Tanggal:03 May 2024

People Management adalah: Pengertian, Manfaat, dan Skill

Seorang pemimpin memerlukan keahlian people management yang efektif untuk meningkatkan komunikasi di tempat kerja dan mempersiapkan kesuksesan karyawan. People management adalah proses melatih, memotivasi, dan mengarahkan karyawan untuk dapat mengoptimalkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan profesional.

Meneliti keterampilan yang membentuk people management akan dapat membantu kamu dalam menemukan kekuatan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Dalam sebuah tim, seorang manajer atau pemimpin bertanggung jawab untuk mengorganisasi banyak orang dan tugas yang berbeda. Jika tidak memiliki kemampuan mengorganisasi orang, akan sulit bagi mereka untuk mengatur dan membuat proses kerja berjalan dengan semestinya.

Artikel ini akan membahas mengenai keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam melakukan proses people management, manfaat, dan keahlian yang dibutuhkan.

Definisi People Management

People management adalah proses melatih, memotivasi, dan mengarahkan karyawan untuk dapat mengoptimalkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan profesional. Proses ini penting untuk dilakukan dan dikuasai oleh pemimpin di tempat kerja, baik itu pemimpin tim, manajer, ataupun kepala departemen. 

Pemimpin dengan kemampuan people management yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman untuk bekerja di bawahnya. Hal tersebut dikarenakan karyawan merasa dibimbing, diperhatikan, dan dimotivasi agar pekerjaannya bisa diselesaikan dengan baik dan kinerjanya dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Pada dasarnya, proses atau kemampuan ini ditujukan untuk mengorganisasi sumber daya manusia ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, perusahaan dapat terus bertumbuh dan berkembang hingga mencapai tujuannya.

Manfaat People Management

People management memiliki kegunaan atau manfaat dalam berbagai situasi di lingkungan kerja, diantaranya adalah:

Menangani Konflik antar Individu

Manajer dan Karyawan dalam posisi kepemimpinan memiliki peran penting dalam penyelesaian konflik. People management yang efektif dapat membantu untuk menengahi konflik antar karyawan dengan cara mendorong kolaborasi dan rasa hormat.

Membimbing Pelatihan Karyawan

Pemimpin bertanggung jawab untuk memasukkan karyawan baru dan melatih karyawan saat ini mengenai proses yang diperbarui. Anda dapat menggunakan elemen dari people management untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan membimbing karyawan sehingga mereka dapat berhasil di posisi mereka.

Baca juga| Talent Management: Pengertian, Manfaat, Dan Tujuannya

Mengelola Deadlines

Mengarahkan karyawan termasuk memberikan assignment dan menetapkan tujuan. People management yang efektif dapat membantu kamu mengevaluasi sumber daya tim dan menetapkan deadlines realistis yang mendorong kemajuan progres.

Membangun Budaya Perusahaan

Posisi kepemimpinan memungkinkan kamu untuk secara positif memengaruhi lingkungan kerja. Anda dapat menggunakan people management untuk membangun hubungan baik dengan karyawan. Kamu juga bisa meminta feedback dari tim tentang perspektif mereka tentang perusahaan dan kemudian mengubah umpan balik itu menjadikan actionable change menjadi budaya perusahaan yang dapat dikembangkan oleh setiap karyawan.

People management adalah hal yang dibutuhkan setiap orang. (Image: Freepik)

Skill yang Dibutuhkan dalam People Management

Dalam proses people management, terdapat lima keterampilan yang setidaknya harus dimiliki oleh setiap pimpinan kerja, yakni keterampilan berkomunikasi, mendengarkan, manajemen konflik, kolaborasi, dan fleksibel.

1. Komunikasi

Komunikasi adalah hal dasar yang harus dikuasai oleh setiap orang. Terutama bagi para pemimpin di tempat kerja yang akan sering melakukan komunikasi secara langsung dengan karyawan. Tanpa kemampuan komunikasi, akan sulit bagi mereka untuk dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan detail kepada seluruh karyawan.

2. Kemampuan Mendengar

Seorang pemimpin di tempat kerja harus memiliki kemampuan mendengarkan atau active listening. Karyawan pasti akan mengalami kendala di dalam pekerjaannya, sehingga mereka membutuhkan tempat untuk bertanya atau bercerita mengenai kendala tersebut. Dalam kondisi ini, kamu harus terbiasa untuk mendengarkan dan menyimak dengan baik. Ketika mereka meminta saran, berikan saran terbaik agar mereka dapat menyelesaikan masalahnya.

3. Manajemen Konflik

Potensi konflik akan selalu ada di setiap lingkungan kerja. Karena itu, pimpinan tim harus bisa menjadi penengah jika sewaktu-waktu konflik ini terjadi. Tujuannya adalah agar konflik dapat teratasi dan tidak bertambah parah sehingga berdampak buruk terhadap kinerja tim ke depannya.

4. Kolaborasi

Seorang pimpinan tim harus memiliki kemampuan berkolaborasi karena ia akan menangani beberapa tugas yang berbeda. Kemampuan kolaborasi ini tentu tidak hanya dengan karyawannya saja, melainkan juga dengan pimpinan tim lain di dalam atau di luar perusahaan.

5. Fleksibel

Seorang pimpinan tim harus bisa bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi. Akan ada waktu di mana kamu diharuskan mengambil keputusan dan tindakan dengan cepat. Hal ini tentu harus diimbangi dengan kemampuan berpikir yang cepat agar dapat memutuskan dengan tepat.

Baca juga| Self Management: Pengertian, Aspek, Dan Cara Meningkatkannya

Kemampuan people management sangat penting untuk peran. (Image: Freepik)

Cara Mengembangkan Skill People Management

Kemampuan people management sangat penting untuk peran kepemimpinan. Mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan dapat membantu kamu untuk memutuskan keterampilan yang berbeda untuk tumbuh. Gunakanlah strategi ini untuk mengembangkan skill people management.

1. Fokus pada Individual Skill

People management adalah seperangkat skill yang luas. Pilihlah skill tertentu dari skill yang telah dijelaskan di atas misalnya resolusi konflik, kemudian pelajari lebih lanjut mengenai skill tersebut, manfaatnya dan cara menerapkannya di tempat kerja.

2. Mendaftar di Kursus Professional Development

Beberapa perusahaan menawarkan program pelatihan manajemen mereka sendiri sementara yang lain mungkin mensponsori karyawan untuk mengambil kursus di tempat lain. Kamu juga dapat menemukan kursus online atau melalui lembaga pendidikan.

3. Temukan Mentor atau Pelatihan Bisnis

Perhatian khusus atau terarah adalah cara yang bagus untuk mengembangkan skill people management dengan cepat. Mentor dan pelatih bisnis dapat memberikan umpan yang dipersonalisasikan dan strategi spesifik yang dapat ditindaklanjuti.

4. Mintalah Umpan Balik atau Saran dari Manajer lain

Mintalah saran kepada manajer atau supervisor tentang cara mengembangkan skill manajemen karyawan dan peluang potensi leadership dimana nantinya kamu akan dapat mendemonstrasikan dan melatih skill tersebut.

Baca juga| Pengertian Costumer Relationship Management

Sekian penjelasan mengenai people management. People management adalah hal harus dikuasai oleh manajer atau pimpinan tim agar karyawan dapat meningkatkan kinerjanya dan mengoptimalkan produktivitas nya. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih terdorong pertumbuhan bisnisnya sehingga mampu mencapai tujuannya. 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *