Tanggal:22 February 2024

Apa itu content creator? Apakah bisa disebut sebagai sebuah profesi?

 

Apa itu Content Creator?

Sebelumnya adakah yang mengenal Ria Ricis, Tasya Farasya, Atta Halilintar? Nama-nama tersebut adalah contoh dari salah satu content creator yang berasal dari Indonesia. Masing-masing dari mereka memiliki ciri khas yang unik tersendiri untuk membuat kontennya sendiri untuk menarik engagements. Pengertian disini adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam membuat konten. Konten tersebut bisa berupa video, tulisan, film, audio, photography atau yang lainnya. Ia juga memiliki kemampuan dalam mengoperasikan sebuah software atau aplikasi untuk mempublikasikan pada berbagai platform media. Bisa menggunakan Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook, atau Blog.

Mungkin sebagian orang meremehkan dari seorang content creator. Hal itu dikarenakan mereka melihat tugas yang dikerjakan terbilang mudah hanya dengan mengupload foto/ video yang menarik saja. Namun pada faktanya, ia harus memiliki keahlian dalam mencari ide inovasi pada tiap konten yang akan ia buat nanti. Tidak hanya itu, ia juga harus memiliki skill dalam mengedit foto atau videonya terlihat menarik agar mendatangkan views.

Seorang content creator memiliki job desc untuk mencari ide dan mengumpulkan ide serta data tersebut untuk melakukan riset singkat dalam membuat konsep yang akan menjadi sebuah konten. Selanjutnya ide tersebut dieksekusikan agar menjadi konten yang sesuai dengan ciri khas dari pembuatnya dan bertujuan dalam menciptakan branding yang membedakan dengan content creator lainnya yang. Nantinya konten yang dibuat dapat memenuhi tujuan awal pada saat pembuatannya.

Seorang content creator juga membutuhkan pengetahuan tentang apa itu media dalam memproduksi konten, kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan isi konten tersebut nantinya, serta teknik dalam mempublikasikan konten itu. Tidak hanya itu, ia juga harus memastikan konten yang dibuatnya nanti apakah bisa memberikan informasi baru, menghibur audiens baik dalam bentuk tulisan, lisan maupun media visual pada konten tersebut nantinya.

Apakah bisa disebut sebagai sebuah profesi?

Pada umumnya job desc dari profesi tersebut adalah membuat sebuah konten yang dapat menghibur audiens supaya mendatangkan feedback supaya akun dapat tumbuh besar dan dikenal banyak orang sehingga menjadi nilai tersendiri untuk mendapatkan penghasilan dari ads yang bisa ditawarkan. Dalam ruang lingkupnya, content creator terbagi menjadi beberapa contohnya yaitu seorang yang bekerja untuk pribadi seperti contohnya ia bisa memilih sebuah tema kontennya sendiri tanpa campur tangan siapa pun.

Namun nyatanya menjalani pekerjaan tersebut membutuhkan proses yang lama agar bisa dikenal banyak orang. Diperlukan sikap optimis dan percaya diri dalam menekuni bidang tersebut. Tidak hanya itu, dibutuhkan keahlian seperti bisa bekerja dimanapun sesuai dengan tema konten yang ia buat nanti baik di studio, lapangan luas, cafe, tempat wisata ataupun di rumahnya sendiri. Untuk itulah diperlukan ide gagasan yang inovatif pada setiap konten yang akan dibuatnya agar menjadi hal unik tersendiri dari pesaing lainnya. Berikut beberapa prospek kerja dari seorang content creator agar bisa menghasilkan cuan nantinya :

1. Instagrammer

Content creator yang menggunakan media sosial instagram biasa disebut instagrammer atau sering dikenal dengan selebgram. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa content creator membuat beberapa konten untuk menarik audiens. Seperti contoh berikut yaitu instagrammer bernama Tasya Farasya, ia memfokuskan kontennya bertema beauty antusias. Pada kontennya, Tasya Farasya membuat konten seperti tutorial make up, review produk skin care, dan lain-lain. Pada konten instagram berupa feed aesthetic, video reels, insta story, ataupun live instagram. Lalu untuk memperoleh penghasilan dari menjadi content creator instagram adalah dengan membuka endorse bagi brand-brand yang ingin dipromosikan produknya pada akun instagram.

Untuk membangun akun instagram sehingga memiliki ribuan bahkan jutaan followers diperlukan strategi dan konsistensi dalam menjalankannya. Salah satunya yaitu dengan konsisten memilih tema untuk akun instagram, mengupload foto yang menarik dengan berkualitas tinggi demi mendapatkan feedback berupa likes dan comment. Selanjutnya yaitu memberikan caption unik dan informatif untuk memberikan gambaran yang cocok dengan postingan yang akan diupload nantinya.

2. Youtuber

Di era pandemi saat ini, banyak masyarakat mencari hiburan tambahan dari sekedar tayangan di televisi. Untuk itu, mereka mencari channel youtube yang dapat menghibur mereka karena memiliki kesamaan hobi atau menyukai artis yang diidolakannya. Fenomena inilah yang menjadikan seorang Youtuber memfokuskan kontennya dari sekedar hobi menjadi sebuah profesi yang banyak diminati untuk bisa menarik audiens. Lalu untuk memperoleh penghasilan dari menjadi content creator Youtube adalah dengan ads pada saat menonton video. Semakin tinggi jumlah subscriber tersebut maka semakin mahal pula penghasilan seorang content creator youtube (youtuber).

3. Travel Blogger

Pada sebagian seorang yang memiliki hobi berwisata tentunya bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk menjadi travel blogger. Tentunya tiap perjalanan wisata yang dikunjungi akan memiliki beberapa cerita yang berkesan di lokasi tempat tersebut misalnya ketika berkunjung ke luar negeri maupun tempat terkenal yang populer lainnya. Biasanya pengalaman tersebut akan diabadikan pada cerita dalam sebuah blog atau biasa disebut travel blogger.

Hal tersebut bisa dijadikan sebuah profesi karena bisa menghasilkan ladang cuan. Pada awalnya seorang travel blogger juga memiliki hobi berupa senang berpergian ke tempat wisata yang menarik. Hal yang biasa dilakukan dari seorang travel blogger adalah berjalan-jalan atau travelling ke berbagai destinasi yang menarik.

Dari Penjelasan diatas gimana? apakah tertarik untuk menjadi seorang content creator? Jika tertarik dan ingin memulai menjadi content creator. Namun teman-teman bingung bagaimana cara membuat content video di smartphone? Maka kami sarankan untuk berkunjung ke https://bit.ly/3OXVRN4 untuk mendapat pelatihan skill lebih. Untuk informasi lebih lanjur bisa kunjungi ke vocasia.id  dan mengikuti kursus lainnya.

Penulis : Elsha Eriadisvi – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 Vocasia

Public relation masterclass

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *