Tanggal:21 May 2024

Punya Mobil Pertama? Ini Cara Merawat Mobil Secara Berkala

Membeli mobil pertama mungkin menjadi salah satu momen yang paling bersejarah dalam hidup kamu. Tapi mempunyai mobil pertama juga berarti bertanggung jawab untuk merawat mobil dengan baik agar dapat bertahan lama. Bagaimanapun, mobil merupakan durable goods, alias benda yang memiliki manfaat selama periode waktu yang panjang. Agar ia bisa tetap optimal dalam jangka waktu yang lama, mobil membutuhkan kondisi yang prima. Seperti manusia, mobil juga perlu dirawat agar tetap sehat. Merawat mobil secara teratur dapat mengurangi resiko kerusakan mobil, memperpanjang usia mobil dan menjaga nilai jual mobil di masa depan.

Yuk simak beberapa tips perawatan mendasar yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kondisi mobilmu. 

1. Menyesuaikan bahan bakar yang digunakan

Sebagai pemilik mobil, kamu harus memperhatikan jenis-jenis bahan bakar yang tersedia saat ini, terutama saat harga minyak dunia sedang tinggi. Selain mempertimbangkan keekonomian, membeli bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobilmu juga sangat penting untuk menjaga mesin agar tetap awet. Hindari membeli bahan bakar yang terlalu murah atau tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Sebaiknya, periksa buku manual yang kamu dapatkan saat membeli mobil untuk mengetahui spesifikasi bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin mobilmu, terutama untuk mobil dengan mesin turbo yang memerlukan bahan bakar dengan kadar oktan tertentu.

2. Periksa minyak dan cairan

Periksa minyak mesin, cairan radiator, cairan rem, dan cairan lainnya secara teratur. Pastikan bahwa level minyak dan cairan sesuai dengan level yang direkomendasikan dalam manual penggunaan mobil. Jangan lupa untuk mengganti oli dan filter secara teratur. Produsen mobil akan menganjurkan penggantian oli berdasarkan dua acuan, yaitu jarak tempuh atau waktu pemakaian mesin. Misal, oli disarankan diganti pada saat odometer menunjukkan 10.000km, atau masa setahun pemakaian. Jadi, kamu seharusnya mengganti oli jika salah satu dari rekomendasi itu tercapai.

Oya, untuk mobil-mobil keluaran baru, oli tidak cuma dibutuhkan mesin utama dan rem. Tetapi juga di bagian-bagian tertentu, seperti power steering. Kamu juga harus melakukan penggantian oli untuk bagian-bagian khusus ini secara berkala.

3. Periksa tekanan ban

Sebagai bagian dari mobil yang langsung menyentuh jalanan, ban merupakan komponen yang penting. Ban berperan memastikan mobil bergerak dan bermanuver dengan stabil. Jika kondisi ban tidak oke, gerak mobil bisa tidak terkendali. Kondisi ban yang bisa menyebabkan bahaya seperti tekanan angin yang tidak sesuai. Baik tekanan angin yang berlebihan, ataupun yang kurang.  Tekanan angin yang tidak sesuai akan membuat ban kehilangan daya cengkram. Ban juga bisa robek gara-gara tekanan yang tidak sesuai. 

Sebagian mobil jaman sekarang memiliki indikator tekanan angin yang ada di ban. Jika mobil kamu sudah dilengkapi indikator semacam ini, kamu tinggal memantaunya setiap kali berkendara. Apabila mobil kamu tidak indikator tekanan angin, lakukan pengecekan secara visual. Ban yang tekanan anginnya kurang akan lebih mudah terlihat. Untuk memastikan ban tekanannya tidak berlebih, kamu bisa menggunakan alat pengukur.
Angin dalam ban biasanya berkurang, atau mungkin juga bertambah, dalam kisaran minggu. Jadi, ada baiknya kamu mengecek tekanan angin di ban sekali dalam sepekan, atau paling lama dalam sebulan. Pastikan bahwa tekanan ban sesuai dengan level yang direkomendasikan dalam manual penggunaan mobil. Periksa ban secara teratur dan pastikan tidak ada retakan atau aus yang berlebihan pada permukaan ban.

4. Perawatan baterai

Pastikan terminal baterai bersih dari korosi dan pastikan kabel baterai tidak aus. Periksa tegangan baterai dan pastikan bahwa baterai terisi penuh. Ganti baterai jika sudah terlalu tua atau tidak berfungsi dengan baik.

5. Periksa sistem pendingin

Pastikan sistem pendingin mobil berfungsi dengan baik dan tidak bocor. Periksa juga level cairan pendingin dan pastikan sesuai dengan level yang direkomendasikan dalam manual penggunaan mobil.

6. Cuci mobil secara teratur

Perawatan yang seharusnya paling sering kamu lakukan adalah mencuci badan mobil. Kendati terkesan sepele, mobil perlu dicuci secara rutin untuk merawat kondisi cat. Bagian dalam mobil juga perlu dijaga tetap bersih agar tidak mengundang serangga. Pastikan tidak ada sisa makanan, atau sampah lainnya yang menyelip di sela-sela bagian dalam mobil.

Cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan debu, kotoran dan kotoran lainnya dari permukaan mobil. Pastikan untuk menggunakan sabun mobil yang tepat dan alat-alat yang sesuai agar tidak merusak permukaan mobil. Jika kamu memiliki mobil baru, ikutilah jadwal service secara berkala. Biasanya, pada tahap pemeriksaan tertentu, pihak bengkel akan menawarkan untuk membersihkan mesin.

7. Perawatan eksterior

Pastikan untuk membersihkan kaca mobil, lampu dan cermin secara teratur. Pastikan juga untuk mengganti wiper yang sudah aus dan tidak berfungsi dengan baik.

8. Perawatan interior

Pastikan untuk membersihkan interior mobil secara teratur dan menjaga agar tidak terlalu banyak kotoran atau sampah. Pastikan juga untuk menjaga suhu di dalam mobil agar tetap stabil.

Merawat mobil secara berkala memang memerlukan waktu dan tenaga, namun akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Dengan melakukan perawatan yang baik, mobil kamu akan selalu dalam kondisi baik, terhindar dari kerusakan yang lebih serius dan dapat bertahan lama.

Penulis: Siti Nazira

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *