Tanggal:21 February 2024

Self Management: Pengertian, Aspek, dan Cara Meningkatkannya

Memiliki manajemen diri atau self management adalah salah satu hal yang dapat menunjang kesuksesan karier kamu di masa depan. Pasalnya, perusahaan melihat karyawan dengan skill self management yang baik sebagai aset yang penting bagi mereka. Bahkan, skill ini juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam lingkup pekerjaan, karyawan yang memiliki self management yang baik bisa memaksimalkan produktivitasnya, meningkatkan kinerjanya dan secara efisien bergerak mencapai tujuan yang ada. Dengan begitu, perusahaan akan percaya bahwa kamu bisa mengatur berbagai aspek dari dirimu sendiri. Jadi, perusahaan tidak perlu terlalu banyak menuntunmu.

Nah, agar kamu semakin paham dengan istilah self management ini, berikut kami uraikan pengertian self management, aspek, dan cara meningkatkannya. Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

Pengertian Self Management

Pengertian Self Management. Sumber: pexels.com

Dikutip dari Trello, self management adalah kemampuan mengembangkan pribadi dan profesionalitas seseorang secara mandiri tanpa adanya pengaruh eksternal. Manajemen diri atau self management adalah kemampuan untuk mengendalikan diri akan suatu tindakan yang sedang dilakukan atau hendak dilakukan, baik dari aspek pikiran maupun ucapan, agar dirinya terdorong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Self management merupakan salah satu penerapan teori modifikasi perilaku gabungan behavioristik dan kognitif sosial. Manajemen diri dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar, mengontrol berat badan, mengurangi kebiasaan merokok, kebiasaan belajar yang buruk, kecemasan, mengurangi kebiasaan berkata jorok, dan lain-lain.

Self management adalah teknik konseling yang paling efektif, karena perubahan tingkah laku yang terjadi didasarkan pada kemauan, kesadaran dan kemampuan individu sendiri sehingga bertahan lebih lama. Individu akan menganggap bahwa keberhasilan tersebut bukan terjadi atas usahanya sendiri dan ada campur tangan orang lain yang berupa stimulus lingkungan, tetapi usaha diri sendirilah yang lebih berpengaruh.

Baca juga: Self Employed: Definisi, Jenis, dan Kelebihan

Aspek-Aspek Self Management

Aspek-Aspek Self Management. Sumber: pexels.com

1. Self-Motivation

Self-motivation adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Kamu bisa memulai dan menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu diminta oleh orang lain. Keinginan untuk melakukan pekerjaan tersebut datang dari dalam dirimu sendiri.

2. Goal Setting

Sebagai seseorang dengan kemampuan goal setting yang tinggi, kamu bisa menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang hidupmu. Hal tersebut juga berlaku dalam pekerjaan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menentukan langkah-langkah yang kamu perlukan untuk mencapai tujuan itu.

3. Time Management

Waktu adalah sesuatu yang amat berharga. Bahkan, banyak orang menyebut, “Waktu adalah uang.” Sebagai seseorang dengan self management yang baik, kamu tentu memiliki time management yang baik pula. Kamu tahu bagaimana cara mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Waktu 24 jam sehari tidak akan terasa kurang bagimu.

4. Stress Management

Menurut Global Organization of Stress, 80% karyawan merasa stres saat bekerja. Selain itu, hampir setengahnya mengatakan bahwa mereka membutuhkan bantuan dalam mempelajari cara mengelola stres. Hal ini menunjukkan bahwa stress management bukanlah hal yang mudah, terutama di dunia kerja. Oleh karena itu, kamu bisa meningkatkan stress management-mu dengan berbagai cara, seperti meditasi, menjaga pola makan sehat, olahraga, hingga journaling.

5. Organization

Self management juga terkait dengan kemampuan organisasi yang baik. Kemampuan organisasi di sini berarti kamu bisa mengatur porsi energi, waktu, kesehatan fisik, kesehatan mental, dan sebagainya. Apabila semua itu berhasil diatur dengan baik, kamu akan lebih mudah menerapkan berbagai poin sebelumnya.

Baca juga: 7 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Tips Meningkatkan Self Management

Tips Meningkatkan Self Management. Sumber: pexels.com

1. Jangan Menunda Pekerjaan

Setiap manusia pasti pernah menunda-nunda pekerjaannya. Cobalah untuk membiasakan diri agar tidak sering menunda segala sesuatu, sekecil apapun itu. Hal itu sangat berdampak pada keterampilan self management sebab melatih diri individu untuk bersikap disiplin dan bertanggung jawab atas segala sesuatunya.

2. Membuat Priority Scales

Individu yang hendak menerapkan dan meningkatkan keterampilan self management-nya tentu akan menentukan skala prioritas di segala aktivitas atau pekerjaannya. Hal itu karena skala prioritas menjadi salah satu metode yang sangat efektif dan baik untuk mengatur manajemen waktu seorang individu. Coba untuk mulai menentukan dan mendahulukan pekerjaan atau tugas yang lebih mendesak daripada yang lainnya.

3. Mengakui Kesalahan Diri

Dengan mengakui kesalahan diri, tentunya itu akan berdampak pada peningkatan keterampilan self management. Hal itu karena saat seorang individu melakukan kesalahan dan tidak mau mengakui kesalahan tersebut dan malah menyembunyikannya, tentu beban dalam diri individu itu akan semakin besar dan akan berdampak pada keterampilan self management-nya.

Dengan mengakui kesalahan, itu berarti individu itu telah siap untuk menerima segala macam masukan, juga saran yang pastinya akan berguna pula bagi pengalaman dirinya di masa mendatang, dan dengan begitu masalah yang dimilikinya juga segera terselesaikan dengan baik. Maka, jangan coba-coba jadi individu yang menyembunyikan kesalahan atau melimpahkan kesalahan diri pada orang lain.

4. Evaluasi Diri dan Hal-hal yang Telah Dilakukan

Hal berikutnya yang dapat dilakukan guna meningkatkan keterampilan self management, yakni mengevaluasi diri dan hal-hal yang telah dilakukan. Saat raga ini sudah berusaha sekuat tenaga dalam melakukan segala aktivitas atau pekerjaan guna mencapai tujuan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi pada diri.

Coba untuk pikirkan apakah diri ini mampu menjauhi distraksi selama seharian melakukan pekerjaan atau tugas tersebut? Apakah semua deadline di hari ini telah terpenuhi? apakah cara atau metode yang telah dilakukan sudah membawa diri pada tujuan yang hendak direncanakan atau justru malah semakin menjauhkan?

Baca juga: 

Demikianlah, pembahasan lengkap mengenai self management. Berdasarkan penjelasan di atas, jadi, apakah kamu sudah memiliki self management yang baik? Jika belum, kamu bisa menerapkan cara-cara di atas agar manajemen dirimu semakin terbentuk. Dengan demikian, kamu bisa mengaplikasikan skill tersebut dalam pekerjaanmu. Semoga berhasil!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *