Tanggal:16 May 2024
cv ats dan cv kreatif

Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif, Jangan Sampai Salah!

CV merupakan akronim dari Curriculum Vitae. Berkas satu ini dibuat untuk mencantumkan data, pendidikan, kemampuan, dan hal lain yang pernah dilakukan selama hidup. Tidak jarang, dokumen ini menjadi pegangan bagi HRD atau Human Resource Department dalam menyaring calon pekerja di suatu perusahaan. 

Saat ini, banyak program dan lembaga kursus yang menyediakan cara membuat CV yang dapat menarik perhatian HRD. Konon, HRD hanya cukup melihat sekilas dokumen yang tersaji di depannya dan dapat langsung memutuskan kelayakan calon pekerja berdasarkan kualifikasi perusahaan. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba menyusun CV miliknya sebaik mungkin. 

Dalam perkembangannya, berkas satu ini mengalami pengelompokkan yang didasarkan pada kebutuhan dan preferensi masing-masing perusahaan. Berkas tersebut terbagi menjadi dua, yakni CV ATS dan CV kreatif. Apa perbedaan keduanya? Simak penjelasan berikut ini! 

CV ATS 

cv ats

Ilustrasi CV ATS (sumber: pixabay)

Baca juga: 6 Cara Membuat CV ATS Friendly, Dijamin Lolos Screening!

Sebelum mengetahui perbedaan antara CV ATS dan kreatif akan dibahas terlebih dahulu pengertian dari CV ATS. Sebenarnya, apa itu ATS? ATS merupakan akronim dari Applicant Tracking System. Berdasarkan kepanjangan tersebut dapat diketahui ATS merupakan sistem yang digunakan HRD atau tim rekrutmen dalam menyortir pelamar yang mendaftarkan dirinya ke perusahaan. Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan algoritma dan kata kunci perusahaan. 

Kata kunci yang dimaksud sebelumnya biasanya berisi pengalaman kerja di bidang yang diinginkan perusahaan, kemampuan yang dimiliki, atau riwayat pendidikan calon pekerja. Dengan begitu, HRD akan lebih mudah memilah calon pekerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. 

Dikarenakan operasi yang dijalankan secara otomatis, riwayat hidup yang dibuat harus seminimalis mungkin. Biasanya, riwayat hidup ATS friendly tidak mencantumkan foto di dalamnya dan menggunakan font standar. Alasannya, agar riwayat hidup mudah terbaca dan masuk daftar calon pekerja teratas di perusahaan. 

Baca juga: Membuat Sebuah CV Apakah Harus Mencantumkan Hobi?

Riwayat hidup jenis ini dapat digunakan apabila kamu ingin melamar di perusahaan besar, seperti BUMN atau e-commerce. Biasanya, posisi yang menginginkan riwayat hidup jenis ini bersifat formal, seperti business development. Media yang dapat kamu gunakan untuk mengirim riwayat hidup ini ialah website perusahaan atau website job portal

Perkembangan teknologi menyebabkan pembuatan riwayat hidup ATS friendly mudah dikurasi sesuai riwayat hidup calon pekerja. Tidak hanya itu, riwayat hidup yang telah dibuat dapat diunduh secara langsung dan dikirimkan pada perusahaan dengan memanfaatkan jaringan internet

CV Kreatif 

cv kreatif

Ilustrasi CV kreatif (sumber: pexels)

Telah disinggung sebelumnya CV ATS perlu dibuat se-simple mungkin agar terbaca oleh sistem tracking, CV kreatif memiliki konsep yang berbeda. Riwayat hidup satu ini memanfaatkan daya kreativitas yang dimiliki oleh calon pekerja dalam mengkurasi data diri dan berbagai kemampuannya. Desain yang menarik dan berwarna menjadi ciri yang menonjol dari riwayat hidup ini. 

Dengan berkembangnya industri kreatif, sumber daya manusia yang kompeten di bidang kreatif makin dibutuhkan. Sebut saja graphic designer, illustrator, dan art director yang seluruhnya menggunakan daya kreativitas selain kemampuan akademik. Maka dari itu, riwayat hidup kreatif ini cocok digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang kreatif. 

Apabila dibandingkan dengan riwayat hidup ATS sebelumnya, riwayat hidup kreatif ini tidak hanya berisi tulisan, tetapi juga berisi visual, seperti gambar atau ilustrasi. 

Riwayat hidup ini juga dapat digunakan sebagai bagian portofolio dari calon pekerja. HRD dapat menilai desain dan hasil kurasi dari calon pekerja apakah sudah memenuhi kualifikasi yang diinginkan perusahaan atau belum. 

Perusahaan yang biasanya akan menerima riwayat hidup ini adalah perusahaan yang berskala kecil dan menengah. Pengirimannya dapat langsung ditujukan langsung pada manajer atau HR melalui surel. Dikarenakan riwayat hidup yang mengedepankan visual dan kreativitas pemeriksaannya dilakukan secara manual. 

Perbedaan CV ATS dan CV Kreatif 

Perbedaan kedua jenis riwayat hidup ini dapat diketahui dari paparan berikut ini. 

1. Pemilihan Kata Kunci di Dalam CV 

Melamar pekerjaan dengan menggunakan CV, tentu mengedepankan relevansi posisi yang ingin diraih dan kemampuan yang dimiliki. Berdasarkan hal tersebut, pemilihan kata kunci dalam pembuatan riwayat hidup. Pemilihan kata kunci ini ditekankan pada riwayat hidup berjenis ATS. 

Telah disinggung sebelumnya mengenai sistem otomatis yang digunakan dalam ATS membuat riwayat hidup yang dibuat perlu memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan perusahaan. Oleh karena itu, pemilihan kata kunci yang tepat dapat menunjang rating riwayat hidup milikmu. Apabila rating dari riwayat hidup yang kamu miliki berada pada posisi teratas, peluang kamu melaju ke proses penerimaan selanjutnya akan semakin tinggi. 

Meski mengutamakan visual dan desain yang ciamik, riwayat hidup kreatif juga perlu menyesuaikan kata kunci yang akan dipilih. Selain kreativitas, skill yang kamu miliki juga menjadi poin tambahan untuk melebarkan peluang meraih posisi yang diinginkan. 

2. Visual yang Berbeda 

Layout dari CV kreatif lebih menonjolkan desain dan warna-warna yang mencolok dibanding CV ATS. Maka dari visual yang ditampilkan pun sudah terlihat perbedaannya. 

CV kreatif juga menampilkan ornamen dan elemen lain yang menarik mata untuk melihat serta pemilihan font yang beragam sebagai bentuk kreativitas. 

Adapun, dalam riwayat hidup ATS friendly, font dan desain yang ditawarkan lebih sederhana. Bahkan, warna-warna yang dipilih di dalamnya hanya menggunakan warna hitam dan warna putih yang digunakan untuk layout-nya. Berdasarkan hal tersebut dapat terlihat perbedaan jauh dari kedua jenis riwayat hidup melalui tampilannya, bukan?

Baca juga: 7 Website Gratis Untuk Membuat CV Menarik!

3. Perusahaan dan Posisi yang Ingin Diraih 

Ilustrasi screening CV (sumber: pexels)

Selanjutnya, dalam pembuatan riwayat hidup perlu memperhatikan perusahaan yang akan dilamar dan posisi yang ingin diraih. Apabila kamu berkeinginan bekerja di sebuah perusahaan kreatif atau sebuah agensi, maka diperlukan riwayat hidup yang kreatif. Adanya riwayat hidup kreatif juga menjadi bukti nyata kemampuan yang dimiliki. 

Riwayat hidup ATS sendiri biasanya digunakan untuk melamar ke perusahaan korporat dan biasanya memiliki skala besar. Perusahaan yang besar dan populer biasanya mengandalkan sistem otomatis ATS untuk menyortir calon pekerja. 

Itu dia perbedaan dari CV ATS dan CV kreatif yang perlu kamu ketahui. Selain berbekal skill dan kompetensi yang mumpuni, kamu juga perlu dengan cermat menentukan riwayat hidup jenis apa yang perlu dilamar. 

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai tips dan trik dalam membuat sebuah CV, ikuti kelas Membuat CV yang Ramah Applicant Tracking System (ATS) bersama Vocasia. Yuk, jangan sampai terlewat! 

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *