ruangguru. Ya, kesuksesan platform digital yang menawarkan bimbingan belajar online adalah hasil kerja keras dari CEO dan salah satu pendirinya, Belva Devara. Sebelum menjadi CEO Ruangguru, pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 ini merupakan pegawai khusus Presiden Jokowi. Namun, ia memutuskan mundur. Usahanya tidak sia-sia, kini pengguna Ruangguru diketahui berjumlah di atas 15 juta. Keren banget, bukan?

2. Sabda PS (Zenius)

Pendiri Zenius (Google)

Pengusaha muda lain yang sukses di bidang pendidikan adalah Sabda PS, pendiri PT Zenius Education. Perusahaan yang didirikan pada tanggal 7 Juli 2007 ini dapat dikatakan sebagai pelopor EdTech digital di Indonesia. Sekadar informasi, Zenius adalah startup pendidikan berbasis teknologi yang berfokus pada pembelajaran komunitas, terutama untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Platform e-learning berbasis video, zenius.net, diluncurkan pada 2010 dan kini memiliki lebih dari 72.000 video dengan berbagai topik.

3. James Prananto (Kopi Kenangan)

Pendiri Kopi Kenangan (Google)

James Prananto adalah pengusaha muda sukses. Dia dan Edward Tirtanata mendirikan perusahaan bernama Kopi Kenangan. Kini bisnis tersebut telah merambah ke berbagai pelosok kota besar di Indonesia.

Kopi Kenangan sendiri didirikan dengan konsep kafe pinggir jalan dan kedai kopi kelas atas. Dengan cara ini, perusahaan ini selalu menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Rencana jangka panjang beliau agar membuka lebih banyak toko dan menjual hingga tiga juta cangkir kopi sebulan.

4. Muhammad Alfatih Timur (kitabisa.com)

Pendiri kitabisa.com (Google)

Beliau merupakan pendiri kitabisa.com, sebuah situs crowdfunding. Website kitabisa.com telah mensponsori berbagai proyek sosial dan berdampak langsung bagi masyarakat Indonesia. Berkat upaya tersebut, nama Muhammad Alfatih Timur masuk dalam daftar pengusaha muda sukses di Indonesia saat ini. Situs ekonomi komunitas kitabisa.com telah berhasil memfasilitasi lebih dari 30.000 penggalangan dana sosial. Selain itu, banyak orang yang berpartisipasi dengan rata-rata 2 juta orang dengan total donasi sekitar 815 miliar.

5. Felicya Angelista (Scarlett Bleach)

Pendiri Scarlett Whitening (Google)

Bisa dikatakan Felicya Angelista adalah seorang pengusaha muda sukses yang merupakan wanita karier. Sejak 2017, Felicya Angelista telah mendirikan merek kecantikan bernama Scarlett Whitening. Hingga saat ini, perusahaannya telah merilis berbagai produk perawatan kulit, mulai dari serum, toner, pelembap, masker, sabun, dan lain-lain.

Menurut data Marketeers pada awal tahun 2021, Scarlett Whitening menjadi salah satu brand favorit dan terlaris di masyarakat. Produk yang diminati masyarakat adalah dua serum ternama dari brand ini. Dengan keberhasilan yang diraih, Scarlett Whitening telah mencapai lebih dari 150.000 transaksi, bahkan total penjualan bisa mencapai Rp 15,5 miliar.

6. Leonardo Hartono (Real Estate)

Pendiri Real Estate (Google)

Leonardo Hartono adalah lulusan University of Berkeley, California, yang sebelumnya memimpin proyek real estate di Mandiri Development Group. Ia memulai bisnis pertamanya dengan membuka agen real estate berteknologi canggih bernama Sewa Kantor SCBD. Perusahaan berkembang pesat sampai Leonardo mengubah namanya menjadi SpaceStock. Dengan merek baru ini, Leonardo tidak hanya menawarkan kantor, tetapi juga apartemen. Hingga saat ini, perusahaan Leonardo memiliki ribuan listing terverifikasi yang menyediakan transaksi transparan kepada publik. SpaceStock juga telah berhasil memperoleh dukungan finansial dari Alpha JWC. Ia juga ada dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

7. John Rasjid (Sociolla)

Pendiri Sociolla (Google)

Diluncurkan sebagai situs perdagangan kecantikan berbasis teknologi pada tahun 2015, Sociolla telah berhasil menarik perhatian para pecinta kecantikan. Sociolla kini telah menjadi tujuan utama untuk menemukan produk kecantikan terpercaya. Tiga sahabat pendiri Sociolla, Christopher Madiam, Chrisanti Indiana, dan John Rasjid mendirikan perusahaan ini karena mereka sendiri sempat kesulitan mencari produk kecantikan resmi.

John Rasjid lulus dari University of British Columbia di Kanada setelah mempelajari Commerce dan Corporate Finance. Setelah lulus pada tahun 2007, ia langsung membenamkan dirinya di industri perbankan, Standard Chartered Bank yang berlokasi di Dubai.

Sociolla juga terus berkembang untuk mengimbangi dari membuka bisnis online serta membuka toko offline Pink Continental di berbagai lokasi. Untuk memudahkan konsumen, John Rasjid meluncurkan brand Lilla by Sociolla dengan konsep dan aksen ungu yang lembut.

8. Amanda Cole (Sayurbox)

Pendiri Sayurbox (Google)

Bagi kalian yang suka memasak, khususnya di Jakarta, harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini. Produk yang ditawarkan segar dan berkualitas dari Sayurbox. Pendiri dan CEO Sayurbox, Amanda Cole. Ia telah meluncurkan platform yang menghadirkan produk-produk sehat dan segar yang dapat membantu petani Indonesia. Hal itu ia lakukan saat ke Jakarta setelah lulus dari University of Manchester jurusan Manajemen dan Keuangan. Amanda Cole kemudian menjalani kehidupan yang aktif di Jakarta sambil berkebun dan menjadikannya sebagai hobi sehari-hari.

Awalnya tertarik berkebun dan sering berbincang dengan pamannya yang mengajar pertanian organik. Wanita kelahiran 1990 ini kemudian menggarap lahan milik pamannya. Pada 2017, Amanda bertemu Metha dan Rama Notowidigdo dan kemudian meluncurkan Sayurbox. Para pendiri Sayurbox pun bekerja sama dengan para petani dan ratusan mitra untuk mendistribusikan produk sayur segar pilihan. Kini Sayurbox mampu mengirimkan lebih dari 1.000 orderan per hari di area Jabodetabek.

9. Steven Wongsoredjo (Nusantara Teknologi)

Pendiri Nusantara Teknologi (Google)

Steven Wongsoredjo adalah anak desa yang sukses menjalankan perusahaannya sendiri bernama Nusantara Technology. Nusantara Technology terdiri dari beberapa afiliasi yaitu Yukepo.com, Keepo.me, dan Super App. Perusahaan yang didirikan oleh Steven Wongsoredjo ini merupakan perusahaan yang khusus ditujukan untuk kaum milenial, sedangkan Super App adalah aplikasi khusus untuk dealer. Super App adalah platform aplikasi yang khusus dibuat dan digunakan oleh dealer untuk memenuhi kebutuhan warung dan toko. Dengan menggunakan Super App ini, pengusaha kecil dapat melakukan pemesanan dengan harga murah dan terjangkau. Steven meluncurkan bisnisnya pada tahun 2016 dan dalam waktu singkat peluncurannya kembali memiliki penghasilan 35 juta per bulan.

10. Ali Muharam (Macaroni Ngehe)

Pendiri Makaroni Ngehe (Google)

Sebagai salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia dalam bisnis makanan, Ali Muharam yang dulunya seorang pegawai kantoran, kini sukses menjalankan bisnis makanannya yaitu Makaroni Ngehe. Makaroni Ngehe merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Jakarta karena rasanya yang enak dan menarik.

Dengan mimpi menjadi pengusaha sukses, Ali Muharam memulai bisnis dengan modal 20 juta. Ali mengambil pinjaman dari seorang teman dan memulai bisnis hanya menggunakan gerobak keliling. Pelan tapi pasti, bisnis Makaroni Ngehe milik Ali berkembang pesat dalam waktu delapan bulan. Perusahaannya saat ini mampu meraih penjualan hingga 3 miliar.

11. William Tanuwijaya (Tokopedia)

Pendiri Tokopedia (Google)

William Tanuwijaya adalah pengusaha muda sukses yang mendirikan Tokopedia, sebuah perusahaan yang berkembang pesat di bidang media digital. Pemuda ini mendirikan Tokopedia pada tahun 2007. Kini Tokopedia telah menjadi startup unicorn di Indonesia. Namun, ia dulu sempat kekurangan dana yang menyebabkan usaha yang dikembangkan William Tanuwijaya  harus berakhir. Pada tahun 2009, Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya mendapat dukungan finansial untuk membangun kembali dan mengembangkan kembali Tokopedia. Berkat pendanaan ini, Tokopedia kini menjadi pasar terbesar di Indonesia. Nilai taksiran yang diperoleh William Tanuwijaya dari pengembangan bisnis Tokopedia diperkirakan senilai US$7 miliar.

Nah, itulah deretan pengusaha muda sukses di Indonesia. Bagi kalian yang ingin berkecimpung pada dunia bisnis, wajib memiliki semangat yang kuat, ya. Jangan lupa untuk konsisten dalam menjalaninya. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *