Tanggal:21 February 2024

5 Fitur Tersembunyi Microsoft Excel, Sudah Tahu Belum?

Microsoft Excel adalah aplikasi yang memiliki berbagai fitur menarik dan bermanfaat yang dapat digunakan untuk mempermudah perhitungan dan pengolahan data angka atau numerik, di antaranya ada fitur tersembunyi yang jarang diketahui banyak orang.

Salah satu fitur Microsoft Excel yang cukup terkenal adalah Formulas dan Functions atau yang biasa dikenal sebagai rumus excel.

Formulas dan Functions tersebutlah yang dapat kamu gunakan untuk membantumu dalam pengolahan data dan perhitungan sederhana sampai kalkulasi yang kompleks secara cepat, tepat, dan otomatis.

Namun, ternyata, selain Formulas dan Functions, terdapat juga beberapa fitur lain yang jarang diketahui yang dapat kamu manfaatkan. Apa sajakah fitur tersebut? Berikut deretan fitur Microsoft Excel yang jarang diketahui:

1. Slicers

Image Source: eduCBA

Fitur tersembunyi Microsoft Excel yang pertama adalah Slicers. Fitur ini berfungsi sebagai filter visual. Dengan fitur ini, kamu dapat memvisualisasikan sub kumpulan data sebagai bagan yang terhubung atau sebagai data mentah.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menunjukkan tren penjualan berbagai produk, kamu dapat membuat grafik tren penjualan interaktif menggunakan Slicers.

2. Flash Fill

Image Source: eduCBA

Flash Fill merupakan fitur tersembunyi Microsoft Excel yang secara otomatis mengisi kolom/baris dengan mendeteksi pola yang diikuti di excel.

Fitur ini pertama kali muncul pada Microsoft Excel 2013. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi mengetikkan data secara manual satu per satu pada setiap kolom; kamu dapat menggunakan alternatif yang lebih sederhana dengan menggunakan Flash Fill.

3. Duplicate Delete / Hapus Duplikat

Image Source: eduCBA

Di Microsoft Excel, setelah kamu mengcopy atau menduplikat data, akan muncul garis berwarna pada data yang telah di-copy.

Banyak orang yang merasa terganggu dengan garis yang muncul pada data tersebut. Rupanya, untuk menangani masalah tersebut, Microsoft Excel sudah menyediakan fitur untuk menghapus garis berwarna tersebut.

Fitur tersembunyi ini pertama kali dikenalkan pada Microsoft Excel 2007. Cara untuk menghapus duplikat adalah pilih data yang bergaris warna, lalu di bawah data, pilih tombol Hapus Duplikat.

4.  Quick Analysis

Image Source: eduCBA

Quick Analysis pertama kali diperkenalkan pada Microsoft Excel 2013. Quick Analysis adalah fitur yang dapat membantu kamu untuk mengubah data yang telah dimasukkan ke dalam spreadsheet ke dalam bentuk grafik atau tabel dengan cepat. 

Cara mengakses fitur ini adalah dengan mengklik tombol Quick Analysis di pojok kanan bawah data yang dipilih atau melalui menu pintas keyboard Ctrl + Q. Setelah memilih data yang ingin dianalisis, tombol Quick Analysis akan muncul, dan kamu dapat mengkliknya untuk membuka menu Quick Analysis.

5. Sparklines

Image Source: eduCBA

Terakhir, fitur Microsoft Excel yang jarang diketahui adalah Sparklines. Sparklines dapat digunakan untuk merepresentasikan visualisasi untuk tren di seluruh data secara berturut-turut. Dengan fitur ini, kamu bisa menghemat ruang pada lembar kerja.

Itulah kelima fitur tersembunyi Microsoft Excel yang mungkin belum kamu ketahui. Dengan memahami dan menggunakan fitur-fitur ini, kamu dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi secara cepat dalam penggunaan Microsoft Excel. Ternyata banyak fitur tersembunyi Microsoft Excel yang bermanfaat, bukan? Jangan lupa dicoba, ya! Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Masih penasaran dengan fitur-fitur lainnya di Microsoft Excel dan ingin memperdalam ilmu Microsoft Excel-mu? Yuk, ikuti kursus Mahir Microsoft Excel di Vocasia! Klik gambar di bawah ini untuk dapatkan kursus dengan harga promo hanya Rp26.000,- saja atau kunjungi vocasia.id untuk melihat kursus lainnya.

Penulis : Dwi Puspita Maharani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Mahir Excel

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *