Tanggal:21 July 2024

Perusahaan Multinasional: Pengertian, Kelebihan Hingga Contohnya

Hai sobat Vocasia!

Kali ini mimin Vocasia akan menjelaskan tentang perusahaan multinasional. Artikel ini buat kalian yang sedang mencari tahu arti dari perusahaan nasional, ciri-cirinya, serta contohnya.

Mau tahu lebih lanjut? Ayo ikuti artikel di bawah ini!

Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional (multinational corporation) adalah tipe perusahaan yang beroperasi di beberapa negara atau wilayah di seluruh dunia. MNC dapat memiliki cabang, anak perusahaan, atau kantor perwakilan di berbagai negara, dan mereka biasanya memiliki pusat operasi atau markas di negara asalnya.

Kriteria Perusahaan Multinasional

Sebuah perusahaan bisa disebut sebagai “perusahaan multinasional” jika memenuhi beberapa kriteria di bawah ini:

1) Memiliki pusat operasi di negara asal

Meskipun perusahaan multinasional memiliki operasi bisnis di berbagai negara, mereka memiliki pusat operasi atau markas di negara asal.

2) Operasi bisnis di beberapa negara

Perusahaan multinasional juga melaksanakan kegiatan bisnisnya secara signifikan di beberapa negara atau wilayah di seluruh dunia. Biasanya mereka memiliki kantor cabang, anak perusahaan, atau kantor perwakilan di berbagai negara.

3) Keterlibatan dalam perdagangan internasional

Perusahaan multinasional (MNC) sering terlibat dalam perdagangan internasional dan dapat mempengaruhi kebijakan perdagangan antarnegara.

4) Bisnis global

Perusahaan multinasional biasanya memiliki kegiatan bisnis yang beragam di berbagai negara, seperti produksi, penjualan, distribusi, dan layanan. Mereka dapat mengembangkan bisnis global dengan melakukan akuisisi atau merger dengan perusahaan lokal, atau dengan mengembangkan operasi bisnis dari awal di pasar asing.

5) Kepemilikan asing

Perusahaan multinasional sering kali dimiliki oleh investor asing atau terdaftar di pasar saham internasional, sehingga mereka dapat mengumpulkan modal dan sumber daya yang diperlukan untuk mengembangkan operasi bisnis di berbagai negara.

Kelebihan dan Kekurangan Adanya Perusahaan Multinasional

Setelah mengetahui kriteria perusahaan bisa disebut “multinasional”, perusahaan multinasional juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus sobat ketahui. Di bawah adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dengan adanya keberadaan perusahaan multinasional.

a) Kelebihan

1) Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Perusahaan multinasional dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan membawa investasi dan teknologi baru ke berbagai negara. Mereka dapat mempekerjakan tenaga kerja lokal, membuka lapangan pekerjaan, dan membayar pajak kepada pemerintah setempat. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat serta mendorong pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

2) Meningkatkan inovasi dan pengembangan produk

Perusahaan multinasional dapat meningkatkan inovasi dan pengembangan produk dengan menggabungkan keahlian dan teknologi dari berbagai negara. Mereka dapat menghasilkan produk yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih terjangkau bagi konsumen di seluruh dunia.

3) Meningkatkan pertukaran budaya dan pengetahuan

Perusahaan multinasional dapat meningkatkan pertukaran budaya dan pengetahuan antara berbagai negara. Mereka dapat memperkenalkan budaya dan gaya hidup yang berbeda, serta memfasilitasi pertukaran pendidikan dan teknologi. Hal ini bisa mendorong terjadinya kerja sama bisnis berdasarkan adanya pertukaran budaya.

b) Kekurangan

1) Memperkuat persaingan ekonomi global

Perusahaan multinasional dapat memperkuat persaingan ekonomi global dan mempengaruhi kebijakan perdagangan dan investasi antarnegara. Mereka dapat memanipulasi pasar dan mengambil keuntungan dari ketidaksetaraan ekonomi global. Alhasil dapat meningkatkan ketegangan antara negara dan memperburuk masalah sosial dan politik di berbagai negara.

2) Menimbulkan masalah lingkungan

Perusahaan multinasional sering tidak mempertimbangkan dampak lingkungan dari kegiatan bisnis mereka. Mereka dapat mengeksploitasi sumber daya alam dan merusak lingkungan, seperti menghasilkan limbah beracun, merusak hutan, dan menyebabkan polusi udara dan air. Hal ini dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan manusia dan lingkungan.

3) Meningkatkan ketidaksetaraan

Keberadaan perusahaan multinasional dapat meningkatkan ketidaksetaraan di antara negara atau wilayah. Mereka dapat mengambil keuntungan dari perbedaan upah dan peraturan lingkungan di berbagai negara, dan memanfaatkan sumber daya alam dan tenaga kerja murah di negara-negara berkembang. Hal ini dapat mengakibatkan pengangguran dan kemiskinan di negara-negara yang lebih miskin.

Contoh Perusahaan Multinasional

Berikut adalah tiga contoh perusahaan multinasional yang terkenal dan juga memiliki kantor di negara Indonesia.

1) Coca Cola Company

Logo Coca-cola. Sumber: bevnet.com

Coca-Cola Company adalah perusahaan minuman asal Amerika Serikat yang memiliki operasi bisnis di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

2) Toyota Motor Corporation

Logo Toyota. Sumber: Toyota Motor Indonesia

Toyota Motor Corporation adalah perusahaan otomotif asal Jepang yang beroperasi di lebih dari 170 negara di dunia.

3) Samsung Electronics Co., Ltd.

Logo samsung. Sumber: wikimedia commons.com

Samsung Electronics Co., Ltd. adalah perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang beroperasi di banyak negara, termasuk di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai produk elektronik, seperti smartphone, televisi, dan peralatan rumah tangga, serta berbagai komponen elektronik seperti chip dan layar.

Sekian sobat-sobat mengenai beberapa contoh perusahaan multinasional yang terkenal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.

Kunjungi blog Vocasia untuk melihat artikel menarik lainnya dengan menekan tautan di bawah ini!

Vocasia Blog

 

 

 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *