Tanggal:17 June 2024
Perencanaan produksi massal.

Perencanaan Produksi Massal: Pengertian dan Poin Pentingnya

Perencanaan merupakan salah satu tahapan yang paling krusial dalam sebuah usaha. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan perencanaan dapat berdampak langsung pada pendapatan yang akan didapatkan sebuah perusahaan. Perencanaan yang baik tentu saja akan membuat pendapatan perusahaan akan mengingkat. Begitupun sebaliknya. Sebuah perencanaan yang asal-asalan akan membuat pendapatan sebuah perusahaan akan menurun. Hal itu karena perencanaan akan mempengaruhi efisiensi kerja, seperti keterlambatan suplai yang datang ataupun adanya penambahan biaya produksi yang tak diperkirakan

Adanya hambatan atau permasalahan tersebut tentunya dapat dihindari jika dilakukannya perencanaan yang baik dan benar ini. Oleh karena itu, ketika kamu sedang membuka sebuah usaha dan ingin memproduksi sesuatu, kamu juga harus melakukan perencanaan produksi massal terlebih dahulu, sehingga kerugian yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Namun, sebelum berlanjut membahas mengenai bagaimana melakukan perencanaan produksi massal ini, alangkah lebih baiknya untukmu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dan poin penting apa saja yang harus kamu perhatikan mengenai perencanaan produksi massal. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Pengertian Perencanaan Produksi Massal

Pengertian perencanaan produksi massal.
Pengertian perencanaan produksi massal. Sumber: Pexels

Perencanaan produksi massal adalah sebuah rencana yang dilakukan sebelum memproduksi sebuah barang dalam jumlah besar-besaran. Untuk menghindari adanya kesalahan bahkan kerugian, tentunya proses perencanaan produk massal ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Biasanya dalam proses ini, akan ditentukan berbagai hal, misalnya saja warna produk, jumlah unit produk, bentuk, dan lain sebagainya. Dalam produksi massal ini juga semua proses produknya dilakukan secara berkesinambungan alias tak pernah putus. Oleh karena itulah, perencanaan sebelum produksi massal harus dilakukan, sehingga pada saat produksi tidak ada kesalahan satupun.

2. Tujuan Perencanaan Produksi Massal

Tujuan perencanaan produksi massal
Tujuan perencanaan produksi massal. Sumber: Pexels

Perencanaan produksi massal dilakukan oleh banyak perusahaan untuk meminimalisasikan kesalahan dalam proses produksi, sehingga nantinya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan ketika membuat banyak produk bisa seminimal mungkin, sedangkan keuntungan yang diperoleh bisa maksimal. Selain itu, perencanaan produksi massal juga dilakukan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dan perlengkapan serta inventaris publik. Adanya perencanaan produksi massal ini juga dilakukan sehingga perubahan tenaga kerja dan nilai produksi bisa diminimalisasikan.

3. Fungsi Perencanaan Produksi Massal

Fungsi perencanaan produksi massal.
Fungsi perencanaan produksi massal. Sumber: Pexels

Selain memiliki fungsi sebagai alat untuk meningkatkan pendapatan sebuah perusahaan, perencanaan produksi massal juga tentunya memiliki beragam fungsi lainnya. Perencanaan produksi massal ini berfungsi sebagai alat ukur performasi. Jadi, semakin baik perencanaan dilakukan, akan semakin baik pula performasi yang ditunjukkan. Selain itu, fungsi lain dari perencanaan produksi massal adalah bisa menjamin kesesuaian antara rencana penjualan dan produksi karena adanya tahapan planning.

4. Faktor Keberhasilan Perencanaan Produksi Massal

Faktor keberhasilan perencanaan produksi massal.
Faktor keberhasilan perencanaan produksi massal. Sumber: Pexels

Perencanaan produksi massal dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan kesuksesan jika beberapa faktor berikut juga dapat dipenuhi. Nah, apa saja kiranya faktor tersebut? Tentunya sebuah produksi massal dapat berjalan sukses, jika peralatan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sangat memadai. Oleh karena itu, sebelum dilakukannya proses produksi, alangkah baiknya sebuah perusahaan melakukan perencanaan mengenai fasilitas atau peralatan usaha apa saja yang harus ada dan melengkapinya. Selain itu, jumlah SDM yang tepat dengan kualitas kerja yang baik juga tentunya menjadi kunci sukses produksi massal dapat berjalan. Terakhir, adanya tahapan produksi yang berjalan sesuai dengan aturan atau SOP yang berlaku.

5. Tahap Perencanaan Produksi Massal

Tahap perencanaan produksi massal.
Tahap perencanaan produksi massal. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui pengertaian, tujuan, fungsi, dan faktor keberhasilan perencanaan produksi massal, maka selanjutnya adalah mengetahui mengenai tahapan apa saja yang dilakukan ketika ingin merencanakan produksi massal. Adapun tahapan dalam perencanaan produksi massal ini yaitu sebuah perusahaan harus mempersiapkan rencana produksi, merencanakan produksi dan pengadaan bahan baku dari luar, menyusun jadwal penyelesaian produk yang dibuat tersebut, menyampaikan jadwal produk bisa dikirimkan ke pemesan, dan menyusun jadwal proses operasi produk tiap unitnya.

6. Tahap Produksi Massal

Tahap produksi massal.
Tahap produksi massal. Sumber: Pexels

Adapun mengenai tahapan yang dilakukan ketika produksi massal yaitu 1) routing, proses menentukan urutan kerja yang dilakukan dari pemilihan bahan baku mentah hingga menjadi sebuah produk yang siap untuk diedarkan ke pasar industri. Pada tahap ini, perlu diperhatikan dengan benar mengenai kualitas dan kuantitas bahan, tempat produksi, mesin dan fasilitas lain, SDM, serta lain sebagainya. 2) scheduling yaitu melakukan penjadwalan waktu proses produksi dilaksanakan. 3) dispatching yaitu tahapan dimulainnya proses produksi barang.

7. Kelebihan dan Kekurangan Perencanaan Produksi Massal

Kelebihan dan kekurangan perencanaan produksi massal.
Kelebihan dan kekurangan perencanaan produksi massal. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui informasi mengenai perencanaan produksi massal di atas, maka sudah sepatutnya untukmu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada di perencanaan produksi massal ini. Adanya perencaan ini tentunya memiliki beragam kelebihan seperti efisiensi waktu, menghemat biaya produksi yang dikeluarkan, tingkat akurasi dan produksi yang tinggi, serta lain sebagainya. Adapun kekurangan yang dihasilkan dari perencanaan produksi massal yaitu terlalu kaku, tidak adanya variasi produk, dan tidak ada jaminan untuk sukses di pasar industri.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *