Tanggal:25 April 2024
Curriculum Vitae (CV)

Perlu Diketahui Pentingnya Curriculum Vitae Untuk Melamar Kerja

Hallo sobat minvo setelah lulus kuliah nanti dan menjadi fresh graduate pasti kita ingin mendapat pekerjaan impian yang sesuai dengan bidang yang kita minati. Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sahabat minvo sekalian dalam melamar pekerjaan ke perusahaan, dimulai dari meyiapkan diri dengan mendalami dan memperbanyak skill yang dibutuhkan untuk mendapat posisi yang diinginkan di perusahaan. Selain itu terdapat hal penting yang perlu dipersiapkan Ketika kita akan melamar pekerjaan yaitu Curriculum Vitae (CV).
Ketika melamar pekerjaan, pasti akan diminta untuk menyertakan curriculum vitae atau Riwayat Hidup. Curriculum vitae merupakan hal yang penting karena itu merupakan hal yang pertama kali menentukan keberhasilan untuk mendapat pekerjaan. Berikut adalah alasan pentingnya CV dalam melamar pekerjaan:

1. Curriculum Vitae merupakan kesan pertama

Curriculum Vitae merupakan hal yang pertama yang dilihat oleh recruiter. Recruiter akan melihat dan menilai kepribadian kepribadian kita dari lembaran kertas yang berisi riwayat hidup tersebut, bisa dikatakan Curriculum Vitae merupakan kesan pertama yang dilihat oleh perusahaan mengenai diri kamu, oleh karena itu CV harus dibuat dengan sebaik-baiknya.

2. Curriculum Vitae Menjelaskan data diri secara singkat

Data diri yang dicantumkan dalam CV pastikan tertukis secara jelas dan tidak bertele-tele. Oleh karena itu pastikan kamu mengethaui format CV yang baik.

3. Curriculum Vitae Menunjukkan profesionalitas

Profesionalitas sangat berperan dalam dunia kerja. Para HRD dapat melihat profesionalitas para pelamar kerja didalam CV mereka. Curriculum vitae yang dibuat harus mempresentasikan mengenai diri sendiri serta skill yang dimiliki yang sesuai dengan bidang yang akan kamu geluti di perusahaan tersebut.

4. Dengan Curriculum Vitae terlihat keunikan kamu dibanding dengan pelamar lainnya

Di dalam CV dicantumkan tentang pengalaman dan keterampilan masing-masing. Para recruiter dapat melihat keunikan yang kamu miliki dari pengalaman serta keterampilan yang kamu miliki. Jika pengalaman serta keterampilan yang kamu miliki tidak dimiliki oleh pelamar lain, hal tersebut dapat menjadi poin plus untuk kamu. Jadi kemungkinan besar recruiter akan memilih kamu.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat CV

• Pemilihan font yang digunakan

Gunakan font yang basic, seperti Times new roman, Calibri, Arial dengan ukuran font 11 sampai 12. Jangan menggunakan font yang terlalu banyak gaya yang nantinya akan menyusahkan para recruiter dalam membaca CV kamu.

• Perhatikan penggunaan spasi

Pastikan tulisan pada CV tidak terkesan penuh sehingga untuk memudahkan para recruiter dalam membaca CV kamu dan pastikan tak ada informasi apapun yang terlewat.

• Memilih warna yang tepat

Hindari penggunaan warna yang mencolok dalam CV kamu.

• Pastikan tidak terdapat typo

Dalam pembuatan CV pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan CV kamu, Itu merupakan salah satu hal yang dinilai oleh recruiter untuk menilai ketelitian kamu. Buat CV dengan sebaik mungkin, serta baca berulang kali untuk memastikan tidak ada typo dalam CV kamu.

Nah setelah melihat penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa Curriculum Vitae merupakan hal yang sangat penting dalam melamar pekerjaan, oleh karena itu sobat minvo sekalian harus mengetahui dan memahami bagaimana membuat CV dengan baik dan professional. Ingat ya sobat minvo buat CV kamu dengan jujur dan cantumkan hal-hal yang bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Vocasia menyediakan kursus bagaimana membuat CV dengan baik agar mendapat pekerjaan yang diinginkan. Bagi sobat minvo yang tertarik bisa klik link dibawah ini atau bisa kunjungi Vocasia.id

Penulis : Elsa Novia Ramdani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *