Tanggal:21 February 2024

15 Pertanyaan Sidang Skripsi dan Cara Menjawabnya

Skripsi merupakan tahapan penting dalam menyelesaikan jenjang sarjana, dimana mahasiswa mempresentasikan hasil penelitiannya di depan dosen pembimbing dan penguji. Tujuan dari pertanyaan dalam sidang adalah untuk menguji pemahaman dan pengetahuan mahasiswa di bidang penelitian mereka sendiri.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Nah, ada beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh penguji kepada mahasiswa. Berikut adalah 15 pertanyaan umum yang mungkin muncul dalam sidang skripsi, dan juga bagaimana caranya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Apa latar belakang penelitian Anda?

Jika, dosen penguji menanyakan hal tersebut jelaskan secara singkat latar belakang penelitian, mengapa topik ini penting untuk penelitian dan pengetahuan apa yang ingin kalian sampaikan melalui penelitian Anda.

Apa rumus masalah penelitian Anda?

Berikan deskripsi yang jelas dan terperinci tentang masalah penelitian yang mencakup pertanyaan penelitian dan tujuan penelitian kalian.

Metode apa yang Anda gunakan dalam penelitian Anda?

Jelaskan metode penelitian yang kalian gunakan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berikan alasan mengapa metode tersebut dipilih dan bagaimana kaitannya dengan tujuan penelitian teman-teman.

Bagaimana Anda mengumpulkan data?

Jelaskan teknik atau instrumen yang kamu gunakan untuk mengumpulkan data. Misalnya, jika kamu melakukan pengumpulan data melalui survei, jelaskan metode survei yang digunakan dan bagaimana caranya kamu menyebarkan kuesioner tersebut.

Bagaimana Anda menganalisis data Anda?

Jelaskan metode analisis data yang digunakan, misal analisis statistik, analisis kualitatif atau metode lainnya. Berikan contoh teknik analisis yang telah kalian gunakan.

Apa hasil dari penelitian Anda?

Presentasikan hasil penelitian kalian dengan jelas dan detail. Lebih baik menggunakan grafik, tabel, atau contoh lain untuk menjelaskan temuan di penelitian kalian.

Bagaimana temuan penelitian Anda berhubungan dengan teori yang ada?

Jelaskan bagaimana penelitian kalian mendukung, menegaskan, atau mungkin bertentangan dengan teori yang ada. Jelaskan mengapa temuan ini penting dan bagaimana kontribusi penelitian kalian terhadap pengetahuan yang sudah ada.

Apa implikasi praktis dari penelitian Anda?

Diskusikan implikasi praktis dari temuan penelitian kalian. Bagaimana penelitianmu dapat diterapkan dalam konteks dunia nyata atau bidang yang relevan

Apa batasan studi Anda?

Mengidentifikasi dan menggambarkan keterbatasan studi kalian, jelaskan masalah apa yang dapat mempengaruhi validitas atau generalisasi penelitian kalian.

Saran apa yang Anda miliki untuk penelitian selanjutnya?

Membuat rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang dapat dilakukan berdasarkan temuan dan keterbatasan penelitian kalian. Sarankan area atau topik penelitian yang mungkin menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Bagaimana penelitian Anda memengaruhi pengetahuan yang ada?

Jelaskan kontribusi penelitian kalian terhadap pengetahuan yang ada. Apakah penelitian ini mengisi kesenjangan pengetahuan, mengklarifikasi asumsi, atau membawa wawasan baru?

Kesulitan apa yang Anda hadapi selama penelitian?

Jujurlah tentang kesulitan atau tantangan yang kalian temui selama penelitian kalian. Diskusikan bagaimana cara memecahkan masalah dan apa yang kalian pelajari dari pengalaman tersebut.

Apa yang membuat penelitian anda unik atau berbeda dari penelitian sebelumnya?

Identifikasi unsur-unsur yang membuat penelitian kalian unik, seperti pendekatan metodologi inovatif, konteks studi tertentu, atau kontribusi teoretis baru.

Bagaimana cara memastikan keakuratan dan reliabilitas data dalam penelitian Anda ?

Jelaskan langkah-langkah yang kalian ambil untuk memastikan keakuratan dan realibilitas data. Misalnya, jika kamu menggunakan wawancara, jelaskan bagaimana Anda memastikan keandalan dan konsistensi jawaban responden.

Apakah penelitian Anda menimbulkan pertanyaan atau masalah yang memerlukan diskusi lebih lanjut?

Identifikasi pertanyaan atau masalah baru yang muncul selama penelitian. Diskusikan pertanyaan yang belum terjawab dan kembangkan gagasan tentang bagaimana pertanyaan ini dapat memengaruhi penelitian di masa depan.

Penting untuk diingat bahwa setiap disertasi mungkin memiliki pertanyaan tersendiri tergantung pada penelitian dan konteksnya. Persiapkan presentasi kalian dengan baik dan pastikan memiliki pemahaman yang baik tentang metodologi, hasil, dan implikasi penelitian.

Berlatih menjawab pertanyaan potensial untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda pada ujian akhir. Semoga artikel ini membantu Sobat sekalian yang sebentar lagi akan menjalani sidang skripsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *