Tanggal:17 June 2024
komunikasi pemasaran

Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Komunikasi pemasaran adalah strategi jitu yang harus diperhatikan dalam dunia bisnis. Startup utamanya, membutuhkan hal tersebut untuk memperluas interaksi dan jangkauan yang dimilikinya. 

Hubungan yang  baik didapatkan dari kontak yang baik pula. Kontak dapat terjalin ketika terjadi komunikasi yang efektif dan menguntungkan. Setelah kontak terjalin, cara mempertahankannya juga tak boleh diabaikan. Dengan mempertahankan hal tersebut, perusahaan akan sangat diuntungkan. Mereka dapat menjual produk, memperoleh mitra, dan menjangkau pelanggan dengan mudah, lho.

Lalu, apa itu komunikasi pemasaran? Artikel ini, akan membahas mengenai pengertian, tujuan, dan manfaatnya. Penasaran? Simak hingga akhir, ya!

Baca juga : Apa itu Strategi Pemasaran 4P? Berikut Pengertian, Penerapan, dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Melansir dari accurate.id, komunikasi pemasaran adalah strategi penyampaian pesan untuk tujuan pemasaran kepada pembeli melalui media yang berbeda. Biasanya, hal ini menjadi tanggung jawab seorang public relation (PR). Seorang PR harus menyiapkan strategi dengan tepat karena berhubungan dengan kegiatan promosi. Namun, kontribusi dari anggota lain juga tetap dibutuhkan untuk jalannya strategi ini.

Dalam penyampaiannya, terdapat tiga elemen yang harus diperhatikan. Ketiga elemen tersebut adalah pesan, target atau sasaran, dan media penyampaian. Elemen pesan berisi isi dari hal yang ingin disampaikan kepada pembeli. Sementara itu, sasaran adalah lawan bicara Anda. Elemen media merupakan jenis media yang digunakan dalam pengimplementasiannya. 

Agar komunikasi pemasaran berjalan efektif, ketiga hal tersebut harus saling berkesinambungan. Tak hanya berkesinambungan, penentuannya juga harus tepat. Jika beberapa hal di atas diperhatikan dengan benar, komunikasi pemasaran akan berjalan dengan lancar.

Baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Channel Marketing

Tujuan Komunikasi Pemasaran

tujuan komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki tujuan-tujuan khusus bagi bisnis. Tujuan-tujuan tersebut akan dibahas secara lengkap di bawah ini

1. Menjalin koneksi

Komunikasi pemasaran bertujuan untuk menciptakan adanya koneksi antara perusahaan dengan pembeli.  Perusahaan dapat terhubung dengan pembeli melalui media apa pun. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan keakraban dan rasa nyaman akan terbentuk. Ketika keakraban dan rasa nyaman sudah tercipta, kepercayaan akan muncul seiring berjalannya waktu.

2. Feedback  berupa masukan

Masukan-masukan atas kekurangan produk bisa didapatkan melalui feedback pembeli. Masukan dari pembeli didapatkan dengan komunikasi pemasaran berbentuk survei dan kuisioner. Dengan demikian, pelanggan merasa dilibatkan dalam kemajuan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hasilnya untuk keperluan evaluasi produk. Sehingga kualitas produk dan layanan yang diberikan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3. Edukasi

Komunikasi pemasaran dapat digunakan untuk memperkenalkan produk anda kepada para pembeli. Media yang digunakan dapat berupa praktik demonstrasi. Demonstrasi yang dilakukan dapat secara langsung maupun melalui rekaman video yang diunggah di kanal media sosial. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan fitur tanya jawab jika bisnis yang dijalankan berbentuk website atau aplikasi.

4. Branding

Memperkuat citra produk kepada pelanggan merupakan salah satu tujuan adanya komunikasi pemasaran. Citra produk dibentuk agar produk melekat dengan kuat pada pembeli. Komunikasi pemasaran yang konsisten terhadap segala bentuk promosi, akan menambah nilai jual produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 5 Strategi Branding Produk Yang Menarik

5. Layanan

Email marketing merupakan media komunikasi yang dapat digunakan sebagai kampanye penjualan. Layanan-layanan yang ditawarkan dapat meningkatkan kualitas layanan pembeli. Selain email marketing, website berbentuk blog juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi produk.

6. Penjualan

Tujuan utama adanya komunikasi pemasaran adalah untuk menjual produk dan layanan perusahaan. Ketika semua tujuan di atas telah tercapai, tujuan utamanya akan tercapai dengan sangat mudah. Dampak yang signifikan juga dapat dirasakan untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Baca juga : 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

Manfaat Komunikasi Pemasaran

manfaat komunikasi pemasaran

Selain memiliki tujuan, tentu komunikasi pemasaran juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini merupakan manfaat-manfat dari komunikasi pemasaran.

1. Membangun kepercayaan merek

Pembeli akan lebih percaya pada produk yang sering mereka lihat secara konsisten. Komunikasi konsisten yang dilakukan melalui segala bentuk media akan melekat di pikiran pembeli. Sehingga, pembeli dengan mudah mengingat dan mempercayai produk perusahaan Anda dengan baik. Dengan demikian, copywriting menjadi hal paling diperhatikan untuk mengkomunikasikannya. Tak hanya copywriting, jurnalis dan media publikasi juga menjadi hal yang tak kalah serius.

2. Menjangkau pembeli sesuai sasaran

Sasaran atau audience merupakan satu dari tiga elemen komunikasi pemasaran. Dalam proses ini, perusahaan perlu memahami audience dengan baik. Anda harus melakukan survei terhadap berbagai media yang biasanya dijangkau oleh orang-orang yang menjadi sasaran bisnis. Pemilihan media yang tepat berdampak pada tepatnya sasaran penyampaian pesan.

3. Mencapai ROI positif

Bagi tim PR, strategi komunikasi pemasaran merupakan tugas utama yang diembannya. Mereka melakukan edukasi, branding, dan interaksi yang ujungnya untuk meningkatkan penjualan. Analisis baik tidaknya strategi dapat dianalisis melalui teknologi digital. Branding yang baik, sasaran yang sesuai, dan media yang tepat akan menunjukkan hasil yang positif. 

Strategi komunikasi pemasaran yang efektif akan membantu meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. Tak hanya itu, koneksi akan terjalin dengan mudah dalam proses tersebut. Anda juga  bisa melakukan evaluasi terhadap produk dan layanan berdasarkan feedback pembeli. Evaluasi yang dilakukan akan meningkatkan kualitas bisnis Anda. 

Selain menentukan komunikasi pemasaran, Anda juga perlu mempelajari strategi pemasaran. Vocasia menawarkan kursus yang bisa diikuti untuk meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran berbasisi digital. Cukup klik tautan berikut ini untuk mendaftar sekarang juga.

Baca juga : Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *