Tanggal:14 May 2024
Email-gallery.com

6 Tips Mudah Membuat Newsletter Marketing dan Contohnya

Dengan munculnya pemasaran media sosial, banyak orang akan berpikir bahwa pemasaran email akan menjadi usang. Namun, bertentangan dengan apa yang mungkin mereka pikirkan, pemasaran email masih hidup dan kuat. Pemasaran email adalah cara yang fantastis untuk membagikan pesan merek Anda, mempromosikan konten yang ada, membangun dan mempertahankan kesadaran merek, dan banyak keuntungan lainnya, yang menjamin Anda akan menjangkau setidaknya segmen target pasar Anda. Berikut tips yang akan kami bagi untuk membuat newsletter.

Baca Juga | Apa Itu Email Marketing Dan Seperti Apa Contohnya, Yuk Simak!

Tips membuat newsletter marketing

  1. Menentukan tujuan Anda sehingga Anda tahu kemana Anda akan pergi

Sebelum Anda mengerjakan aspek apa pun dari newsletter Anda, Anda perlu tahu tujuan apa yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin tetap top-of-mind? mempromosikan produk baru Anda?mengundang audiens Anda untuk berpartisipasi dalam acara Anda? Konten, bahasa, dan bahkan desain Anda tidak akan sama jika Anda ingin memberi tahu pembaca Anda daripada meningkatkan penjualan Anda, jadi Anda harus memiliki tujuan yang jelas sebelum mengerjakannya.

  1. Kunci dari keberhasilan adalah branding

Merek Anda harus hadir dan konsisten dengan setiap newsletter yang Anda kirim. Logo Anda, warna tanda tangan, gambar profil media sosial, dan segala sesuatu yang membuat merek Anda dikenali harus memiliki pengetahuan yang luas dalam desain newsletter. Dengan cara ini, audiens Anda dapat dengan cepat mengetahui siapa yang mengirimnya dan apa yang diharapkan darinya.

Baca juga | Marketing Funnel: Pengertian,Tahapan, Strategi Dan Contohnya

  1. Kreatifitas

Desain sangat penting saat memproduksi buletin. Itu harus menarik, menarik tetapi juga praktis. Anda perlu merancang pemikiran dalam kepraktisan dan bukan hanya estetika; newsletter Anda harus mudah dibaca, tidak hanya cantik.

  1. Gunakan struktur yang fungsional dan konsisten

Struktur email Anda harus mendukung konten Anda dan memudahkan audiens untuk menjelajah. Menggunakan bagian untuk menyebarkan wawasan, inisiatif, acara, dan ide akan memberi pembaca Anda pengalaman yang lebih menyenangkan. Membangun struktur dapat memudahkan Anda untuk menghasilkan buletin masa depan: itu menjadi templat untuk konten Anda.

  1. Kirimkan konten terbaik untuk audiens Anda

Anda mungkin memiliki tujuan yang jelas dan pesan spesifik yang ingin Anda kirimkan kepada audiens Anda. Namun, konten yang Anda sertakan dalam buletin Anda harus bermanfaat bagi audiens Anda juga, atau mereka akan kehilangan minat.

  1. Selalu uji cara kerja newsletter Anda

Anda perlu memastikan newsletter Anda berfungsi dengan benar dan membantu Anda mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menguji dan mencoba, sehingga Anda dapat menyesuaikan apa yang perlu disesuaikan dan apa yang perlu diubah.

Contoh newsletter untuk marketing

Berikut adalah contoh yang sangat baik dari newsletter email yang sangat dipersonalisasi berdasarkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan layanan mereka.

Grammarly.

Email-gallery.com

Email-gallery.com

Ted

Perusahaan ini mengirimkan rekomendasi mingguan berdasarkan topik yang Anda sukai, dan konten yang sebelumnya Anda tonton atau bagikan.

Email-gallery.com

Email-gallery.com

Apa tujuan dari newsletter email?

Merek mengirim newsletter email untuk memberi tahu pelanggan mereka tentang berita dan pembaruan terkini. Email ini tidak ada hubungannya dengan penjualan ini tentang membangun loyalitas pelanggan dengan bantuan konten yang bermanfaat. Di bawah ini kami mempertimbangkan beberapa tujuan yang dapat Anda capai dengan mengirimkan newsletter.

  • Meningkatkan traffic

Newsletter email biasanya berisi kiat-kiat bermanfaat, panduan cara kerja, daftar periksa singkat dengan tautan ke artikel dan pos asli tempat pengguna dapat mempelajari subjek secara mendetail. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah meningkatkan lalu lintas ke situs web atau blog Anda.

Jika Anda membagikan konten yang berharga dan unik, pelanggan Anda akan menunggu newsletter email Anda berikutnya. Mereka akan mengaitkan logo merek dan nama pengirim Anda dengan pengalaman positif yang mereka dapatkan dari email Anda. Ini adalah salah satu langkah untuk membangun brand authority.

  • Meningkatkan penjualan

Terlepas dari sifat non-komersial buletin email, mereka dapat membantu Anda meningkatkan penjualan secara tidak langsung. Misalnya, Anda dapat membagikan panduan terperinci tentang cara menggunakan layanan Anda secara lebih efektif atau menawarkan kepada penerima studi kasus salah satu klien Anda yang sukses. Jika materi ini terlihat masuk akal bagi audiens Anda, mereka yang belum memutuskan untuk membeli akan memiliki lebih banyak alasan untuk melakukan ini.

  • Promosi profile media sosial

Jika Anda baru saja membuat profil merek Anda di Facebook atau Instagram, Anda dapat dengan mudah mempromosikannya dengan menambahkan tautan ke newletter email Anda. Sebutkan mengapa akun Anda layak untuk diikuti dan beri tahu penerima informasi apa yang Anda bagikan di media sosial. Perhatikan bahwa Anda harus membuat konten yang berbeda untuk setiap saluran, jika tidak, tidak ada gunanya bagi pelanggan untuk bergabung dengan komunitas Anda.

Nah, sekarang buruan buat newletter untuk merek Anda!

Newsletter adalah strategi pemasaran yang membutuhkan investasi waktu dalam membuat konten baru yang menarik secara berkala. Namun, ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menjadi top-of-mind untuk target pasar Anda dan selalu dekat dengan mereka.

Ikuti tip dan trik ini, dan Anda akan segera memproduksi newsletter yang dibutuhkan merek Anda dan pelanggan Anda!

Baca juga | Perbedaan Digital Marketing Dan Internet Marketing

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *