Tanggal:25 May 2024

8 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbitan Terbaru!

Untuk menunjang kemampuan berbahasa Inggris saat ini banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bahkan tidak perlu banyak menghabiskan uang dengan mengikuti berbagai kursus yang diadakan secara tatap muka apalagi yang jaraknya memakan waktu. Hanya dengan membeli buku yang terpercaya kamu bisa memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang diasah secara otodidak.

Keuntungan menguasai Bahasa Inggris ini bisa kamu butuhkan pada saat mencari pekerjaan, seleksi perguruan tinggi, maupun mendaftar beasiswa. Tes TOEFL yang mungkin sudah sering kamu dengar adalah salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris. 

Sudah banyak jenis rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk mengisi waktu luang ataupun belajar dengan sungguh-sungguh mulai dari buku dasar basic, cerita pendek Bahasa Inggris, novel Bahasa Inggris, hingga buku TOEFL yang pastinya bisa kamu pelajari sendiri kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Jenis-Jenis Cumlaude

Rekomendasi Buku Bahasa Inggris untuk Belajar

Rekomendasi Buku untuk Belajar Bahasa Inggris. Sumber: pexels.com

Sebelum memutuskan untuk membeli buku belajar Bahasa Inggris apa yang sesuai untuk digunakan, ketahui terlebih dahulu cara untuk memilih buku. Ada yang sudah tahu cara memilih buku yang tepat?

Untuk memilih buku ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan di antaranya dengan memilih sesuai pengguna yang akan menggunakan misalnya buku diperuntukkan untuk anak-anak, pelajar, pemula. Selain itu, pilih buku dengan memeriksa terlebih dahulu materi tambahan yang sudah ada di dalam buku. Kamu bisa memeriksa buku yang sudah dilengkapi dengan latihan soal untuk menguji kemampuanmu. Hal terakhir yang diperhatikan adalah jumlah halaman buku dan bonus yang diberikan seperti tips jitu, video tutorial, audio.

Setelah mengetahui cara memilih buku, kini saatnya bagi kamu untuk mulai belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional perlu kamu jadikan sebagai bahasa kedua (second language) yang banyak digunakan untuk berkomunikasi secara resmi di seluruh penjuru dunia. Bagi kamu yang saat ini tengah belajar Bahasa Inggris secara otodidak, simak 8 rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris berdasarkan urutan terbitan paling terbaru!

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

1. Bahasa Inggris untuk Pemula: Let’s Talk and Practice (2021)

Judul buku “Bahasa Inggris untuk Pemula: Let’s Talk and Practice” – @solusibuku.com

Penerbit Immortal Publishing tahun 2021 berhasil menerbitkan buku dengan memuat materi yang sebagian besar membahas kosakata dan contoh percakapan. Buku yang tebalnya mencapai 300 halaman juga memuat latihan soal di dalamnya. Kita paham bahwa dalam belajar Bahasa Inggris, kunci utamanya adalah dengan tidak bosan untuk menghafal kosakata sebanyak mungkin. 

Buku bahasa Inggris ini menyajikan daftar kosakata penting yang disusun secara tematik yaitu seputar keluarga, pakaian, warna, buah-buahan, sayuran, dan transportasi. Selain itu, halaman awal buku mengulas tentang alfabet, angka, serta nama-nama bulan yang tentunya dalam bahasa Inggris

2. Easy English Conversation (2021) 

Judul buku “Easy English Conversation” – @yrama-widya.co.id

Rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris selanjutnya berjudul Easy English Conversation akan membantu kamu ketika berada pada situasi tertentu yang memungkinkan perlu menggunakan kalimat percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris. Buku yang diterbitkan pada 2021 oleh penerbit Yrama Widya juga sudah dilengkapi dengan latihan soal

Buku dengan 328 halaman ini berisikan contoh percakapan untuk berbagai situasi, misalnya percakapan untuk menyapa atau membujuk orang lain. Buku ini bisa kamu gunakan sebagai buku saku ketika kamu sedang bepergian ke luar negeri!

3. Anti Grammar Grammar Book (2020)

Judul buku “Anti Grammar Grammar Book” – @gramedia.com

Dari cover buku sudah tampak Mr. D atau Denisio Perez yang sudah dikenal banyak orang sering membuat konten edukasi Bahasa Inggris di Instagram. Yaps, buku Anti Grammar Grammar Book ini juga ditulis langsung oleh Denisio Perez yang terbit pada 3 Agustus 2020 oleh Asoka Aksara. 

Buku yang berjumlah 180 halaman ini akan membuat kamu berani dalam menggunakan Grammar. Keberanian menggunakan Grammar ini akan berguna untuk memulai sebuah percakapan dengan orang baru dan kamu tidak lagi menunggu seseorang untuk memulai percakapan, deh!

4. Kuasai Percakapan Bahasa Inggris Lewat Skenario Film (2020)

Judul buku “Kuasai Percakapan Bahasa Inggris Lewat Skenario Film” – @solusibuku

Buku belajar Bahasa Inggris yang satu ini bisa direkomendasikan buat kamu yang hobi nonton, lho! Produk ini melatih skill bahasa Inggris kamu melalui pembahasan tentang skenario sebuah film. Buku yang diterbitkan oleh Checklist Media tahun 2020 mengulas film berjudul Brotherhood garapan sutradara Richard Bell yang tayang pada tahun 2019. 

Latihan percakapan dalam skenario membuat belajar Bahasa Inggris terasa lebih asyik dan menyenangkan. Buku dengan 220 jumlah halaman ini terdiri atas berbagai materi seputar Vocabulary, pronunciation, conversation, dan idiom. Hati-hati produk ini biasa membuat kamu semakin ketagihan dan tidak bosan membaca! 

Baca juga: Skill yang Harus Dimiliki Risk Manager Andal

5. All in One TOEFL Grammar (2019)

Judul buku “All in One TOEFL Grammar” – @gramedia.com

Rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris selanjutnya berjudul All in One TOEFL Grammar terbitan Grasindo tahun 2019 ditulis oleh Yusuf Priyasudiarja dan dirancang secara khusus untuk membantu kamu menguasai TOEFL Grammar dalam waktu singkat. Buku dengan 388 jumlah halaman ini cocok untuk kamu yang membutuhkan berbagai penjelasan secara teori tentang tata bahasa dalam tes TOEFL.

Materi dalam buku ini cukup detail dan lengkap, dengan tambahan latihan soal untuk mengasah kemampuanmu dalam mengerjakan soal TOEFL. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai strategi jitu agar pembaca bisa mengerjakan soal dengan tepat dalam waktu singkat.

Tenang! Ada bonus lainnya berupa full practice test, kunci jawaban, beserta penjelasan yang juga kamu dapatkan. Penyajian materi dalam buku ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum yang khususnya sedang belajar mengenai structure and written expression dalam TOEFL.

6. Jago 16 Tenses & Daily Vocabulary Gampaaang (2019)

Judul buku “Jago 16 Tenses & Daily Vocabulary Gampaaang” – @shopee

Serupa dengan yang sebelumnya, buku yang diterbitkan oleh Semesta Hikmah pada tahun 2019 juga banyak membahas materi seputar Grammar dan kosakata Bahasa Inggris. Selain pendalaman materi, kata kerja, dan ringkasan 16 tenses, kamu juga bisa mendapatkan latihan soal yang telah tertera di dalamnya.

Buku dengan jumlah 260 halaman ini menjadi salah satu rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris yang cocok bagi kamu, khususnya untuk fokus belajar tentang tenses, Produk ini dapat memandu kalian untuk menguasai 16 tenses dengan ukuran yang relatif lebih kecil dibanding produk lain sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Baca juga: Manfaat Kuliah S2

7. Secret Keys for TOEFL (2019)

Judul buku “Secret Keys for TOEFL” – @gramedia.com

Buku Secret Keys for TOEFL yang berjumlah 114 halaman ditulis Muhammad Hakim dan diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer pada tahun 2019. Buku ini akan menyuguhkan pembacanya untuk menemukan banyak hal dan membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, terutama dalam TOEFL. 

Selain itu, buku ini juga banyak menjelaskan mengenai tata bahasa dalam Bahasa Inggris dan cocok bagi kamu yang ingin mengetahui model tes TOEFL, lengkap dengan kunci jawabannya. Buku ini menjelaskan apa saja dibutuhkan untuk berhasil dalam ujian TOEFL!

8. Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa (2018)

Judul buku “Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa” – @berdikaribook.red

Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa menjadi rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris terakhir yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Bahasa pada tahun 2018 yang ditulis oleh Muryani J. Semita. Buku ini membantu kamu belajar mengenal grammar melalui cara yang paling mudah untuk dipahami.

Buku dengan tebal 196 halaman ini dari warna covernya sudah menarik minat pembelinya, bukan? Apalagi dengan berbagai materi seputar Grammar yang akan kamu dapatkan akan memudahkan kamu dalam menguasai Bahasa Inggris khususnya dalam writing dan reading.

Baca juga: Newsletter untuk Email Marketing

Demikian beberapa rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris untuk mendukung kamu dalam menguasai Bahasa Inggris. Kamu yang belajar Bahasa Inggris secara otodidak akan sangat terbantu dengan membeli setidaknya satu atau beberapa rekomendasi buku belajar Bahasa Inggris di atas. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu dapat klik tautan berikut untuk memperoleh informasi penting dan tentunya bermanfaat. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dan tentunya kamu berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor berpengalaman!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Franchise Ayam Shihlin

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *