Tanggal:21 July 2024

Mengenal Pola Pikir Out Of The Box dan Cara Mengasahnya

Out of the box artinya apa ya?Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat berkualitas. Hal ini terbukti dengan banyaknya generasi milenial yang memiliki ide kreativitas. Kreativitas inilah merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan bagi negara untuk menciptakan hal baru supaya kelak bisa berguna dan juga bermakna.

Kreativitas yang diciptakan seseorang akan menghasilkan berbagai inovasi baru dalam suatu kehidupan. Bila mempunyai jiwa kreatif yang tinggi, kalian pasti bisa memenuhi segala kebutuhan dengan mudah. Berpikir out of the box akan memberikan perkembangan diri yang jauh lebih baik.

Jika kalian masih belum memahami istilah dari out of the box secara detail, tenang saja dan tak perlu risau. Pada kesempatan kali ini Vocasia akan membahasnya secara tuntas. Mari simak uraiannya berikut ini hingga akhir!

Apa itu Out of The Box?

Ilustrasi Ide Kreatif (Freepik)

Out of the box artinya seseorang memiliki kemampuan berpikir yang tidak biasa. Mereka selalu memberikan sebuah inovasi. Oleh karena itu, pemikiran tersebut memberikan manfaat dan berguna baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kalau tidak terbiasa berpikir out of the box, itu artinya kalian sedang terjebak dalam kekosongan pikiran. Kalian menjadi jiwa yang stuck dan hanya berlari di tempat yang sama tanpa ada perubahan dan kemajuan.

Jadi, kalian harus berani mengambil segala keputusan dari zona nyaman. Barulah kalian akan menemukan hal-hal baru seperti inovasi, pengalaman, dan keberhasilan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Selain itu, kalian wajib untuk mengimplementasikan segala sesuatu. Bila tadinya hal itu biasa saja, ubahlah menjadi sesuatu yang luar biasa ataupun berbeda dari yang lain. Sehingga, memberikan kesan yang unik dan juga inovatif.

Baca juga: Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

Cara Mengasah Pola Pikir Out Of The Box

Out Of The Box (Freepik)

Untuk mengasah pola pikir supaya lebih bermakna, kita membutuhkan sesuatu yang berbeda sekaligus dapat merespon secara proaktif dan produktif terhadap persoalan yang dihadapi. Cara mengasah pola pikir out of the box di antaranya sebagai berikut:

1. Meninggalkan sikap yang serba ragu

Keraguan yang ada dalam benak pikiran sering kali membuat seseorang tidak dapat berpikir secara out of the box. Keraguan yang muncul membuat diri menjadi cemas, gelisah, dan tak fokus. Jika mempunyai sebuah keinginan untuk bisa berpikir out of the box, kalian harus menghindari sikap keraguan tersebut.

2. Cobalah merancang daftar ide

Kalian bisa menuliskan daftar tantangan sederhana yang telah terpikirkan. Pilih dari kategori yang sangat mudah hingga yang sulit. Hitung berapa yang bisa kalian selesaikan. Cobalah untuk melakukannya dengan konsisten selama 30 hari dengan menambahkan ide yang baru. Misalnya:

  • Bangunlah 30 menit lebih awal dari biasanya
  • Berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda sambil berolahraga untuk memulai aktivitas
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Fokuslah menyelesaikan tugas dalam waktu 2 jam secara rutin
  • Mengembalikan barang sesuai dengan tempatnya setelah dipakai

Tak masalah jika di awal mencoba belum bisa menyelesaikan semuanya. Kalian bisa lakukan secara bertahap. Usahakan semakin hari, semakin banyak yang bisa kalian lakukan.

3. Memperluas relasi

Lingkungan memang menjadi hal yang mendasar membentuk pola pikir ke depannya. Jika lingkungan didominasi dengan hal negatif, bisa jadi kita terbawa arus yang salah. Cobalah bergaul dengan komunitas yang pola pikirnya sudah out of the box. Sehingga, pola pikirmu akan menjadi serupa seiring berjalannya waktu.

4. Tetap fleksibel dan cepat dalam beradaptasi

Jika suatu waktu merasa tidak mengalami kemajuan pada diri, bukan berarti kalian tidak bisa. Cobalah ambil pendekatan atau strategi yang berbeda. Kalian harus tetap belajar dari sebuah kesalahan. Zaman akan selalu berubah dengan cepat. Adaptasi perlu untuk dilakukan.

5. Dapat menerima pendapat dari orang lain

Bila ingin menjadi orang yang mempunyai pola pikir out of the box, latihlah dirimu supaya bisa lebih terbuka menerima masukan dari orang lain. Masukan ini tujuannya pasti positif, yaitu untuk membangun dan membentuk dirimu menjadi lebih baik ke depannya. Jadi, jangan pernah menutup diri kalau orang lain memberi masukan maupun pendapat apa pun.

6. Keluar dari zona nyaman

Setiap orang cenderung terbuai akan zona nyaman yang sudah dimilikinya. Namun, hal ini akan menjadi penghalang untuk melakukan inovasi dan kreativitas. Ketika seseorang menikmati posisi yang dianggap sangat nyaman untuknya, ia tak akan pernah bisa melihat adanya peluang di luar sana. Padahal peluang tersebut berguna untuk menemukan suatu terobosan baru pada hidupnya. Memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman merupakan pilihan yang sangat tepat.

7. Rajin membaca buku

Membaca merupakan salah satu stimulator terbaik untuk mengasah kemampuan berpikir out of the box. Melalui buku kita bisa mendapatkan beragam ide sembari melatih otak agar dapat bekerja maksimal. Setiap buku yang kalian baca akan memberikan ide yang kreatif.

8. Berpikir secara kritis

Untuk berpikir out of the box, mulailah dengan berpikir secara kritis. Kalian jangan terlalu mudah setuju pada hal yang disampaikan oleh orang lain sebelum orang tersebut memberikan penjelasan dengan detail. Kalau ada yang kurang jelas, silakan tanyakan kepadanya. Kalian berhak mengetahui berbagai hal yang belum sepenuhnya kalian ketahui guna menghindari terjadinya kesalahpahaman. Berpikir kritis tidak hanya mengasah otak untuk berpikir lebih jauh, tapi juga membuatmu disenangi oleh sekitarmu.

9. Mengikuti kursus atau kelas

Mengikuti berbagai kursus tidak hanya menambah wawasan saja, tetapi juga mengajarimu dalam memandang hal baru dan memahami segala aspek kehidupan. Kalian bisa ikut kursus online jika tidak ingin keluar rumah. Saat ini ada banyak sekali kursus online dengan beragam materi yang diajarkan. Pilihlah salah satu kelas yang membuatmu tertarik dan sesuai dengan tujuan. Jangan lupa untuk mencatat setiap poin penting yang diajarkan oleh pembicaranya, ya.

Bila ingin meningkatkan skill, kalian bisa mengikuti berbagai kursus dari Vocasia. Yuk, kunjungi langsung di laman resmi kami www.vocasia.id. Di sana ada berbagai macam kursus yang bisa menambah kemampuan dan skill kalian, lho!

Agar dapat berpikir “Out Of The Box”, jangan membuat batasan dalam pikiran kita. Ciptakan ide kreatif sebanyak mungkin. Jangan takut jika dianggap berbeda. Jadikanlah perbedaan ini sebagai suatu hal unik yang berharga.

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *