Tanggal:06 May 2024

Apa Itu Program Afiliasi? Pengertian, Keuntungan, dan Cara Kerjanya!

Hidup di era digital, di mana ada banyak cara mencari uang dari internet. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan program afiliasi. Dengan program afiliasi, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif dengan sedikit modal saja.

Di artikel kali ini, Vocasia akan membahas serba-serbi mengenai apa itu afiliasi, apa saja keuntungannya, dan tentu saja bagaiman cara kerja dari program afiliasi. Yuk, Simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Afiliasi

Afiliasi adalah program yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan komisi apabila Anda berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk.

Jumlah dari komisi yang kamu dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang kamu ikuti. Misalnya, Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%, sementara Vocasia menawarkan komisi hingga 13% untuk kamu.

Keuntungan Program Afiliasi

Berikut manfaat-manfaat yang akan kamu rasakan jika menjadi seorang Afiliator!

1. Penghasilan Pasif

Dengan program afiliasi, kamu akan tetap mendapatkan uang saat tidur sekalipun. Promosi yang kamu lakukan di awal akan tetap berada di sana selamanya (kecuali jika Anda menghapusnya).

Hal Ini membuat uang tetap masuk berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelahnya. Kamu tak perlu berada di depan komputer untuk mendapatkan uang. Cukup duduk manis dan uang akan datang dengan sendirinya.

2. Modal Kecil

Perusahaan penyedia program afiliasi itu ada dua jenis. Pertama adalah perusahaan yang tak memberikan syarat wajib membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftar program afiliasi. Sedangkan jenis kedua, perusahaan mewajibkan kamu untuk membeli produknya agar bisa ikut di program afiliasi mereka.

Jenis pertama bisa dikatakan gratis, tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Untuk jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang sedang kamu butuhkan. Jadi, kamu bisa memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus mendapatkan uang dari produk yang orang beli dari program afiliasi.

3. Kerja dari Rumah

Anda bisa menjalankan strategi promosi link referral dari mana saja, termasuk dari sofa di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop/smartphone. Jadi, afiliasi adalah jenis pekerjaan sempurna bagi Anda yang tak suka bekerja kantoran.

4. Jam Kerja Fleksibel

Kamu tak terikat kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam tertentu layaknya bekerja kantoran. Jadi, kamu sendirilah yang menentukan kapan saatnya promosi dan kapan saatnya bersantai.

5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi

Kamu mungkin merasa kalau mendaftar satu program afiliasi saja masih tidak cukup. Nah, tak perlu pusing karena kamu bisa ikut program afiliasi dari perusahaan lainnya di saat yang sama.

Kamu bisa mendaftar ke tiga atau empat program afiliasi sekaligus, selama memang tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya. Jadi, pastikan kamu membaca syaratnya terlebih dahulu agar tidak terkena konsekuensi di masa depan.

Cara Kerja Program Afiliasi

Sebelum lebih jauh membahas cara kerja program afiliasi, kami jelaskan secara singkat dulu para pihak yang terlibat di dalamnya. Tiga pihak yang terlibat langsung dalam program afiliasi adalah:

  • Pemilik Produk: bisa merupakan perusahaan, vendor, penjual, dan lainnya. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini.
  • Afiliator: orang yang mengikuti program afiliasi. Mereka bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi kepada calon konsumen.
  • Konsumen: konsumen bisa membeli produk dari pemilik produk melalui afiliator.

Setelah mengetahui pihak-pihak yang terlibat, di bawah ini kami jelaskan cara kerja afiliasi. Cara kerja program afiliasi adalah sebagai berikut:

1. Daftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti program afiliasi, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran biasanya bisa dilakukan di website perusahaan tersebut. Nah, setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan kode referral. Kode referral ini unik untuk setiap orangnya dan digunakan sebagai konfirmasi kalau konsumen memang membeli dari afiliator tersebut.

2. Promosi Produk Afiliasi

Agar bisnis afiliasi menghasilkan banyak komisi, kamu harus mempromosikan kode referral sehingga banyak yang orang beli. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, seperti membuat review produk di blog, memasang banner di blog, membuat postingan di media sosial, dan melakukan promosi di forum online.

3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda

Tujuan melakukan promosi afiliasi adalah agar orang-orang menggunakan kode referral kamu. Jika ada yang menggunakan kode referral, konsumen mendapat diskon tambahan dan kamu sebagai afiliator mendapatkan komisi. Win win solution, bukan?

Walaupun kamu mendapatkan komisi dari pembelian konsumen, bukan berarti harga produk yang dibeli konsumen akan lebih tinggi daripada harga normal. Umumnya, harganya sama saja.

4. Dapatkan Komisi

Komisi akan didapatkan apabila ada yang menggunakan kode referral kamu. Nah di sini, kamu akan berbagi profit dengan pemilik produk.

Namun, untuk mendapatkan komisi tak melulu mengharuskan konsumen membeli suatu produk terlebih dahulu, lho. Bergantung dari perusahaannya, sebab setiap perusahaan memiliki kebjakan masing-masing. Ada tiga jenis komisi dari program afiliasi yaitu per penjualan, per lead, dan per klik.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *