Tanggal:04 May 2024

Yuk, Simak Prospek Kerja Jurusan Geografi

Perguruan tinggi merupakan wadah terakhir jenjang akademik. Seperti yang kita tahu, di dalamnya terdapat berbagai jurusan dan program studi yang dapat ditekuni oleh para mahasiswa. Jurusan-jurusan tersebut merupakan fokus ilmu yang membantu karier di masa depan.

Salah satu jurusan yang tak banyak diketahui dan hampir sepi peminat adalah Geografi. Banyak orang menyepelekan jurusan ini karena dianggap tidak memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan. Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar.

Dewasa ini, para pekerja dengan latar belakang jurusan tersebut sangat dicari. Bahkan, perusahaan-perusahaan asing juga banyak membutuhkan tenaga dari jurusan Geografi.

Artikel ini akan membahas mengenai prospek kerja jurusan Geografi dalam bidang karier. Simak pembahasan menariknya di bawah ini.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Belajar Geografi Sangat Menguntungkan

Apa itu Jurusan Geografi?

Pengertian Jurusan Geografi (Source: pexels)

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai prospek kerjanya, tentu kamu harus memahami jurusan Geografi.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari dampak tingkah laku manusia dan dampaknya terhadap bumi. Jurusan tersebut mengajak para mahasiswa untuk mengeksplor sifat fisik permukaan bumi dan bagaimana suatu wilayah terbentuk.

Dalam pengajarannya, ia didasarkan atas dua bidang ilmu lainnya, yaitu ilmu fisik dan sosial mengenai geografi fisik dan manusia.

Baca juga: Apa Itu Surveyor? Pengertian, Jenis, Tugas, Kompetensi, Dan Gajinya

Prospek Kerja Jurusan Geografi

prospek kerja geografi

Ilustrasi Prospek Kerja Jurusan Geografi (Source: pixabay)

Seluruh jurusan tentu memiliki prospek kerjanya masing-masing. Prospek kerja berbentuk karier akan didapatkan sesuai dengan ilmu yang ditekuni saat menempuh pendidikan. 

Di sana para pekerja akan mengimplementasikan berbagai ilmu yang berhasil diserap dan bermanfat bagi pekerjaan tersebut. Hal serupa tentu berlaku pada jurusan Geografi.

Berikut adalah beberapa karier yang dapat ditekuni oleh para lulusan Geografi:

1. Tenaga Pendidik

Prospek kerja Geografi yang pertama adalah tenaga pendidik. Tenaga pendidik untuk ilmu ini ada dan dibutuhkan pada setiap jenjang. Oleh karena itu, tersedia banyak lowongan untuk posisi ini di berbagai level pendidikan.

2. Perencana Tata Kota

Lulusan jurusan Geografi juga dapat melamar dan menekuni posisi perencana tata kota. Ilmu mengenai bumi dan sosial yang dipelajari, sangat cocok diimplementasikan dalam posisi ini. Biasanya, ia akan dilibatkan dalam suatu tim yang merencanakan tata wilayah dari berbagai level seperti pedesaan, kabupaten, hingga kota.

3. Kartografer

Selanjutnya, ada posisi kerja menjadi seorang kartografer. Menjadi kartografer dituntut untuk menyajikan informasi mengenai bentuk bumi secara komplek melalui diagram, bagan, dan peta konvensional. Sehingga, ilmu membaca peta yang didapatkan saat di perkuliahan dapat digunakan sebagai bekal awal yang baik.

4. Staf BMKG

Menjadi staf BMKG merupakan hal yang tidak asing dan impian bagi para lulusan Geografi. Pekerjaan ini menjadi impian lantaran BMKG berada di bawah naungan pemerintah yang dipastikan terjamin. 

Staf BMKG sangat cocok bagi lulusan ini karena ilmu dan tugas yang diemban saat bekerja sangatlah relevan. Bahkan orang awam sekalipun, kebanyakan menganggap bahwa para staf BMKG pasti berasal dari jurusan Geografi. 

5. Surveyor

Bagi kamu yang menyukai ilmu Geografi khususnya bidang tambang dan mineral, dapat bekerja sebagai seorang surveyor. 

Surveyor sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di bidang tersebut untuk menentukan potensi suatu wilayah yang dijadikan lokasi pertambangan. 

Tak hanya itu, ia juga dituntut untuk menganalisis risiko dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi saat pertambangan dilakukan pada wilayah tersebut. Sehingga, para surveyor harus benar-benar mengerti sifat dari fisik permukaan bumi.

6. Peneliti

Siapa sangka bahwa lulusan Geografi juga memiliki karier cerah dalam posisi peneliti. Mereka dapat melakukan analisis dan penelitian pada sampel atas isu-isu tertentu. 

Bahkan, sebagai peneliti mereka juga dapat menerbitkan jurnal ilmiah yang akan mendapat penghasilan hingga belasan juta rupiah. Sehingga, kemampuan lain yang harus dikuasai pekerja dalam posisi ini adalah komunikasi dan menulis.

Penutup

Itulah beberapa posisi yang dapat ditekuni oleh para lulusan Geografi. Tentunya seluruh posisi kerja tersebut cukup menjanjikan. Tak hanya itu, ilmu yang diserap saat berkuliah dapat diimplementasikan dengan baik dan sesuai. Jadi, jangan pernah menyepelekan dan ragu dengan jurusan Geografi lagi, ya. Semoga artikel ini cukup membantu!

Baca juga: Pahami Kerja Cerdas agar Pekerjaan Terselesaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *