Tanggal:30 May 2024

Ingin Mahir Menggunakan Photoshop? Ini dia langkah awal yang harus diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan adobe photoshop? Jika mendengarkan kata fotografi, istilah tersebut juga biasanya langsung terlintas dibenak kita. Dan ya, jika ada foto begitu pun ada edit foto. Tak hanya penggemar fotografi, para desainer grafis juga kerap menggunakan salah satu perangkat lunak adobe ini loh.

Adobe photoshop itu sendiri merupakan perangkat lunak khusus untuk mengedit atau mengoreksi hasil foto serta gambar dan membuat atau menambah efek pada foto serta gambar.

Nah, bagi kamu pemula yang ingin belajar menggunakan photoshop. Dilansir dari mahirphotoshop.com, berikut urutan yang tepat dalam belajar adobe photoshop bagi pemula.

Baca Juga | Cara Memahami Adobe Photoshop

Kenali Bagian Ruang Kerja Photoshop

Langkah awal dalam belajar photoshop adalah kenali dan pelajari terlebih dahulu bagian-bagian pada ruang kerja photoshop seperti menu bar, option bar dan bagian-bagian lainnya. Dan berikut adalah penjelasan dari bagian-bagian ruang kerja di photoshop.

  • Halaman Kerja, yaitu tempat untuk melakukan proses editing gambar.
  • Menu Bar, yaitu bagian photoshop yang memiliki banyak menu dan berguna untuk membuat perintah (seperi New, Open, Save, dan lain sebagainya)
  • Tool Bar, atau dikenal juga Tools Box adalah sebuah bar yang berisi berbagai macam tools dalam melakukan editing.
  • Option Bar, yaitu pengaturan lanjutan pada tool yang digunakan.
    Panel atau Palette, sebuah panel yang memiliki kegunaan masing-masing (Navigation, Color, History, Layer, dan lain-lain).

Pelajari Kegunaan Layer

Langkah selanjutnya ialah Layer, Layer sendiri adalah sebuah lapisan-lapisan dalam editing gambar (jadi tiap objek ada layer-layernya, untuk mempermudah editing). Nah, dalam mempelajari layer ini kamu harus mempelajari fungsi-fungsi yang ada di panel layer maupun menu layer seperti membuat layer baru, jenis layer, dan lain sebagainya.

Baca Juga | Cara mengganti Background di Photoshop

Pelajari Fungsi Tool

Lalu, seperti yang kita ketahui bahwa tools adalah bagian penting dalam photoshop. Karena, semua proses editing yang kita lakukan di photoshop pasti menggunakan tool. Dan berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis tool dalam photoshop dan fungsinya.

  • Selection Tools, berfungsi untuk melakukan seleksi pada objek di sebuah gambar (Lasso Tool, Magic Wand Tool, dan lain sebagainya)
  • Crop And Slice Tools, berfungsi untuk memotong objek.
  • Annotation, Measuring dan Navigation Tools, berfungsi untuk memberi catatan, mengukur dan fungsi navigasi (Ruler Tool, Note Tool dan lain sebagainya)
  • Painting Tool, berfungsi untuk memberikan warna pada sebuah objek atau gambar (Paint Bucket, Gradient, Brush Tool dan lain sebagainya)
  • Drawing And Type Tool, berfungsi untuk menggambar dan menambah tulisan pada gambar (Pen Tool, Type Tool, dan lain sebagainya)
  • Retouching Tools, berfungsi untuk memperhalus, mengedit dan retouching pada foto (Smudge Tool, Blur Tool, dan lain sebagainya)

Lakukan Editing Sederhana

Dan langkah yang terakhir, jika sekiranya kamu sudah mempelajari hal-hal diatas dan sudah paham fungsi dari masing-masing tools, menu dan panel. Maka, silakan kamu buat sebuah karya editing sederhana, seperti membuat pas foto, membuat efek teks, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa urutan yang tepat bagi kamu pemula yang ingin belajar adobe photoshop. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan editing dasar yang ada di Vocasia. Ikuti kurusnya sekarang juga, agar kamu dapat mahir menggunakanya.

Baca Juga | 8 Efek Photoshop Yang Sering Digunakan Para Fotografer

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *